Patung Bunda Maria Vatikan di Indonesia

Patung Bunda Maria dari Vatikan di Kabupaten soppeng
Patung Bunda Maria dari Vatikan di Kabupaten soppeng

Zingga Nusantara – Kabupaten Soppeng, terletak di Sulawesi Selatan, memang memiliki banyak keunikan. Selain alam, turis juga bisa berwisata religi. Salah satu wisata religi pentolan Kabupaten Soppeng adalah Patung Bunda Maria Pieta

Pastor setempat yaitu Pastor Imanuel Asi menyebutkan, patung tersebut didatangkan langsung dari Vatikan pada masa kolonial Belanda. Keberadaan patung tersebut di Soppeng adalah hal yang tidak disengaja.

“Sebenarnya bangsa kolonial itu ingin menyebarkan agama Katolik di Bandung, tapi karena waktu itu Soppeng menjadi salah satu yang teraman dan damai, disembunyikanlah di sini. Sampai akhirnya Indonesia merdeka, patung itu tetap di sini,” ujar Pastor Asi’ kepada Kami, Kamis (24/11/2016).

Berada di Jalan Samudera No 48, Watansoppeng, patung ini terletak di kompleks  Gereja Katolik Paroki Santa Perawan Maria Bunda Pengharapan Suci Soppeng. Jarak tempuhnya sekitar 20 menit dari pusat kota.

Patung Bunda Maria di Kabupaten soppeng
Patung Bunda Maria di Kabupaten soppeng

Adalah Pastor Leo Blot, CICM yang membawa patung tersebut dan menyembunyikannya di Soppeng. Ia merupakan anggota militer Belanda, sekaligus orang pertama yang diangkat jadi pastor di gereja tersebut.

Menurutnya, patung ini berbeda. Patung pieta sendiri mengisahkan sosok Bunda Maria yang memangku jenazah anaknya, yaitu Yesus Kristus yang telah mati disalib. Hal tersebut merupakan pengorbanan yang sangat besar.

Keunikan tersebut membuat ribuan umat Katolik berbondong-bondong datang sepanjang bulan Mei yang diperingati sebagai bulan Mariam, dan Oktober sebagai bulan Rosario. Warga sekitar yang berasal dari berbagai agama pun membantu menyediakan makanan hingga homestay bagi wisatawan.(zna)