IBX5AB2239155449 Gadget Tidak Berbahaya untuk Anak - Lifestyle Media
Podcast Hydrant

Lifestyle Media

Media Gaya Hidup Orang Indonesia | Panduan Untuk Millenials

Gadget Tidak Berbahaya untuk Anak

Rating Dong

Banyak orang tua berpendapat bahwa memberikan gadget kepada anak bukanlah pilihan yang tepat. Banyaknya pemberitaan tentang berbahaya atau tidak penggunaan gadget pada anak membuat orang tua berpikiran sebaiknya penggunaan gadget untuk anak dihindari, dengan cara tidak membiarkan mereka terpapar teknologi tersebut secara berlebihan.

Gadget Tidak Berbahaya untuk Anak
Christian Sugiono, Gadget Tidak Berbahaya untuk Anak

Gadget dinilai banyak memberikan dampak negatif untuk anak, apalagi ketika anak diberi hak kepemilikan saat usia mereka masih di bawah 12 tahun, karena bisa menghambat tumbuh kembang otak, mental, bahkan fisiknya. Tetapi penggunaan gadget tidak berbahaya dan dapat menemani anak tumbuh kembang dengan ceria apabila orang tua dapat memilih gadget yang tepat untuk anak.

Gadget selalu dirancang untuk memfasilitasi kehidupan manusia. Diakui, peran gadget sangat membantu untuk kehidupan sehari-hari kita. Aliran informasi yang deras membuat banyak orang, termasuk keluarga, selalu mengikuti tren teknologi dengan membeli gadget terbaru. Tidak terkecuali anak-anak di era globalisasi ini, anak-anak sangat ‘melek’ terhadap teknologi. Orang tua bijak pasti memperbolehkan anak beraktivitas dengan teknologi agar tidak ‘gaptek’. Akhir-akhir ini ramai diperbincangkan imoo Watch Phone, sebuah gadget yang diciptakan khusus untuk anak berupa wearable device yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan keamanan anak.

Gadget yang diciptakan khusus anak mengedepankan fitur komunikasi, seperti halnya fitur video call yang dimiliki imoo Watch Phone Z5 dengan Wide Angle 5 MP Camera sehingga anak bisa berkomunikasi dengan orang tua melalui video call yang kualitas gambarnya jernih. Anak-anak dapat melakukan panggilan video dengan keluarga melalui kamera yang ada di Watch Phone kapan saja dan dimana saja. Bahkan ketika Anda sibuk bekerja di kantor atau pun di lapangan, Anda dapat berkomunikasi dan bertatapan langsung dengan anak Anda setiap hari!

Inti fungsi dari watch phone ini tidak hanya menyelesaikan kebutuhan komunikasi anak, tetapi juga menyelesaikan kebutuhan orang tua untuk melindungi keamanan anak-anak mereka. Fungsi dari pemosisian pada imoo Watch Phone Z5 telah mencapai 6 kali lipat keamanannya. Jika orang tua ingin mengetahui keberadaan anak, hanya perlu membuka aplikasi pada smartphone yang terhubung dengan watch phone untuk melihat posisi akurat anak dan memberikan keamanan yang lebih baik lagi. Tidak hanya posisi, orang tua juga bisa mengetahui apakah anak dalam posisi diam atau berjalan bahkan berlari dengan sensor percepatan yang ada pada watch phone.

Untuk orangtua yang khawatir jika anak mereka kecanduan dengan gadget, imoo Watch Phone Z5 mempunyai fungsi class mode, sehingga selama orang tua mengaktifkan fungsi ini pada aplikasi di smartphone orang tua, maka jam tangan anak hanya dapat digunakan untuk melihat waktu dan melakukan panggilan kepada orang tua selama kelas berlangsung, sehingga anak bias fokus di sekolah. Selain itu, tidak ada fitur game pada imoo Watch Phone. Fitur lainnya adalah penghitung langkah dan skor pencapaian langkah terbanyak yang mendukung anak aktif dan menumbuhkan jiwa kompetitif pada anak.

Anak juga bisa berkomunikasi dengan teman sesama pemilik imoo Watch Phone dengan fitur add friends. Berbeda dengan smartphone, gadget yang diciptakan khusus untuk anak ini dikemas dalam bentuk wearable device agar anak tetap bisa aktif bergerak bebas yang didukung dengan teknologi swimming waterproof sehingga tidak perlu khawatir jika terkena air.

Teknologi saat ini merupakan hal penting dalam memudahkan aktivitas sehari-hari, tidak bisa dipungkiri penggunaan teknologi juga diperlukan oleh anak-anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya bisa bersikap bijak dengan tidak menjauhkan anak dari teknologi karena dengan memberikan gadget terbaik yang tepat untuk anak, gadget sama sekali tidak berbahaya untuk anak.

Shinta Zevanya

Freelance Writter at SZO Corporate
Kemang, Jakarta Selatan, alumni FISIP Universitas Tarumanegara
Shinta Zevanya