Podcast Hydrant

Lifestyle Media

Media Gaya Hidup Orang Indonesia | Panduan Untuk Millenials

5 Clothing Brand Lokal yang Cocok untuk Milenial dan Gen Z

Rating Dong

Saat ini Indonesia sedang menuju bonus demografi karena penduduk usia produktif lebih banyak ketimbang usia yang tidak produktif. Untuk para Milenial dan Generation Z(Gen Z) sekarang ini sudah mengerti mengenai fashion clothing brand dan pakaian apa saja yang akan mereka gunakan sehari-hari.

5 Merek Clothing Lokal yang Cocok untuk Milenial dan Gen Z
5 Merek Clothing Lokal yang Cocok untuk Milenial dan Gen Z

Banyaknya influencer dan youtuber yang semakin bertambah, membuat referensi para milenial dan gen z ikut bertambah mengikuti tren fashion yang dipakai oleh para influencer dan youtuber tersebut.

Bisnis clothing sendiri sebenarnya sudah banyak bermunculan di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, brand clothing buatan lokal juga mulai muncul ke permukaan seiring dengan berkembangnya teknologi.

Kaitan dengan teknologi, para brand clothing lokal memanfaatkan promosi mereka dengan menggunakan teknologi dan banyak platform seperti website, aplikasi ataupun dengan menggunakan sosial media mereka.

Berikut ini beberapa merk clothing lokal yang cocok dengan milenial dan gen z, siapa tahu dari kalian ada yang tertarik untuk mencoba dan membelinya:

1. DITZ

Brand Clothing asal Pulau Kalimantan
Brand Clothing asal Pulau Kalimantan

Ditz adalah salah satu brand lokal di Indonesia yang berasal dari Kalimantan, lebih tepatnya Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Produk yang dijual bisa digunakan untuk pria dan juga wanita dengan harga yang terjangkau namun menggunakan kualitas yang tidak murahan serta terjamin kenyamanan-nya.

Ditz sendiri beralamat di JL. M.Yamin No. 82 Samarinda. Untuk kalian yang berada di daerah Kota Samarinda mungkin bisa mampir kesana untuk membuktikan sendiri kualitas yang diberikan oleh brand clothing Ditz.

Brand clothing Ditz ini sudah berdiri sembilan tahun lalu, tepatnya pada tahun 2011 dimana pada awalnya, Adit sebagai pendiri sangat menyukai brand buatan lokal karena Ia percaya bahwa Indonesia punya kualitas yang setara dengan dunia untuk pembuatan bahan clothing.

Untuk Kamu yang ingin berbelanja langsung di brand clothing Ditz namun posisinya berada jauh dari store, Kamu bisa mengunjungi websitenya di DITZBRAND.CO.ID dan langsung berbelanja disana.

2. KZL

Brand KZL asal Kota Kembang Bandung
Brand KZL asal Kota Kembang Bandung

KZL adalah salah satu distro lokal yang sudah lama berdiri di Indonesia. KZL sendiri adalah distro yang berasal dari Kota Kembang Bandung. Selain dijual secara online, KZL juga menjual clothing di toko offline yang terletak di Kota Bandung dengan alamat Jl. Maulana yusuf no.2, Bandung.

KZL menjual berbagai macam produk dan bisa disesuikan dengan request pembeli, contohnya font yang akan dibuat dan juga model desain yang akan dicetak di baju ataupun produk lainnya seperti topi, selana, hoodie serta zipper.

3. Kick Denim

Kick Denim yang berfokus untuk bahan denim
Kick Denim yang berfokus untuk bahan denim

Kick Denim merupakan salah satu distro lokal yang memang fokus untuk membuat clothing dengan bahan denim. Kick Denim sendiri sudah berdiri sejak tahun 2010 dan mereka memiliki slogan “Pimp Your Pants”.

Kick Denim sendiri hampir sama dengan KZL, mereka berasal dari Kota Bandung. Kick Denim saat ini menjadi brand eksklusif, inspiratif, dan kreatif yang sudah mulai meluaskan jaringan ekspansinya ke luar Kota Bandung.

Kreator dari Kick Denim ini ada empat orang, diantaranya Hartiman sebagai Owner dan sekaligus Founder, lalu ada Nedi Sopian sebagai Design Advisor dan Production, lalu ada Ivan Marzuki sebagai Design Advisor dan juga John Ilham Felani Eduardo sebagai penanggung jawab development dan pembuatan website dari Kick Denim.

4. Badger

Badger Invaders asal Kota Bandung
Badger Invaders asal Kota Bandung

Kaos distro Badger atau sering disebut dengan Badger Invaders adalah salah satu distro yang terletak di Kota Bandung dengan alamat di Jl. Trunojoyo No.8, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115.

Badger sendiri sudah memiliki website yaitu badgerinvaders.com dan telah mendistribusikan berbagai produknya ke beberapa e-commerce dan toko online seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya.

Produk yang dijual beragam seperti baju, celana, topi, jaket hoodie serta zipper dan lain sebagainya. Design bisa request sesuai dengan kemauan dan juga bahan yang dipilih bisa berbagai macam.

5. Cosmic

Cosmic, clothing yang sudah ekspansi ke luar Pulau Jawa
Cosmic, clothing yang sudah ekspansi ke luar Pulau Jawa

Cosmic adalah salah satu distro yang sudah menjadi perusahaan resmi yang menjual beragam banyak produk dan design untuk baju, topi, tas, celana, hoodie, dan lain sebagainya.

Saat ini Cosmic sudah mendistribusikan penjualannya ke berbagai kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Pulau Bali, Makassar, Palu, Balikpapan, Padang, dan juga Palembang.

Cosmic juga sudah memiliki website sendiri dan pembeli yang tertarik bisa langsung berbelanjag di website tersebut di cosmicclothes.net selain itu Cosmic juga tersedia di beberapa e-commerce seperti tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

Nah, mungkin referensi merek clothing lokal di atas bisa Kamu pakai untuk berbelanja sesuai dengan selera Kamu ya, jangan lupa ingat nyari uang itu susah, jadi belanja dan aturlah keuangan dengan bijak dan jenius.