Sensasi Kepiting Pulau Lepar Bangka Belitung

Keindahan alam Pulau Lepar, Bangka Belitung, Indonesia
Keindahan alam Pulau Lepar, Bangka Belitung, Indonesia

Zingga Nusantara – Pulau Lepar yang berada di ujung timur Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung memiliki potensi kekayaan laut yang beraneka ragam. Salah satunya adalah kepiting laut yang sudah dikembangkan menjadi komoditas ekspor ke berbagai negara.

Pulau berpenduduk sekitar 7.000 jiwa ini sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan memang sudah sejak lama terkenal sebagai salah satu daerah pemasok ikan dan kepiting laut.

Hasil laut dari Pulau Lepar sejak lama menyuplai kebutuhan di daratan Pulau Bangka, Belitung dan Pulau Jawa dengan komoditas yang paling terkenal adalah kepiting kupas atau daging kepiting. Pulau ini terbagi menjadi 4 desa yakni Desa Tanjung Labu, Tanjung Sangkar, Penutuk dan Kumbung.

Terdapat puluhan sentra pengolahan daging kepiting berskala industri rumah tangga yang ditampung oleh beberapa perusahaan untuk kemudian diekspor ke luar negeri. Rata-rata setiap hari sebuah home industry pengolahan daging kepiting ini mampu memproduksi 20 hingga 30 kilogram per hari dengan tenaga kerja 5 hingga 7 orang.

Kepiting Siap Masak
Kepiting Siap Masak

“Laki-laki turun ke laut mencari kepiting. Kami tinggal mengolahnya di rumah,” ujar Kana, seorang ibu rumah tangga, penjual kepiting kupas. Dalam pengolahannya kepiting dipisahkan dari cangkangnya kemudian dipilah-pilah per bagian untuk selanjutnya dikemas dengan berat tertentu.

Setiap hari hasil produksi yang dihasilkan industri rumahan ini diambil oleh perusahaan pengekspor dengan harga Rp 30.000 per kilogram.

Dan khusus untuk telur kepiting ditampung oleh industri rumahan lain guna diolah menjadi penganan seperti kerupuk telur kepiting dan sebagainya.

(zna)