Usaha dengan Modal Cuma 500 Ribu, Apa Cukup?

Membuat Usaha dengan modal 500 ribu, mengapa tidak?
Membuat Usaha dengan modal 500 ribu, mengapa tidak?

Zingga Nusantara – Saat ini banyak anak muda yang berlomba-lomba beralih ke dunia usaha. Namun, terkadang semangat mereka meredup hanya karena memiliki modal yang terbatas. Lalu, bukan tidak mungkin Kita bisa memiliki usaha mandiri yang memang tidak lagi mustahil dengan modal pas-pasan.

Sesungguhnya, Kita tidak perlu kawatir soal modal dan juga di umur berapa kita harus memulai usaha. Sedini mungkin seharusnya kita sudah bisa memulai usaha. Karena dengan membuat usaha, kita bisa melatih diri untuk terus berkembang.

Baca Juga : Anak SD Beromzet Puluhan Juta Itu Bernama Naya

Lalu bagaimana kita memulai usaha itu? Bagaimana jika Saya hanya memiliki model sedikit. Bahkan di bawah 1 juta. Tentu saja Kamu bisa membuka bisnis sendiri hanya dengan modal uang 500 ribu. Mari kita ulas sedikit demi sedikit :

1. Membuka Usaha Jualan Boneka Wisuda

Membuat Usaha boneka wisuda
Membuat Usaha boneka wisuda

Wisuda pasti akan selalu ada tiap tahunnya. Entah itu wisuda bagi mahasiswa maupun bagi siswa SMP dan SMA. Selain bunga, biasanya boneka juga sering dijadikan pilihan kado. Untuk membuat boneka menjadi kado wisuda yang istimewa, Kamu bisa menambahkan toga serta samir sesuai dengan warna dan logo universitas yang bersangkutan.

Bahkan, selain boneka teddy bear yang sudah mainstream, Kamu bisa juga menggantinya dengan tokoh karakter kartun lain yang tidak kalah lucunya. Untuk mendapatkan boneka berharga murah dan berkualitas bagus, Kamu bisa memesannya ke sentra pembuatan boneka. Bahkan, Kamu akan mendapat potongan harga jika memesan dalam jumlah banyak. Setelah diberi tambahan hiasan serta aksesoris, Kamu bisa menjualnya kembali dengan keuntungan 30-40% dari setiap boneka.

2. Membuka Usaha Layer Juice

Membuat Usaha layer juice
Membuat Usaha layer juice

Selain katering mayo diet yang saat ini sedang ramai dibicarakan, Kamu bisa juga menggeluti bisnis layer juice yang juga sedang menjadi idola. Layer juice sendiri sebenarnya hampir sama dengan jus buah biasanya. Hanya saja, penampilannya makin terlihat menarik karena di dalam satu botol ada percampuran 2 hingga 3 jus buah.

Kamu bisa memasukkan jus mangga berwarna kuning pada layer terbawah, kemudian disusul dengan jus kiwi berwarna hijau di layer tengah, dan terakhir jus buah naga di layer teratas. Selain itu buah yang disebutkan tadi, Kamu bisa mencampurkan berbagai macam buah lainnya. Gunakan sedikit air supaya jus yang dihasilkan tidak terlalu encer.

Bagaimana bentuk kemasan agar beda dari yang lain? Untuk pengemasannya Kamu bisa menggunakan botol kaca atau botol lain yang dijual dipasaran. Berbagai bentuk lucu disajikan oleh para penjual online dan dengan mudah kita membelinya. Dengan tampilan unik serta kandungan vitamin yang tinggi, tidak heran jika barang daganganmu ini akan selalu kebanjiran pesanan.

3. Membuka Usaha Membuat Parsel Bunga

Membuat Usaha parsel bunga
Membuat Usaha parsel bunga

Parsel bunga bisa dijadikan ladang uang bila Kamu mumpuni dalam melirik peluang. Pasalnya, bingkisan bunga selalu dibutuhkan di setiap event acara. Entah sebagai kado ulang tahun orang terkasih, wisuda, hingga hari jadi. Bahkan, untuk memulai bisnis ini bisa dengan 500 ribu saja.

Supaya orang tertarik memesan bouquet bunga milikmu, buat kemasannya seunik mungkin. Apabila parsel bunga yang biasanya menggunakan kertas dan plastik sebagai pembungkus, saat ini Kamu bisa memadupadankan dengan benda lainnya. Misalnya saja dengan wadah pop corn, toples mason jar yang sudah diwarna, mug-mug lucu, hingga keranjang rotan serta balon dan membentuknya seperti balon udara.

4. Membuat Usaha Unik dengan Barang yang Lucu

Membuat Usaha aksesoris lucu
Membuat Usaha aksesoris lucu

Toko pernak-pernik pasti selalu dibanjiri kaum hawa. Memang aksesoris lucu dan unik selalu bisa membuat para gadis jatuh cinta. Kamu bisa berkecimpung di bisnis satu ini dengan pasar yang menyasar para kaum hawa. Buat aksesoris perhiasan yang unik dan tidak biasa.

Misalnya saja kalung dengan bentuk bolam mungil dengan isian mutiara, pendulum, atau ranting-ranting kering. Selain itu, Kamu bisa juga membuat desain kalung dengan batu pendulum yang terlihat apik. Pasarkan kepada beberapa kawan atau unggah aksesoris buatanmu ke ragam website jualan. Bisa dipastikan banyak yang akan melirik keunikan desain yang Kamu ciptakan.

5. Membuat Usaha Cupcake Mini Imut

Membuat Usaha cupcakes imut dan lucu
Membuat Usaha cupcakes imut dan lucu

Kue-kue lucu dengan berbagai macam warna dan bentuk topping ini memang amat menggemaskan. Apabila clay hanya bisa menjadi pajangan, maka cupcake dengan topping fondant ini aman untuk dimakan. Kamu bisa membentuk topping bertema dengan aneka bentuk karakter lucu. tidak heran banyak yang menjadikan cupcake sebagai hidangan di hari istimewa mereka.

Untuk menjual cupcake ini pun Kamu tidak harus memiliki tempat sendiri. Kamu bisa memasarkannya dari mulut ke mulut atau menggunakan media sosial sebagai alat promosi. Dengan modal 500 ribu dan diramu dengan kreativitas, dijamin Kamu tidak akan pernah surut permintaan.

6. Membuat Usaha Jualan Craft Clay Lucu

Membuat Usaha clay lucu dan unik
Membuat Usaha clay lucu dan unik

Siapa yang tidak suka pada craft ini? Bentuknya yang imut dan menggemaskan beserta dengan warna-warni yang menarik mata akan membuat siapapun mudah jatuh hati. tidak ada salahnya kok Kamu menekuni bisnis satu ini. Memang membutuhkan ketekunan, kerajinan, serta kreativitas yang tinggi untuk bisa menghasilkan ragam clay berbentuk lucu. Namun, tidak perlu khawatir karena banyak buku panduan serta kursus kilat yang akan mengajarkanmu bagaimana cara membuat clay yang menggemaskan.

Jika Kamu bisa melihat peluang, usaha ini akan mendatangkan banyak keuntungan. Kamu bisa mengemas clay sebagai bingkisan ulang tahun, wisuda, hari ibu, dan sebagainya. Bahkan, supaya membuat calon pembeli makin jatuh cinta, Kamu bisa membuat karakter clay sesuai dengan karakter si pembeli.(zna)