Podcast Hydrant

Lifestyle Media

Media Gaya Hidup Orang Indonesia | Panduan Untuk Millenials

Ternyata Ini 3 Alasan yang Membuat Harga Keju Parmesan Mahal

Rating Dong

Penambahan keju dalam produk makanan pada dasarnya bukan hal yang baru lagi, meskipun bagi sebagian masyarakat Indonesia rasanya masih tergolong aneh untuk lidah mereka. Hasil fermentasi dari susu sapi ini memang menciptakan produk keju dengan rasa yang agak asin dan aroma khas, selain menjadi penambah cita rasa sebenarnya dengan menambahkan keju dalam produk makanan juga meningkatkan nilai gizinya. Jika dilihat sendiri ada banyak sekali jenis keju yang memang umum dijadikan bahan tambah makanan atau minuman, salah satu diantaranya adalah keju parmesan.

Harga Keju Parmesan
Berapa kisaran harga keju parmesan ?

Ini adalah produk keju asli Italia, namun bukan hal yang sulit untuk mendapatkannya di pasaran Indonesia, karena ada banyak sekali yang menjualnya. Jika berbicara mengenai harganya sendiri maka parmesan ini termasuk jenis keju yang cukup mahal harganya di pasaran.

Inilah beberapa alasan yang membuat harga keju parmesan mahal, yaitu:

1. Harus dibuat dengan susu sapi berkualitas yang jumlahnya banyak, meskipun jumlah susu yang dipakai sebagai bahan pembuatannya banyak, namun karena waktu fermentasinya lama, hanya bisa menghasilkan sedikit keju nantinya. Tak heran jika harganya mahal.

2. Waktu fermentasinya yang cukup lama, selain dari segi bahan baku yang harus banyak, maka jika dilihat dari segi waktu fermentasi juga tidak bisa dikatakan sebentar, setidaknya dia memakan waktu paling tidak satu tahun bahkan lebih untuk menciptakan cita rasa yang kian gurih. Bahkan setelah diolah nantinya keju tersebut masih harus didiamkan setidaknya antara 2 hingga 10 tahun untuk melihat kualitasnya.

3. Ditutupi menggunakan tulisan timbul, nantinya hasil pengolahan keju akan dimasukkan dalam sebuah wadah yang sudah diukir menggunakan logo timbul. Sehingga hasil cetakan keju nantinya juga bisa bagus membentuk kode QR guna memberikan informasi kandungan protein dan juga lokasi pembuatannya.

Jadi jangan heran jika seandainya harga cream cheese ini juga tergolong mahal di pasaran, dibandingkan dengan keju-keju yang lainnya. Anda bisa membeli produk keju khas Italia impor ini kian mudah diantaranya adalah melalui Toko Wahab.

Shinta Zevanya

Freelance Writter at SZO Corporate
Kemang, Jakarta Selatan, alumni FISIP Universitas Tarumanegara
Shinta Zevanya