Perbedaan Yang Menyempurnakan Cinta

tmb029

Zingga Nusantara – Pernah mendengar kutipan seperti judul di atas? Mungkin banyak orang yang masih mempercayai bahwa perbedaan yang menyangkut cinta dan agama akan menimbulkan masalah atau konflik baik internal maupun dari eksternal diri. Untuk kita yang tinggal di negara yang kaya akan budaya dan agama yang ragam, mungkin agak sedikit menghambat kelancaran hubungan. Memang benar, seharusnya kita sangat berbangga dengan keanekaragaman yang dimiliki oleh Indonesia. Tetapi, masih banyak sekali yang menganggap perbedaan tidak bisa menyatukan cinta.

Yang paling utama dan sangat sensitif terntunya agama. Agama atau kepercayaan sampai sekarang ini masih menjadi konflik yang tidak ada solusi pemecahan. Dengan adanya perbedaan maka tidak akan ada persatuan. Dalam konteks ini adalah cinta dan juga perasaan. Memang benar, dengan adanya perbedaan, maka akan sulit melakukan sesutau yang tidak biasa kita lakukan. Tetapi justru itulah titik masalah yang menarik perhatian bagi Zingga Nusantara.

Apakah ada solusi untuk hal yang satu ini? Tentu saja ada. Tidak sedikit juga kok yang menjalani hubungan dengan perbedaan agama. Tidak Mulus. Ya. Tentu saja tidak semulus mereka yang memiliki kesamaan kepercayaan. Pada intinya kita sesama umat manusia yang memiliki perasaan dan cinta. Hal seperti ini harus kita kembalikan pada diri sendiri dan bagaimana diri kita meyakinkan orang orang yang sangat berpengaruh di sekitar kita.

Tentu saja dengan pendekatan – pendekatan yang menimbulkan hal – hal positif. Tentu saja dengan meyakinkan kedua belah pihak. Masih banyak hal positif yang didapatkan dengan adanya perbedaan ini. Banyak sekali ilmu yang bisa dibagi dan dijalani berdua agar tahu dengan lingkungan secara mayoritas dan minoritas sehingga kita tahu berperilaku apabila berada di luar sana.

Bhineka Tunggal Ika. Berbeda beda tetapi tetap satu. Itulah Indonesia. Banyak sekali memang kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Tetapi apakah perbedaan budaya bisa mempengaruhi jalannya suatu hubungan? Tergantung dari sudut pandang tentunya. Setiap manusia pasti punya pandangan masing – masing soal perbedaan budaya, dan efek kedepannya. Masih banyak paham yang meng-amin-kan bahwa dengan budaya yang sama, maka akan mudah menjalani semuanya karena kita sudah tau asal usul dan adat istiadat dari nenek moyang kita.

Untuk hal yang satu ini memang issue nya tidak terlalu gencar dibandingkan dengan yang satu lagi. Untuk itulah sebelum semuanya berjalan dan terjadi, banyak sekali omongan yang harus dibicarakan sebelum “sah”. Nego – nego yang terjadi justru membuat semuanya berjalan dengan baik walaupun ada beberapa yang mendapatkan efek positif dan juga efek negatif. Tetapi kita yang sudah dewasa seharusnya sudah paham dan mengerti persoalan yang seperti ini. Dengan berfikir dewasa seharusnya kita bisa meyakinkan bahwa perbedaan kebudayaan justru akan memperkaya kebudayaan yang dimiliki oleh satu garis keturunan yang akan diturunkan berikutnya.

Pada intinya, Zingga Nusantara ingin terus berbagi cerita dan pengalaman dalam menghadapi perbedaan. Cinta memang terkadang terasa ironis apabila semua sudah campur aduk dari soal hati, perasaan, lingkungan, dan juga keluarga. Perbedaan seharusnya menjadi sesuatu yang membuat kita menjadi kaya. Kaya dalam hal ini yaitu budaya dan ilmu yang kita dapat. Justru perbedaan yang membuat CINTA menjadi sangat SEMPURNA untuk kita jalani.

(zna)