IBX5AB2239155449 Seputar Tips Operasi LASIK - Lifestyle Media Manfaat dan Prosedur
Wigobet

Lifestyle Media

Media Gaya Hidup Orang Indonesia | Panduan Untuk Millenials

Seputar Tips Operasi LASIK

Rating Dong

Operasi LASIK semakin hari semakin popular. Semakin banyak selebriti yang melakukannya, dengan testimoni akan hasil nyata LASIK yang sangat memuaskan sehingga mengubah hidup mereka.

KMN Eye Care Logo
KMN EyeCare Logo

Contohnya model dan presenter, Aline Adita, yang harus memakai kacamata sejak umur 6 tahun karena mata minus. Pertambahan minus yang drastis memaksanya memakai softlens sejak usia 12 tahun.

Ketergantungannya terhadap kacamata dan softlens selama 20 tahun, membuat Aline akhirnya memutuskan untuk operasi LASIK. Sejak saat itu, Aline merasa hidupnya jauh lebih mudah karena tak lagi memiliki ketergantungan terhadap kacamata maupun softlens.

Selain Aline, banyak orang bahkan para artis yang sudah menikmati manfaat operasi LASIK.

Lantas, bagaimana dengan prosedur, risiko dan biaya operasi LASIK?

Prosedur Operasi LASIK

LASIK merupakan singkatan dari “laser-assisted in situ keratomileusis”. Pada intinya, operasi LASIK meliputi proses pembukaan lapisan kornea atau flap (in situ) dan pembentukan kembali jaringan kornea yang lebih sehat (keratomileusis).

Awalnya, LASIK memang menggunakan instrumen pisau yang disebut microkeratome untuk membuka lapisan kornea atau flap. Baru setelah itu memakai laser dalam pembentukan kembali jaringan kornea.

KMN Eye Care

Namun modern ini, prosedur LASIK sudah ada yang dikenal dengan “bladeless LASIK” atau tanpa pisau bedah. Bedanya, saat membuka lapisan flap, prosedur ini menggunakan laser jenis femtosecond. Jadi dari awal hingga akhir, tidak ada instrumen pisau bedah yang dipakai (all laser).

Tidak semua orang dapat menjalani operasi LASIK, bisa atau tidaknya operasi LASIK dilakukan tergantung dari kondisi mata masing-masing. Sebelum menjalani operasi LASIK, dibutuhkan pemeriksaan pra-operasi yang lengkap dan teliti.

Di KMN Eyecare (Klinik Mata Nusantara), misalnya, setiap kandidat pasien LASIK diwajibkan untuk melalui 8 jenis pemeriksaan: refraksi, pemetaan kornea, produksi air mata, ketebalan kornea, hingga pemeriksaan fisik menyeluruh dan laboratorium.

Operasi Lasik

Jika seorang kandidat dinyatakan dapat menjalani LASIK, dokter lalu akan menjadwalkan operasi. Calon pasien pun akan diminta untuk melakukan syarat-syarat tertentu, seperti menanggalkan softlens selama 2 minggu sebelum operasi.

Setelah menjalani operasi LASIK, pasien tidak perlu rawat inap. Seperti misalnya Kevin Julio, dimana sudah merasa terganggu dengan kacamata dan softlens. Ia mengakui, operasi LASIK yang dijalani selesai hanya dalam 10 hingga 15 menit.

Kevin Julio mengaku awalnya takut, lantaran banyak rumor di luar sana yang mengatakan LASIK itu menyakitkan. Tapi nyatanya tidak demikian.

KMN Eye Care
KMN Eye Care

Sebelum tindakan, setiap pasien yang akan menjalani LASIK akan diberikan bius topikal yang berupa obat tetes mata.. Setelah operasi, dokter akan menyarankan pasien untuk beristirahat sebentar. Namun bisa pulang di hari yang sama, dengan catatan tidak diperbolehkan menyetir kendaraan sendiri.

Risiko Operasi LASIK

Efek Samping Operasi LASIK

Efek samping artinya dampak atau pengaruh yang semula tidak diinginkan, namun terjadi. Sifatnya bisa serius, tapi seringkali tidak. Dampak yang terjadi bisa lama, bisa juga hilang dengan sendirinya.

Setelah operasi LASIK, dalam proses penyembuhan biasanya pasien akan mengalami mata kering, silau karena proses adaptasi, dan terasa seperti ada “butiran” di dalam mata. Keluhan-keluhan tersebut biasanya hanya sementara dan akan hilang setelah mata beradaptasi.

Komplikasi Operasi LASIK

Komplikasi operasi LASIK yang dapat terjadi adalah dislokasi flap kornea dan infeksi. Komplikasi ini tercatat tidak mencapai 1% jika dibandingkan dengan jumlah operasi yang sudah dilakukan di seluruh dunia. Sehingga sangatlah penting untuk memilih klinik dengan teknologi dan pelayanan yang terbaik.

Biaya Operasi LASIK

Saat ini sudah banyak rumah sakit maupun klinik khusus mata di Indonesia yang menggelar operasi LASIK. Masyarakat Indonesia tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar negeri untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

Salah satunya, KMN Eyecare yang dalam situsnya mengklaim bahwa teknologi yang mereka pakai tak kalah canggih dengan yang di Singapura.

Kalau ke Singapura, minimum biaya operasi LASIK mencapai Rp 50juta, belum termasuk biaya tinggal di sana.

Di KMN Eyecare, sampai dengan tanggal 14 Februari 2019, biaya LASIK bladeless cukup setengah harga tersebut, yakni Rp 25juta. Itu pun sudah termasuk biaya administrasi dan pemeriksaan pra-tindakan.

Selain itu, di klinik mata KMN EyeCare juga ada program cicilan yang bekerjasama dengan Bank tertentu. Jadi, tidak terlalu terasa berat untuk hidup tanpa kacamata, bukan?