Sate Maranggi Sudah Mendunia

Sate Maranggi

Zingga Nusantara – Sate Maranggi adalah makanan khas Purwakarta, Jawa Barat. Kenikmatan Sate Maranggi sudah mendunia, dan ternyata Sate Maranggi ada beberapa jenis.

Pertama, Maranggi Plered atau yang berkembang di Kecamatan Plered. Ukuran daging Maranggi Plered agak kecil. Bumbu yang digunakan hanya kecap. Saat disantap, sate ini dilengkapi dengan nasi, bumbu kecap, cabai rawit, dan garam.

Kedua, Sate Maranggi Cikubang-Wanayasa. Jenisnya hampir mirip dengan Plered. Hanya, bentuk daging sate ini lebih kecil dan tidak memasukkan bagian lemak.

Ketiga, yang terkenal di mana-mana adalah Maranggi Cibungur. Ukuran sate maranggi ini lebih besar, tidak memasukkan bagian lemak.

Keempat, adalah Maranggi Bojong yang biasanya bisa diperoleh di tukang pikul. Berbeda dengan maranggi lain yang menggunakan nasi, Bojong menggunakan ketan bakar yang ditambah oncom.

Kelima, adalah Maranggi Pasawahan.

Suasana Sate maranggi Cibungur di Purwakarta

Meski memiliki ciri khas, namun cara memasaknya memiliki standar yang sama. Yakni, daging segar dicampur daun pepaya agar empuk. Setelah itu dipotong, ditusuk, dibakar, dan diberi bumbu yang sederhana, namun nikmat di lidah.

Saat ini makanan kebanggaan Purwakarta itu sudah mendunia. Di Purwakarta sendiri, ada sekitar 1.000 pedagang Sate Maranggi.

Jumlah tersebut belum termasuk pemasok bahan sate maranggi. Seperti daging sapi, daging kambing, daging ayam, gula, garam, tusuk bambu, cabai rawit, beras, daun pisang, dan lainnya.

(zna)