Apa yang Harus Kamu Lakukan Saat Bangkrut? Ini Dia Jawabannya

Kebangkrutan adalah Hal Besar Jika Kamu Menganggapnya Besar, namun Kecil Jika Kamu Menganggapnya Kecil
Kebangkrutan adalah Hal Besar Jika Kamu Menganggapnya Besar, namun Kecil Jika Kamu Menganggapnya KecilYoung man with hands clasped together

Zingga Nusantara Bangkrut (Bankrupt dalam Bahasa Inggris) adalah sebuah hal yang paling dihindari semua pengusaha. Hal tersebut memang menjadi hal yang sangat dijaga dalam berbisnis. Motivasi sangat dibutuhkan saat Kamu berada di level terendah dalam berbisnis tersebut.

Tetapi percaya atau tidak, banyak sekali pengusaha yang saat ini sukses, pernah mengalami masa-masa kebangkrutan. Masa-masa dimana dunia serasa berhenti berputar. Tidak semua memang, pengusaha yang bangkrut bisa bangkit kembali dan bahkan sampai bisa meraih kesuksesan. Keinginan yang tidak disertai usaha dan doa, tidak akan bisa menghasilkan apa-apa.

Seharusnya, sebagai seorang pengusaha, Kamu perlu memotivasi diri sendiri, walaupun tidak dapat dipungkiri ada pengaruh dari luar diri agar bisa tetap stay di titik tertinggi.

Jika Kamu pernah mengalami masa bangkrut, Kamu tidak perlu berlarut-larut meratapi kegagalan tersebut. Jika Kamu perlu motivasi, Kamu bisa browsing untuk sekedar membaca singkat biografi para orang-orang sukses. Kamu bisa melihat sedikit kebelakang bagaimana cara mereka mengalahkan kegagaln dan membalikkan semuanya menjadi kesuksesan.

Yang paling sulit sebenarnya adalah menjaga mental Kamu agar bisa tetap berdiri dan melanjutkan usaha dari awal, atau dari nol. Memang tidak mudah melakukan hal itu, tetapi ada pepatah mengatakan “TIDAK ADA USAHA YANG MEMBOHONGI HASIL”. Jika Kamu tidak berhenti berusaha, maka hasil tak akan membohongi diri Kamu sendiri.

Sebagai bahan referensi, mungkin Kamu bisa membaca artikel ini untuk bekal Kamu yang pernah mengalami kebangkrutan, dan mungkin saja ini bisa membuat Kamu lebih termotivasi untuk terus berjuang tanpa henti melakukan segala hal untuk kembali di tingkat tertinggi usaha Kamu.

1. Secepatnya Move On Dari Masalah “Bangkrut”

Pengusaha yang sukses adalah mereka yang cepat beranjak dari kegagalan dan segera mencoba memperbaiki semuanya, dan kemudian memulai kembali usahanya dari awal.

Hal pertama yang harus dilakukan setelah mengetahui Usaha Kamu bangkrut adalah Memotivasi Diri Kamu Sendiri. Jika kamu tidak bisa memotivasi diri Kamu sendiri, maka Kamu tidak akan bisa bergerak ke titik yang lebih tinggi. Tidak hanya sekali atau dua kali saja, seorang pengusaha bisa saja gagal hingga puluhan atau bahkan ratusan kali sebelum akhirnya berhasil di dalam usaha yang dijalankannya.

2. Jangan Pernah Berhenti Berusaha

Tidak menyerah dan meninggalkan apa yang tengah dikerjakannya, itulah salah satu kunci kesuksesan seorang pengusaha. Mereka akan sangat tekun dan selalu bekerja keras untuk apa yang dikerjakannya, mengerahkan segala kemampuan dan juga tenaga yang dimilikinya hingga meraih kesuksesan. Jika Kamu berhenti berusaha, berarti Kamu menyerah. Jika Kamu menyerah, maka dunia Kamu berhenti, dan berarti Kamu telah gagal dan tidak menjalani poin pertama tadi.

3. Kurangi Main, Tingkatkan Waktu Bekerja

Dosen Saya dulu pernah berkata, kurangi tidur, banyakin membaca. Hal tersebut memang khusus difokuskan agar Kamu bisa fokus dan cepat menyelesaikan pendidikan. Dan hal itu sama dengan ini, perlu waktu tambahan untuk membuat Kamu bisa fokus dalam bekerja.

Ini mungkin akan terasa sangat sulit untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang terbiasa bekerja pada orang lain dan hanya melakukan pekerjaannya sesuai dengan standar yang ditentukan. Namun, seorang pengusaha sukses, harus bisa bekerja lebih dari orang lain.

Saat orang lain bekerja sesuai dengan kebutuhannya, maka Kamu harus bekerja lebih banyak dari biasa yang dia kerjakan sehari-harinya. Artinya, mereka akan bekerja di atas rata-rata hingga akhirnya mencapai tujuan dan kesuksesan mereka.

4. Jangan Pernah Ketinggalan Informasi

Di era berkembangnya teknologi sekarang ini, kamu dituntut untuk terus mengikut informasi penting yang ada di jagat internet. Dengan adanya internet, tentunya akan mudah bagi Kamu untuk mencari dan menggali segala hal informasi yang Kamu butuhkan.

Mungkin Kamu menemukan artikel ini juga dari hasil teknologi, dimana Kamu membuka internet dan mencari artikel tentang motivasi kebangkrutan. Nah itu adalah salah satu bagian dari perkembangan teknologi.

Contoh mudah adalah jika Kamu ingin membuka usaha A, maka Kamu harus sebanyak-banyak menggali tentang usaha A tersebut, mulai dari cara pemasaran, tips membuat produk yang bagus di bidang usaha tersebut, sampai kreatifitas yang perlu ditingkatkan, dan semua itu memang butuh waktu, tidak bisa instan begitu saja. Jika Kamu terus mengikuti perkembangan informasi di bidang yang Kamu target tersebut, percayalah Kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam membangun bisnis apapun.

5. Perluas Relasi Kamu

Jika Kamu kurang bersosial dalam kehidupan, berarti ada yang salah dalam hidup Kamu, Kamu harus manfaatkan relasi Kamu untuk mencari solusi dari keterpurukan bisnis atau usaha Kamu, baik itu berupa saran atau modal ringan untuk membangun usaha Kamu kembali.

Kembangkan terus jaringan relasi Kamu agar setidaknya apa yang Kamu rasakan, mendapat sokongan moril dari relasi Kamu. Kamu juga bisa masuk ke forum-forum yang berhubungan dengan tipe bisnis Kamu. Dengan begitu, akan mudah bagi Kamu untuk bangkit kembali dari keterpurukan.

6. Perbanyak Memberi

Ketika Kamu sedang berada dalam kesulitan seharusnya Kamulah yang mendapat sedeqah, bukan? tetapi jika Kamu ingin lebih menerima apa yang akan Kamu dapatkan, jalan cepatnya adalah dengan memberi, tentu saja memberi tanpa pamrih atau timbal balik.

Kapan saat terbaik untuk memberi? Jawabannya cuma satu, pada saat Kamu sedang tidak punya apa-apa. Kok bisa begitu? Secara logika jika Kamu memberi pasti akan berkurang, tapi lain halnya dengan memberi, hukum ini tidak akan berlaku, malah hal yang terjadi adalah sebaliknya.

7. Jangan Putus Berdoa

Hal ini sangatlah penting. Memang lebih menjurus ke personal diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Tapi hal ini percaya atau tidak, bisa membuat diri Kamu lebih tenang dan berpikir dengan jernih. Jika Kamu memiliki pikiran yang jernih, bukan tidak mungkin ide-ide cemerlang akan masuk ke dalam pikiran Kamu dan bisa langsung Kamu terapkan dalam usaha Kamu untuk bangkit kembali dari kebangkrutan.

Shinta Zevanya

Shinta Zevanya

Freelance Writter at SZO Corporate
Kemang, Jakarta Selatan, alumni FISIP Universitas Tarumanegara
Shinta Zevanya