Untung Jawa, Pulau Tersembunyi di Kepulauan Seribu

Kata Sambutan di Dincing Pulau Untung Jawa
Kata Sambutan di Dincing Pulau Untung Jawa

Zingga Nusantara – Untung Jawa. Merupakan salah satu bagian dari kepulauan seribu yang memiliki pemandangan yang indah. Pulau Untung Jawa merupakan pulau yang tidak begitu populer apabila dibandingkan dengan pulau–pulau di kepulauan seribu lainnya seperti pulau pari dan juga pulau tidung. Untuk menuju ke pulau untung jawa, bisa melalui tiga dermaga. Diantaranya Muara Angke, Tanjung Pasir, dan Juga Rawa Saban.

Pada waktu pertama kali tim Zingga Nusantara menginjakan kaki di pulau untung jawa, kami melihat pemandangan yang bagus, diantaranya hutan mangrove yang ada disana. Sayangnya, kami melihat tumpukkan sampah yang sangat tidak beraturan. Pulau untung jawa masih terhitung sempit, karena luasnya hanya 40,10 Ha dan berpenduduk kurang lebih 1700 jiwa. Sebagian besar tanah di pulau untung jawa ini, masih hutan, jadi untuk berjalan mengelilingi pulau, memakan waktu yang tidak begitu lama.

Pada waktu itu, malam takbiran, sebelum lebaran 2013, kami diajak oleh rekan-rekan travelers dari kampus Universitas Gunadarma untuk pergi memancing ikan di pulau untung jawa. Perjalanan dimulai dari kampus Universitas Gunadarma Kalimalang, Bekasi, lalu kami menuju basecamp komunitas mancing jakarta di daerah warakas, tanjung priuk dan terakhir menuju ke tangerang. Kurang lebih memakan waktu satu setengah jam sampai ke tangerang, tanjung pasir dari warakas. Setelah itu kami menyeberang dengan menggunakan kapal ikan. Tarif menyeberang ke untung jawa hanya 10rb rupiah. Karena jarak yang tidak begitu jauh menuju ke lokasi, dan hanya memakan waktu setengah jam perjalanan.

Setelah sampai di lokasi, kami langsung menuju ke dermaga untuk beristirahat sejenak, dan melanjutkan kegiatan memancing ikan. Kami tidak menyewa rumah penduduk, melainkan kami hanya tidur di pinggir dermaga diselimuti angin laut dan juga rembulan malam di pinggir pantai.

tmb034
Selamat Datang di Pulau Untung Jawa

Sampai saat ini, pulau Untung Jawa sudah mulai banyak dikunjungi oleh para travelers. Kebanyakan dari para pengunjung yang datang ke pulau Untung Jawa, hanya untuk melakukan kegiatan memancing. Berbeda dengan aktivitas orang-orang yang pergi ke kepulauan seribu yang biasanya melakukan kegiatan diving, snorkling, ataupun hanya sekedar bermain banana boat. Berbagai macam komunitas banyak yang melakukan kegiatan di pulau Untung Jawa.

Hanya satu saja masalah di pulau ini menurut saya, yaitu sampah yang sangat bertumpuk dan letaknya berada tidak jauh dari lokasi rumah atau pondok yang biasa digunakan untuk menginap para travelers. Kita semmua tentunya berharap bahwa masalah ini secepatnya ditanggulangi karena takutnya akan berakibat yang buruk bagi pulau itu sendiri.

(zna)