Replika Surga di Pantai Watu Lawang Gunung Kidul

Pantai Watu Lawan Sudah Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan Sejak 2012
Pantai Watu Lawan Sudah Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan Sejak 2012

Zingga Nusantara – Banyak orang yang berwisata di Gunungkidul, dan yang paling terkenal adalah pantainya. Salah satu yang terbaik adalah Pantai Watu Lawang. Mungkin butuh waktu berhari – hari agar bisa mengunjungi semuanya, tetapi untuk tempat yang satu ini kalian wajib mampir karena banyak orang yang bilang ini adalah replika dari surga, walaupun kita tidak pernah tahu surga itu seperti apa.

Lokasi Pantai Watu lawang atau Pantai Goa Watu lawang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Asal muasalnya Pantai Watu Lawang di ambil arti dalam bahasa jawa, Kata Watu yang berarti Batu dan Kata Lawang berarti Pintu, di Pantai Watu Lawang ini sendiri bisa kita jumpai goa batu lawang yang di gunakan oleh penduduk setempat untuk melakukan upacara Nyadran “upacara di bulan Sya’ban pada kalender Hijriyah”.

Pantai Watu Lawang Yang Indah
Pantai Watu Lawang Yang Indah

Goa Batu ini dipercaya sebagai jejak tilas Prabu Brawijaya VI. Di depan goa ini terdapat batu yang berbentuk seperti pintu dan hanya bisa di lewati pada saat peringatan upacara tersebut.

Pantai Watu lawang menawarkan sejuta keindahan pemandangannya yang berupa bebatuan karang dengan kolaborasi pasir putihnya.

BACA JUGA : Pantai Klakar yang Tersembunyi di Gunung Kidul

Pantai ini diapit oleh dua pantai yang sudah terkenal lebih dahulu, yaitu di sebelah Barat yakni  Pantai Indrayanti  dan di sebelah Timur adalah Pantai Pok Tunggal.

Flying Fox di Pantai Watu Lawang, Menggoda Adrenaline
Flying Fox di Pantai Watu Lawang, Menggoda Adrenaline

Anda akan Menemukan hamparan pantai berpasir putih di antara bukit karang yang menjulang bagai menemukan sebuah surga yang tersembunyi.

Pantai Goa Watu Lawang, menyajikan pemandangan pantai yang sepi  dari pengunjung dengan nuansa yang asri, eksotis dan alamai.

Pantai Watu Lawang ini masih relatif sepi walaupun di sekitarnya terdapat pantai ternama namun Pantai ini belum banyak di kunjungi wisatawan pada hari hari biasa.

Pantai Watu Lawang ini memiliki dua hamparan pasir yang di pisahkan oleh batu karang yang besar.

Dan di sisi sebelah kanan cenderung memiliki pasirannya tidak terlalu luas sedangkan yang di sisi kiri lebih memanjang sehingga bisa untuk bermain-main di Pantai ini dengan hamparan pasir yang sangat lembut di iringi oleh deburan ombak.

Pesisi Pantai Watu Lawang
Pesisi Pantai Watu Lawang

Di Pantai Watu Lawang kita bisa mendapati cekungan-cekungan batu karang yang hanya bisa di jumpai di pantai ini saja.

Kita saat bermain air tidak perlu sampai ketengah hanya cukup dengan memanfaatkan cekungan ini dan di cekungan tersebut terdapat ikan-ikan kecil yang bisa di tangkap dengan tangan kosong.

Pantai ini juga bisa di gunakan untuk aktivitas camping karena memiliki dataran yang bisa di manfaatkan untuk mendirikan tenda, untuk peralatan camping sendiri perlu di persiapkan dan dibawa sendiri karena disini tidak ada tempat persewaan.

Pantai ini juga sangat pas ketika Anda membutuhkan ketenangan ketika Anda sedang sibuk dengan rutinitas kerja Anda maka kalau ingin fresh kembali fikiran Anda silahkan datang ke pantai ini karena masih belum ramai oleh wisatawan.

Di panti ini juga bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang indah dan terdapat gardu pandang yang dapat dipergunakan wisatawan untuk menikmati pemandangan laut lepas dari ketinggian, ada juga gazebo yang cocok di gunakan ketika bersantai di tempat ini, untuk penjual makanan dan mck sudah tersedia di pantai ini.

(zna)