Tips Menciptakan Peluang Usaha

Foto: daftarmenarik.com

Zingga Nusantara – Untuk memenangkan persaingan dalam sebuah bidang usaha dagang, maka dibutuhkan tingkat profesionalisme yang cukup tinggi. Mungkin lebih mulia lagi apabila kita bisa menciptkan peluang kerja kita sendiri. Nah, kali ini kita akan bahas sedikit mengenai tips menciptakan peluang usaha khususnya bagi kita para calon dan para pengusaha muda.

Memang betul adanya, Kita harus benar-benar paham akan kondisi pasar serta analisa usaha yang dibuat secara terperinci untuk sebuah bidang perdagangan yang kental dengan aktifitas jual beli, misal usaha rumah makan, restoran, atau cafe, tentu tak hanya asal terjun.

Untuk itulah tidak setiap usaha dagang itu selalu sukses dengan bergelimpangan untung yang berlimpah, karena setiap pribadi/orang tepatnya sang pengelola usaha itu umumnya punya karakter serta tinggi rendah ambisi yang berbeda-beda.

Apabila Anda adalah seorang yang cukup kompetitif dalam hal usaha dagang seperti usaha toko atau restoran, maka tak ada salahnya untuk segera terjun di usaha tersebut.

Namun bila tidak cukup punya bekal untuk terjun di usaha yang bersifat umum, maka peluang usaha baru layak untuk diambil.

Menciptakan sebuah peluang usaha baru itu tak harus jauh-jauh inspirasinya, karena dari kepribadian atau kepribadian kita sebenarnya bisa berpotensi untuk timbul atau lahir sebah peluang usaha baru yang cukup bagus untuk segera dimulai.

Membuat Usaha yang Sama dengan Hoby Kita

Sebagian orang lebih suka berbisnis yang sifatnya real atau nyata seperti berdagang suatu komoditas barang pangan maupun sadang, serta kebutuhan lain, namun sebagian yang lain berbisnis dengan hobi mereka.

Bagaimana bisa potensi hoby menjadi bisnis? jelas bisa, bahkan setiap hoby itu punya potensi untuk menghasilkan uang, bila memang mampu dikemas dalam sebuah paket usaha unik nan punya daya tarik tinggi.

Namun mungkin Anda bertanya, hoby yang bagaimana itu? ya, tentunya kita punya hobi atau kesenangan yang biasa kita jalankan dan kita sangat enjoy dalam menjalankannya.

Misalnya saja Anda cukup hoby dalam bereksperimen membuat aneka jajanan, baik keripik, kue kering, kue basah, dengan aneka varian rasa, maka sdah pasti hobi tersebut punya peluang emas di dunia usaha.

Asal kita juga mau terbuka terhadap pasar, misal dengan menawarkan kreasi kita ke masyarakat luas. Hobi seperti bermusik, dance, dan melukis, bahkan bisa menjadi peluang usaha baru bila kita tak malu-malu menawarkan diri untuk membuka pelatihan di rumah maupun pelatihan private secara panggilan.

Membuat Usaha Sesuai dengan Jiwa Seni Kita

Seni meruapakan bidang pekerjaan yang sering dianggap bukan sebuah pekerjaan, karena pada umumnya orang-orang yang berjiwa seni, menjalani atau melakukan aktifitas seni dengan sangat enjoy dan tanpa paksaan. Namun bagaimana unsur seni bisa menjadi uang?

Profesi bidang seni apapun tentu boleh dikomersilkan bila memang pasarnya ada di depan mata. Misalnya saja pelatihan seni tari, jasa persewaan baju daerah, mengelola sanggar musik kedaerahan, dan lain-lain.

Satu lagi yang sangat penting dan perlu diingat bahwa pasar selalu ada selagi kita cukup serius dalam menggeluti sebuah bidang seni.

(zna)