Tana Toraja yang Mistis Tapi Sangat Mempesona

Rating Dong

Destinasi wisata dengan atmosfir tradisi yang kuat memang selalu mengundang kekaguman. Dari rumah hingga upacara adat menjadi pemandangan unik dengan nilai sejarah tinggi. Hal inilah yang dapat dinikmati saat berkunjung ke Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Artikel asli bisa dibaca disini

Kabupaten Tana Toraja memiliki ibukota Makale yang terletak di bagian Utara Provinsi ini. Tana Toraja tentunya merupakan daerah yang menjadi tempat berdomisili suku Toraja.

Suku ini populasinya diperkirakan sekitar 1 juta jiwa, 500.000 di antaranya tinggal di Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Mamasa.

Masyarakat suku Toraja diketahui masih memegang teguh keyakinan dan gaya hidup yang bisa dikatakan mirip dengan budaya yang ada di Nias. Perlu juga dicatat bahwa Tana Toraja menjadi salah satu situs warisan budaya dunia yang terdaftar di UNESCO.

Jika berkunjung ke Tana Toraja, pasti kesan mistis masih sangat terasa. Kesan mistis ini juga diimbangi dengan pemandangan alam yang masih natural.

Tentang Tana Toraja

Untuk mencapai Tana Toraja terdapat dua pilihan yang bisa ditempuh. Menggunakan transportasi udara dan darat. Bagi yang berasal dari luar kota dan menggunakan tarnsportasi udara, biasanya harus transit terlbih dahulu di kota Makassar, di mana terdapat bandara Sultan Hasanuddin. Sedangkan jika menggunakan trasnportasi darat, perjalanan akan dimulai dari Kota Makassar dengan bus antar provinsi, atau bisa saja dengan menyewa kendaraan.


Sesampainya di Tana Toraja Anda akan mendapat banyak pilihan tempat untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya yang menarik adalah berikut ini:

  • Pallawa
    Tongkonan atau rumah adat Pallawa yang berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit sangat menarik untuk dilihat. Rumah adat tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Lokasinya sekitar 12 Km ke arah utara dari Rantepau.
  • Londa
    Kuburan Londa adalah sebutan untuk kuburan pada sisi batu karang terjal. Dan di salah satu sisi dari kuburan tersebut berada di ketinggian dari bukit serta mempunyai gua yang dalam. Di dalam gua itu terdapat peti-peti mayat yang di atur dan di kelompokkan berdasarkan garis keluarga.
  • Batu Tumonga
    Di kawasan ini anda dapat melihat sekitar 56 batu menhir dalam satu lingkaran dengan empat pohon di bagian tengahnya. Rata-rata batu menhir itu memiliki ketinggian sekitar dua sampai tiga meter. Dan dari sini Anda juga dapat melihat keindahan Rantepau beserta lembah sekitarnya.
  • Lemo
    Di daerah ini terdapat sebuah kuburan yang dibuat di bukit batu yang dinamai Lemo, karena bentuknya bulat menyerupai buah limau. Ada sekitar 75 lubang kuburan, yang mana tiap-tiap lubang tersebut merupakan kuburan dari satu keluarga. Letaknya cukup tinggi, hingga belasan meter. Mayat dimasukkan ke dalam lubang tersebut dengan menggunakan tangga atau juga dengan cara ditarik menggunakan tali. Lalu di dinding-dinding tebing berderet terdapat Tau-Tau atau patung orang yang sudah wafat. Patung-patung ini berjumlah sekitar 40 buah yang keberadaannya menunjukkan bahwa kuburan ini merupakan kuburan orang-orang kaya.
  • Ke’te Kesu
    Di lokasi ini banyak terdapat deretan Tongkonan (rumha adat) dengan bentuk atap mirip pelana. Atap ini terbuat dari bambu yang dibelah dan tersusun bertumpuk. Adapun sebenarnya Tongkonan mempunyai jenis yang berbeda – beda sesuai derajat kebangsawanan pemiliknya. Di Ke’te Kesu bisa juga ditemui para pengrajin ukiran bambu dan berbagai macam kerajinan lain.
  • Suaya, Makam Raja-raja Sangalla
    Makam ini letaknya berada di salah satu sisi bukit di Sangalla. Tampak makam ini dipahat sebagai tempat beristirahat tujuh raja dan keluarga kerajaan Sangalla. Tangga batu juga tersedia di sini yang dapat digunakan untuk naik ke bukit dimana raja dikala hidupnya menggunakannya untuk bersepi-sepi.
  • Makula
    Letaknya di Sangalla, sebelah Selatan Rantepao. DI sini terdapat mata air panas yang telah diolah menjadi obyek wisata menarik. Di Makula sangat nyaman jika Anda ingin mencoba mandi air panas alam di tengah suhu Toraja yang dingin.
Visit Us

Male Indonesia

Publisher at Male Indonesia
Male Indonesia adalah media lifestyle pria nomer satu di Indonesia, banyak konten menarik yang cocok untuk para malenials loh.
Visit Us

Latest posts by Male Indonesia (see all)