Podcast Hydrant

Lifestyle Media

Media Gaya Hidup Orang Indonesia | Panduan Untuk Millenials

Biaya Operasi Katarak Ditentukan oleh 4 Jenis Lensa Ini

Rating Dong

Pilihan lensa buatan atau intraokular (IOL) adalah salah satu faktor penentu biaya operasi katarak. Cari tahu bedanya masing-masing di sini!

Glaukoma, Si Pencuri Penglihatan
Glaukoma, Si Pencuri Penglihatan

Katarak adalah kondisi di mana lensa mata menjadi keruh, faktor penyebab utamanya adalah penuaan. Meski memang, tergantung faktor risiko yang dimiliki masing-masing orang. Ada yang mengalami katarak di awal usia 50 tahun-an, ada yang baru merasakan gangguannya di usia 80 tahun.

Katarak dapat diobati dengan tindakan operasi. Ketika mengalami gangguan penglihatan seperti pandangan kabur seringkali seperti berkabut, melihat objek menjadi ganda, atau mudah silau terkena cahaya, konsultasikan segera ke dokter mata.

Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mata Anda, untuk memperoleh diagnosis katarak. Apabila ternyata operasi katarak dibutuhkan, dokter mata akan berdiskusi dengan Anda lebih lanjut.

Semua calon pasien operasi katarak berhak mendapatkan eksplanasi menyeluruh mengenai prosedur bedah tersebut. Dari tahap-tahap yang akan terjadi, risiko dan manfaat, hingga tips-tips melanjutkan aktivitas pasca operasi. Tak terkecuali, penjelasan tentang pilihan lensa buatan atau lensa intraokular (IOL) yang akan ditanam untuk menggantikan lensa mata yang sudah keruh.

Pilihan lensa buatan ini adalah salah satu faktor penentu biaya operasi katarak. Seperti diketahui, biaya operasi katarak bisa berbeda di satu rumah sakit dengan yang lainnya. Jangankan beda tempat, dalam satu rumah sakit saja bisa terjadi harga operasi katarak yang berbeda.

Di KMN EyeCare contohnya, operasi katarak ditawarkan dalam empat pilihan paket yang berbeda. Tiap paket memiliki pilihan lensa yang berbeda dan keunggulannya masing-masing.

Secara garis besar, jenis lensa buatan yang menentukan biaya operasi katarak terbagi menjadi empat jenis:

1. Lensa Monofokal

Jenis lensa intraokular ini adalah yang paling sering dipilih oleh pasien operasi katarak. Banyak asuransi juga hanya menjamin operasi katarak dengan jenis lensa ini.

Lensa monofokal dapat mengkoreksi penglihatan jarak jauh atau jarak dekat. Namun, tidak dapat fokus ke keduanya sekaligus.

Jadi, calon pengguna lensa monofokal harus memilih, apakah rabun jauh atau rabun dekatnya yang ingin diperbaiki. Keputusan ini harus dipertimbangkan dan dibuat bersama dengan dokter mata yang akan mengoperasi.

2. Lensa Asferis

Lensa monofokal biasa memiliki desain sferis, yang artinya bulat di kedua sisi. Sedangkan, lensa mata alami sebenarnya tidak sepenuhnya bulat sempurna dan lekukan di kedua sisi tidak persis sama rata.

Jenis lensa asferis hadir untuk lebih menyerupai bentuk lensa alami. Selain bisa menghasilkan pandangan yang lebih tajam daripada lensa monofokal biasa, penglihatan saat cahaya redup juga lebih baik.

Di KMN EyeCare, lensa asferis yang ditawarkan adalah Acrysof® IQ (Single Piece) di dalam Paket Gold seharga Rp 20juta per mata. Selain keunggulan jenis lensa asferis, lensa ini juga dilengkapi oleh blue blocker filter dan pelindung sinar ultraviolet atau UV. Sedangkan, lensa yang ditawarkan dalam Paket Silver seharga Rp 17,5juta per mata, tidak memiliki blue blocker filter, hanya pelindung sinar UV.

3. Lensa Toric

Astigmatisme atau mata silindris adalah suatu kelainan penglihatan, di mana penglihatan susah fokus atau mudah distorsi. Jenis lensa toric dapat memperbaiki astigmatisme atau mata silindris.

Biasanya dengan jenis lensa monofokal maupun asferis, pengguna masih harus memakai kacamata silindris. Tidak demikian dengan pengguna lensa toric.

Acrysof‚ TORIC (Single Piece) adalah salah satu lensa toric yang terdepan di dunia, diproduksi oleh Alcon asal Amerika Serikat. KMN EyeCare menawarkannya dalam Paket Toric seharga Rp 30.600.000 per mata.

4. Lensa Multifokal

Ada harga, ada rupa. Lensa multifokal adalah jenis yang lebih canggih lagi. Jenis lensa ini memberikan kemungkinan terbesar untuk terbebas dari kacamata seutuhnya. KMN EyeCare menawarkan pilihan lensa ini di dalam Paket Multifokal, seharga Rp 34.300.000 per mata. Lensa multifokal yang dipakai adalah Acrysof‚ ReSTOR Natural (Single Piece).

Lensa ini memungkinkan penggunanya untuk dapat melihat jarak jauh dan jarak dekat secara bersamaan. Selain itu, terdapat teknologi Apodized yang mengatasi kelemahan dari lensa multifokal jenis lainnya, seperti efek “lingkaran cahaya” (halo).

Terlepas dari keunggulan masing-masing jenis lensa, keputusan tetap ada di tangan calon pasien operasi katarak. Konsultasikan secara menyeluruh dengan dokter mata Anda. Pertimbangkan aktivitas keseharian dan kondisi fisik. Tak lupa, pastikan pilihan lensa masuk ke dalam bujet Anda, atau termasuk dalam jaminan asuransi (jika ada).

Shinta Zevanya

Freelance Writter at SZO Corporate
Kemang, Jakarta Selatan, alumni FISIP Universitas Tarumanegara
Shinta Zevanya