Podcast Hydrant

Lifestyle Media

Media Gaya Hidup Orang Indonesia | Panduan Untuk Millenials

Pengalaman Berkendara Mobil Klasik Ferrari di Fiorano

Rating Dong

Ferrari Classiche Academy sedang berlangsung. Sesi rangkaian mengemudi ini berfokus pada berbagai mobil klasik yang membantu menciptakan kisah perjalanan kuda jingkrak dan mencetak sejarah pada masanya.

Mobil Klasik Ferrari Classiche Academy terbagi menjadi beberapa modul berkendara di lintasan
Ferrari Classiche Academy terbagi menjadi beberapa modul berkendara di lintasan

Setiap sesi berlangsung selama dua hari di Sirkuit Fiorano di mana para peserta berkesempatan menelusuri sejarah perusahaan yang berbasis di Maranello. Para pengemudi akan mengenal dunia Ferrari Classiche dan mempelajari teknik-teknik yang digunakan untuk menggerakkan mobil yang diproduksi sebelum dimulainya elektronifikasi di dunia otomotif.

Ferrari Classiche Academy terbagi menjadi beberapa modul berkendara di lintasan. Modul ini memberikan semua orang kesempatan termasuk orang-orang yang baru mengenal mobil-mobil bersejarah, untuk membiasakan diri dengan dinamika kendaraan, gearbox, pengendalian di tikungan dan banyak aspek lain dalam mengendarai mobil-mobil ini.

Program ini dimulai dengan sebuah pengenalan praktis terhadap mobil-mobil yang masuk di kelas ini (empat model 308 GTS dan GTBi, semua dengan berbagai perkembangan mekanik dari model dasar, dan Mondial 3.2). Mobil-mobil ini dianalisis lebih lanjut untuk memberikan gambaran tentang komponen yang digunakan dan karakteristik teknisnya.

Program ini dimulai dengan sebuah pengenalan praktis
Program ini dimulai dengan sebuah pengenalan praktis

Selanjutnya dalam tur berpemandu Ferrari Officine Classiche dan arsip teknis perusahaan, para peserta dapat melihat gambar teknis, buku catatan insinyur dan laporan lomba GT dan mobil balap yang diproduksi mulai tahun 1947 dan seterusnya.

Sesi trek berikutnya terdiri dari serangkaian penjelasan teknis oleh instruktur tentang teknik mengemudi mobil dengan gearbox manual tanpa bantuan elektronik, termasuk teknik menurunkan gigi ‘heel and toe’’, ‘kopling ganda‘ dan sebagainya.

Jika sudah berada di belakang kemudi mobil bersejarah, para peserta (selalu didampingi instrukturnya) mencoba serangkaian sesi berkendara dengan tingkat kesulitan yang beragam. Sesi ini dipraktikkan dalam berbagai situasi, misalnya berkendara di jalanan yang basah, berbelok dalam kecepatan yang tinggi, dan mengatur dinamika kendaraan. Modul teknik berkendara untuk balapan biasa juga sangat menarik. Balapan ini lumayan ternama di kalangan penggemar mobil klasik.

Sesi kedua Ferrari Classiche Academy akan dimulai pada musim semi mendatang.

Ranika Bagun

Reporter at InaKoran.com
Ranika Bagun adalah senior reporter di InaKoran.com dan saat ini masih menjadi aktifis di salah satu organisasi jurnalis di Indonesia.Rani juga merupakan lulusan Deakin University, Australia.
Ranika Bagun