IBX5AB2239155449 Program Sentuhan Cinta dari Johnson and Johnson Indonesia
Podcast Hydrant

Lifestyle Media

Media Gaya Hidup Orang Indonesia | Panduan Untuk Millenials

Johnson and Johnson Tingkatkan Kualitas Kesehatan Melalui Program Sentuhan Cinta

Rating Dong

JOHNSON’S Ajak Orangtua Tingkatkan Kualitas Kesehatan & Kesejahteraan Bayi Indonesia Melalui Program ‘Sentuhan Cinta’.

Johnson and Johnson Tingkatkan Kualitas Kesehatan Melalui Program Sentuhan Cinta

PT Johnson & Johnson Indonesia melalui merek unggulannya, JOHNSON’S® yang juga dikenal sebagai pemimpin global untuk merek produk bayi yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, hari ini meluncurkan program ‘Sentuhan Cinta’.

• Meskipun angka kematian bayi di Indonesia menurun sejak tahun 2012, namun kerja sama dan dukungan semua pihak masih diperlukan untuk mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.
• Periode emas atau ‘1000 hari pertama kehidupan’ adalah periode yang istimewa dimana fondasi dari kesehatan, pertumbuhan dan pengembangan saraf yang optimal terbentuk.
• JOHNSON’S® akan mengedukasi para ibu di 15 kota di Indonesia tentang pentingnya ‘sentuhan cinta’ orangtua khususnya pada periode emas bayi melalui ritual pijat serta membangun Posyandu di Jawa Timur.

Program ini bertujuan untuk mengundang orangtua Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta orangtua khususnya selama periode emas bayi melalui ritual pijat dan mandi untuk pertumbuhan optimal mereka.

Melalui program ini, JOHNSON’S® akan mengadakan edukasi pelatihan pijat bayi di 15 kota di Indonesia dan bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia, Alfamart dan Shopee untuk membangun Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengungkapkan, bahwa berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI), angka kematian bayi di Indonesia menurun dari 32 per 1.000 kelahiran hidup pada 2012 menjadi 15 per 1.000 kelahiran hidup pada 2017. Meskipun angka kematian bayi menurun, untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) dan target pemerintah untuk menurunkan angka kematian bayi di Indonesia menjadi 12 per 1.000 kelahiran, masih diperlukan dukungan dari semua pihak untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, sehingga mereka dapat tumbuh secara optimal.

Wynne Lukman, Brand Manager JOHNSON’S® menyatakan bahwa “Di JOHNSON’S®, kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk bayi. Dengan demikian, sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengurangi angka kematian bayi, JOHNSON’S® meluncurkan kampanye ‘Sentuhan Cinta’ untuk mengundang dan mengedukasi orangtua dalam memaksimalkan periode emas bayi mereka agar mencapai pertumbuhan yang optimal.

Pijat adalah cara yang luar biasa untuk membantu memperkuat ikatan Anda dengan bayi. Hal tersebut juga merupakan kunci untuk perkembangan anak kedepannya. Dengan demikian, bersama dengan 22 Tim Edukasi Profesional dari JOHNSON’S®, kami akan mengedukasi para ibu di 15 kota di Indonesia tentang pentingnya ‘sentuhan cinta’ orangtua di periode emas bayi melalui ritual pijat. Kegiatan edukasi ini telah dimulai di kota Surabaya pada tanggal 6 April 2019 lalu. Program ini adalah komitmen jangka panjang kami agar setiap bayi memiliki kehidupan yang sehat dan bahagia.”

Periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode yang istimewa dimana fondasi dari kesehatan, pertumbuhan, dan pengembangan saraf yang optimal selama hidup terbentuk. Dalam kesempatan yang sama, dr. Utami Roesli, SpA, CIMI, IBCLC, FABM, Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit St. Carolus menyatakan “Orang tua memiliki peran penting selama periode emas bayi, sebab periode ini merupakan periode paling penting untuk pertumbuhan bayi.

Pada 1000 hari kehidupan, otak bayi berkembang paling cepat, ususnya berkembang, menguat, dan fungsi kognitif mereka terbentuk. Oleh karena itu, orang tua perlu lebih memusatkan perhatian dalam mengoptimalkan periode ini agar bayi mereka dapat hidup sehat, kuat, dan berbudi luhur.

Mengoptimalkan 1000 HPK dengan antara lain memenuhi kebutuhan ASUH, ASAH, ASIH. Menyusui dengan benar “Golden Standard an Infant Feeding” memenuhi semua kebutuhan ini.

“Kontak kulit (Skin to Skin Contact) saat menyusui merupakan ikatan emosional pertama bayi dengan ibu mereka dan hal tersebut mampu membantu untuk merangsang indera mereka serta merupakan kunci bagi kesehatan dan perkembangan si kecil.

Salah satu kontak fisik yang dapat dengan mudah dilakukan oleh orang tua terutama ayah – ayah ASI adalah melalui ritual pijat bayi yang akan membantu bonding, memperkuat imunitas, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kesehatan psikologisnya, seperti melancarkan sistem pencernaan dan penyerapan makanan bagi bayi, memperkuat imunitas serta menambah kepadatan tulang. Selain itu, pijat bayi juga dapat mengurangi kerewelan bayi dan memberikan manfaat lebih untuk kesehatan bayi. Yang lebih penting lagi, pijat bayi meningkatkan keuntungan menyusui,” tambah dr. Utami.

Selain itu, kesehatan bayi juga sangat tergantung pada pengetahuan tentang perawatan bayi dan ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai.

Nutrisi yang baik, kebersihan, imunisasi dan kualitas layanan kesehatan, termasuk kasih sayang serta stimulasi yang memadai akan meningkatkan kelangsungan hidup bayi dan mengoptimalkan kualitas hidup mereka. Dengan demikian, pemantauan kesehatan merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh orangtua, terutama di periode emas bayi.

“Sebagai bagian dari upaya ini, JOHNSON’S® akan berkolaborasi dengan Habitat for Humanity Indonesia, sebuah yayasan sosial yang bergerak di bidang perumahan pada khususnya dan telah melayani sekitar 67.000 keluarga sejak tahun 1997 di Indonesia.

Kami memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan kualitas kehidupan bayi Indonesia yang lebih baik sehingga mereka dapat hidup, berkembang dan tumbuh secara optimal. Melalui program ‘Sentuhan Cinta’, JOHNSON’S® akan mendukung Habitat for Humanity Indonesia dalam membangun Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur sehingga orangtua dapat memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan dan memantau kesehatan bayi mereka dengan mudah,” tambah Wynne.

Semua Ibu Indonesia dapat menjadi bagian dari perjalanan ini dan turut berpartisipasi dalam Program JOHNSON® ‘Sentuhan Cinta’ dengan membeli:

  • Produk-produk JOHNSON’S® di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp.25.000,-
  • Atau JOHNSON’S® Oil 125ml, Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko – toko lainnya yang berpartisipasi dalam program ‘Sentuhan Cinta’.

Dari transaksi tersebut di atas, para ibu di Indonesia secara otomatis dapat turut menyumbangkan Rp 500,- (lima ratus rupiah) guna membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

“Sebagai merek yang telah menjadi mitra tepercaya bagi orang tua di seluruh dunia selama lebih dari 125 tahun, JOHNSON’S® akan selalu berkomitmen untuk mendukung kehidupan bayi sehingga mereka dapat tumbuh secara optimal. Program JOHNSON’S® ‘Sentuhan Cinta’ akan berlangsung selama 2 bulan, mulai 1 April – 30 Mei 2019. Kami berharap para ibu di Indonesia dapat berpartisipasi dan menunjukkan dukungan mereka untuk program ini, sebab ini adalah salah satu cara termudah untuk mendukung bayi di Indonesia agar dapat berkembang dan tumbuh secara optimal,”tutup Wynne.

Tentang Johnson & Johnson

Di Johnson & Johnson, kami percaya kesehatan yang baik adalah dasar kehidupan yang aktif, komunitas yang berkembang dan maju. Itu sebabnya selama lebih dari 130 tahun, kami bertujuan untuk menjaga orang – orang tetap sehat di setiap usia dan setiap tahap kehidupan. Saat ini, sebagai salah satu perusahaan perawatan kesehatan terbesar dan berbasis luas di dunia, kami berkomitmen untuk menggunakan jangkauan dan kemampuan kami untuk kebaikan.

Kami berusaha untuk meningkatkan akses dan keterjangkauan, menciptakan komunitas yang lebih sehat, pikiran yang sehat, tubuh dan lingkungan yang sehat untuk siapapun dan dimanapun. Kami memadukan hati, ilmu pengetahuan dan ketulusan untuk mengubah arah lintasan kesehatan bagi kemanusiaan.

Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi https://www.jnj.com/

Tentang Johnson & Johnson Indonesia

Johnson & Johnson Indonesia berdiri sejak 1973 dan bergerak di empat sektor bisnis yang berbeda, meliputi sektor: Consumer, Medical Devices, Pharmaceutical dan Vision Care. Merek-merek ternama dari sektor Consumer antara lain adalah Johnson’s®, Clean & Clear®, LISTERINE®, AVEENO, Carefree serta Mylanta, Benadryl, Visine, dan Combantrin.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:
Devy Yheanne
Country Leader of Communications & Public Affairs
PT Johnson & Johnson Indonesia
Phone : +62 21 2935 3935
E-mail : dyheanne@its.jnj.com

Ranika Bagun

Reporter at InaKoran.com
Ranika Bagun adalah senior reporter di InaKoran.com dan saat ini masih menjadi aktifis di salah satu organisasi jurnalis di Indonesia.Rani juga merupakan lulusan Deakin University, Australia.
Ranika Bagun