IBX5AB2239155449 Operasi Katarak Terbaik Ada di Indonesia - Lifestyle Media
Wigobet

Lifestyle Media

Media Gaya Hidup Orang Indonesia | Panduan Untuk Millenials

Operasi Katarak Terbaik Ada di Indonesia

Rating Dong

Operasi Katarak Terbaik Ada di Indonesia, ujar fotografer dunia, Michael Yamashita

Michael Yamashite - National Geographic Photographer
Michael Yamashite – National Geographic Photographer

Terjadi hingga ratusan ribu kasus per tahun di Indonesia, penyakit katarak patut diwaspadai. Belum lagi, penyakit ini berkembang secara pelan-pelan hingga sering kali tidak disadari oleh penderitanya.

Bahayanya, katarak bisa menyebabkan kebutaan.
Katarak sendiri adalah suatu penyakit yang mengakibatkan lensa marah jadi keruh sehingga cahaya tidak bisa menembusnya. Hal tersebut menyebabkan penglihatan kabur hingga buram total.

Tanda-tanda / gejala awal yang sering terjadi adalah penderita seperti sedang melihat dari jendela berkabut.

Penyebab dan Ciri Katarak Pada Mata

Apa sih yang jadi penyebab penyakit katarak? Kebanyakan memang terjadi pada usia lanjut. Akan tetapi, beberapa faktor lain ternyata mempengaruhi terjadinya katarak.

Misalnya saja, kontak yang terlalu lama dengan cahaya ultra violet dan radiasi. Kemudian, katarak juga disebabkan oleh faktor sekunder seperti diabetes, hipertensi, dan trauma fisik pada mata.

KMN EyeCare Katarak Photos

Beberapa ciri mulai terjadi katarak adalah jendela kabut. Kemudian tidak bisa melihat saat cahaya redup. Selanjutnya, mengalami fenomena “halo” pada lampu jalan alias melihat lingkaran cahaya pada lampu pada malam hari. Ada baiknya, untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Prosedur Operasi Katarak Ternyata Simpel

Ketika membayangkan operasi katarak, kebanyakan orang menganggap proses operasi yang lama dan sakit. Namun sebenarnya sudah ada teknologi canggih di mana operasi katarak dapat dilakukan dengan singkat.

KMN EyeCare Katarak Photos

Secara garis besar, terdapat dua rangkaian yang harus dijalani dalam operasi katarak modern ini:

1. Fakoemulsifikasi

Sebelum menjalani operasi tentu saja pasien harus melalui rangkaian pemeriksaan secara lengkap. Kemudian biasanya langkah pertama yang bakal dilaksanakan adalah fakoemulsifikasi.
Secara sederhana, fakoemulsifikasi merupakan metode dimana katarak akan dipecah jadi partikel-partikel kecil lalu disedot keluar mata. Hanya butuh sayatan berukuran 2,2 mm yang bakal sembuh dengan sendirinya tanpa operasi lagi.

2. Lensa tanam

Prosedur operasi selanjutnya adalah tanam lensa. Lensa mata yang diambil saat operasi karatarak bakal digantikan oleh lensa tanam atau intraocular lens/IOL.

Kualitas lensa tanam haruslah diperhatikan agar bisa meminimalisasi katarak sekunder setelah operasi.

Tak Perlu ke Luar Negeri, Operasi Katarak di Indonesia

Sayangnya, masih banyak orang beranggapan bahwa operasi katarak harus dilakukan di luar negeri. Padahal, operasi tersebut sudah bisa dilakukan di Indonesia. Bahkan, dengan harga dan fasilitas yang bisa disandingkan.

Bayangkan saja, lakukan operasi di luar negeri sudah pasti harus sediakan ongkos transportasi pesawat. Belum lagi biaya penginapan yang terbilang tidak murah. Sementara itu, kalau lakukan di Indonesia apalagi di kota yang sama, tak perlu ada biaya tersebut.

Bahkan seorang fotografer kelas dunia, Michael Yamashita, dari National Geographic, mempercayakan operasi Kataraknya di Indonesia. Ia berbagi kisah operasi katarak yang berhasil dijalaninya dengan baik di KMN EyeCare.

Pasalnya, biaya operasi di Indonesia ternyata cukup terjangkau. Contoh, KMN Eye Care alias Klinik Mata Nusantara membanderol mulai dari Rp 17,5 juta saja untuk operasi katarak. Proses operasi pun sangat singkat. Cukup kurang lebih 20 menit saja untuk dapatkan penglihatan kembali sempurna.