Tips Liburan Lama Ke Luar Negri

Liburan Lama Memang Menyenangkan, Namun Perlu Beberapa Pertimbangan
Liburan Lama Memang Menyenangkan, Namun Perlu Beberapa Pertimbangan

Zingga Nusantara – Pergi liburan keluar negri adalah dambaan setiap orang. Bagaimana tidak, pasti kita juga ingin mengetahui kondisi di luar dan di tempat kita tinggal. Pergi jalan-jalan dengan waktu lumayan lama, terutama bagi yang memiliki waktu libur banyak, pastinya sangat menyenangkan. Namun, jika kamu tidak mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan, maka Kamu pasti akan mengalami hambatan.

Mari kita bahas satu persatu hal-hal yang perlu Kamu perhatikan jika Kamu ingin berpetualang ke luar negri dalam waktu yang lumayan lama.

1. Kamu wajib Membuat Daftar Tempat Tujuan

Daftar ini akan menjadi sahabat terbaik Anda. Buatlah daftar serinci dan sedetail mungkin untuk hal-hal yang perlu Kamu lakukan sebelum Kamu pergi. Setiap kali Kamu teringat sesuatu, tambahkan ke dalam daftar tersebut. Masukan juga rencana-rencana perjalanan Kamu dalam daftar. Sebaiknya Kamu menulis ulang hal-hal yang sudah Kamu kerjakan dan belum dikerjakan.

2. Pastikan Soal Visa

Bagi Kamu yang ingin pergi liburan ke luar negri namun masih di daerah Asia Tenggara, nampaknya tidak usah pusing karena masih ada aturan bebas visa, walaupun setiap negara memiliki ketentuan dan aturan yang berbeda-beda. Untuk kalian yang berlibur ke Eropa atau Amerika, ini yang wajib kalian cari tahu, karena ini akan berpengaruh atas kehadiran kalian begitu tiba di bandara tempat tujuan kalian.

3. Buka Internet dan Lakukan Riset

Banyak hal yang kemungkinan yang terjadi selama di perjalanan. Oleh karena itu lakukan riset sedetail mungkin, terutama ke destinasi yang akan Kamu kunjungi. Sebab, mungkin saja Kamu akan melewati tempat berbahaya, cuaca yang sewaktu-waktu berubah, dan hal-hal yang bisa menghalangi perjalanan Anda.

Jadi, kenali dengan baik destinasi-destinasi yang akan Kamu datangi. Kamu bisa melihatnya di banyak situs perjalanan. Serta cek juga situs-situs forum perjalanan dan situs yang berisi ulasan dari sesama pejalan. Ada baiknya Kamu juga banyak bertanya pada teman atau kerabat yang pernah mengunjungi daerah-daerah tersebut.

4. Jagalah Kondisi Kesehatan Badan Kamu

Hal terakhir yang Kamu inginkan ketika Kamu berpergian untuk waktu yang cukup lama dan di daerah yang tidak Kamu kenal adalah jatuh sakit. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Kamu menyempaatkan diri untu melakukan medical check-up.

Juga, beberapa pekan atau bulan sebelum bepergian, lakukan beberapa aktivitas olahraga meningkatkan daya tahan tubuh. Cobalah untuk mulai aktif seperti naik-turun tangga, bersepeda ke kantor, dan perbanyak jalan kaki. Serta mulailah mengonsumsi makanan yang bisa menyehatkan tubuh.

5. Bawalah Barang Sesuai Kebutuhan Kamu

Jangan hanya sembarang melempar barang ke dalam tas. Bawalah barang-barang yang Kamu rasa nyaman untuk digunakan dan juga yang cocok untuk destinasi yang dituju saat liburan.

Pergi ke kawasan Timur Tengah? Bawalah baju-baju berbahan ringan yang nyaman dipakai di terik matahari namum dapat menutupi badan Kamu sehingga terkesan sopan. Eropa? Maka bersiap-siaplah untuk memakai baju yang lebih tebal. Bahkan di musim panas pun, di kawasan Eropa bagian utara bisa terbilang sejuk bagi orang Indonesia yang menikmati matahari sepanjang tahun.

6. Carilah Tiket Murah

Bagi Kamu yang tidak memiliki banyak budget pasti hal ini akan sangat penting untuk Kamu. Atur waktu dan atur keuangan Kamu. Jika ada uang sisa, Kamu bisa belikan oleh-oleh bagi orang yang kamu tinggal liburan bukan? Lalu bagaimana cara mencari tiket dengan harga murah? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mencari Tiket Liburan dengan Harga Murah

Pada zaman serba digital seperti saat ini, membeli tiket pesawat secara daring menjadi solusi praktis ketimbang wajib mendatangi langsung agen perjalanan wisata. Di samping tidak ribet, peluang mendapatkan tiket promo juga lebih besar, tergantung pada situs atau layanan daring dari maskapai atau agen perjalanan wisata.

Untuk mendapatkan tiket murah terkadang juga tergantung pada waktu pembelian. Semakin cepat atau jauh-jauh hari sebelum keberangkatan Kamu membeli tiket dari tanggal keberangkatan, kesempatan mendapatkan tiket bertarif murah semakin besar. Lantas kapan waktu membeli terbaik untuk mendapatkan tarif tiket termurah tersebut?

Berdasarkan temuan, Skyscanner, situs yang membahas soal perjalanan, menyimpulkan bahwa peluang mendapatkan tarif tiket termurah semakin besar jika melakukan pemesanan 15-19 minggu sebelum keberangkatan.

Kesimpulan tersebut berdasarkan analisis Kami selama tiga tahun terakhir terhadap data 250 juta harga tiket yang dibeli masyarakat Indonesia. Waktu bervariasi tergantung destinasi yang dikunjungi.

Misalnya untuk bepergian ke Singapura, tiket wajib dipesan 16 minggu sebelumnya. Sedangkan mereka yang mencari destinasi yang jauh seperti USA wajib mempertimbangkan pemesanan 19 minggu sebelumnya agar memperoleh tarif yang terbaik.(zna)