Podcast Hydrant

Lifestyle Media

Media Gaya Hidup Orang Indonesia | Panduan Untuk Millenials

Pengertian Payment Point Online Bank atau PPOB

Rating Dong

Payment Point Online Bank atau PPOB adalah salah satu system dimana mekanisme pembayaran tagihan yang sangat aman, mudah dan murah serta proses yang tidak rumit.

Pengertian Payment Point Online Bank atau PPOB
Pengertian Payment Point Online Bank atau PPOB

Payment Point Online Bank atau disingkat PPOB ini merupakan layanan pembayaran tagihan secara online real time 24 jam sehingga proses rekonsiliasi data dan dana bisa lebih cepat dan akurat serta aman.

PPOB yang diselenggarakan di perusahaan seperti PLN, PDAM, Telkom, dll yang bekerjasama dengan hampir semua perbankan. Pelanggan konsumen dapat membayar di mana saja dan kapan saja dan dengan cara apa saja melalui Delivery Channel atau sistem Aplikasi yang dikembangkan perusahaan penyelenggara PPOB dan Delivery channel seperti ATM, Teller, Autodebit, Internet Banking dll.

Berbeda lagi dengan Semi Online Payment Point (SOPP), yang melakukan penyetoran dana ke rekening receipt yang bersangkutan dengan membawa uang cash tunai secara langsung langsung, SOPP ada delay waktu dalam proses rekonsiliasi data dan dana sehingga pada tingkat keamanan nya tidak seakurasi PPOB.

PPOB itu tidak hanya cuma lebih memudahkan layanan bagi pelanggan yang menggunakannya, namun juga memiliki multiflier effect yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia, dengan membuka peluang wirausaha baru dan pemberdayaan ekonomi kecil menengah.

Untuk kedepannya, PPOB berlomba-lomba menjadi yang terlengkap fitur pelayanannya, produk dan termudah dalam pengoperasiannya termasuk menerapkan sistem aplikasi Platfrom pada Smartphone.

PPOB juga merupakan system yang digunakan telah digunakan oleh PLN dalam pelaksanaan penerimaan pembayaran iuran listrik setiap bulannya, dimana setiap loket pembayaran memiliki deposit pada bank dan code Konsumen, Dalam system PPOB proses penerimaan tagihan listrik tidak dilakukan oleh petugas PLN lagi namun langsung diterima oleh coolecting agent PPOB dan secara otomatis ditransfer ke account receipt office PLN.

Dengan adanya system PPOB ini, maka beberapa proses bisnis pembayaran yang selama ini sudah berjalan dapat lebih disederhanakan dan dimudahkan.

Shinta Zevanya