Bagaimana Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat ?

Menurunkan berat badan adalah impian bagi semua orang yang over. Foto by Bagaimana.co
Menurunkan berat badan adalah impian bagi semua orang yang over. Foto by Bagaimana.co

Zingga Nusantara – Mau mencoba menguruskan berat badan secara cepat salah satunya dengan pergi ke tempat fitnes, tetapi problemnya adalah cepat bosan, padahal TV di raumah Anda biasanya sudah diarahkan didepan alat tridmill.

Mungkin Anda sempat berpikir untuk beli alat-alat penurun badan yang sering iklan di TV, tapi setelah review ke teman yang sudah beli berbahai alat-alat ternyata tidak berpengaruh. Pada saat itu sempat galau masalah berat badan, akhirnya dibiarkan tapi lama-kelamaan berat makin naik.

Berikut ini kitaakan bahas tips bagaimana menurunkan berat badan kilat 12-15 kg dalam 3 bulan atau rata-rata 3 – 4k g dalam 1 bulan

Tips 1. Kurangi Porsi Makan Besar. Cukup Sekali Makan Besar.
Prinsip pengurusan adalah jumlah kalori yang masuk ke tubuh harus lebih kecil dari kalori yang digunakan tubuh kita. Penyebab kita gendut adalah karena kita kelebihan kalori kemudian kalori disimpan (ditimbun) dalam bentuk lemak terutama diperut (visceral fat). Makanya orang gendut pasti buncit perutnya. Selain itu visceral fat juga berada di pantat dan paha.

Kebutuhan kalori normal sekitar 1500-2000kal. Sekali makan besar asumsi 600-800kal. Jadi Prinsip awal untuk pengurusan badan cukup sekali makan besar saja.

Mungkin salah satu makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa diganti makanan rendah kalori misal sayur dan buah. Sebaiknya sewaktu makan pagi dan makan malam jangan mengkonsumsi nasi.

Nasi putih itu kalori tinggi sekitar 300-400 kal. Siang biarkan makan normal, sebagai energi sore sampai dengan malam. Yang sering tidak sarapan pagi, pasti lebih terasa ringan.  Jika terpaksa ingin makan nasi usahakan maksimal 6 sendok makan.

Dan kalau bisa konsumsi buah dan sayur, seratnya tinggi bikin kita kenyang lebih lama. Kalau mau nasi merah itu kandungan serat tinggi. Yang rendah karbohidrat rendah kalori bisa menggunakan kentang yang hanya 80 kal.

Jika tidak mau ribet bikin sayur dan buah/jus bisa pake nutrisi untuk program diet/penurunan badan.

Mungkin dulu bisa dengan cara manual membuat jus dll, tp cobalah menggunakan herbalife yang lebih praktis. Keuntungan adalah praktis dan kandungan gizinya udah diatur sehingga lebih sehat. Selain itu, satu shake itu hanya 80 kal atau setara 10% kalau kita makan normal.

Kalau mau bikin sendiri makanannya harus bener-bener pilih makanan yang rendah kalori. Kadang susah kita mengukur kalori yang kita makan.

Dua buah roti tawar gandum saja sudah 140 kal belum selai, mentega dll. Bisa aja kalorinya jadi tinggi. Jatuhnya biaya pun juga relatif sama saja antara bikin-bikin sendiri dibandingkan dengan menggunakan shake.

Dengan sehari menghilangkan makan biasa dua kali makan setara kehilangan 1500 kal. Nah dengan seperti itu tubuh yang membutuhkan kalori akan menggunakan lemak untuk dibakar sebagai kalori/energi.

Dengan lemak makin berkurang maka berat juga berkurang. Cara ini adalah yang paling utama perlu dilakukan. Karena Tips Pola sekali makan besar, dua kali makan rendah kalori efeknya paling terbesar dari program penurunan berat badan 3-4 kg dalam 1 bulan.

Tips 2. Coba ganti ke makanan rendah Kalori.
Sebisa mungkin makanan kita ganti yang rendah kalori. Misal gula, gunakan tropicana slim, diabetasol yang lima kalori bahkan nol kalori. Misal roti tawar cari roti gandum. Selainya yang rendah kalori, ada dari tropicana slim. Sekarang sudah banyak tersedia di swalayan. Penting juga kurangi minum manis.

Minum manis sekali saja yaitu pada saat makan besar.  Hati-hati minum ketika makan besar. Satu milkshake itu bisa mencapai 350-400 kal. Bayangkan makan kita 700 kal, maka sekali makan bisa 1000 kalori lebih. Sebaiknya waktu beli cemilan di minimarket/swalayan perhatikan tulisan kalori per sajian.

Tips 3. Kurangi makanan berlemak perbanyak makan lemak tidak jenuh.
Lemak jenuh susah diurai dalam tubuh dan mudah disimpan. Ini membuat kita menjadi gemuk.

Daging, gorengan, jeroan, dll. Sementara hindari dulu. Malah perbanyak makan lawannya lemak tidak jenuh seperti kedelai, dia mengandung lemak baik yang melawan lemak jahat. Akhirnya bisa mengurai lemak supaya tidak masuk ke dalam tubuh. Contoh makan kedelai rebus, tahu, tempe.

Harus hati-hati pula memahami makanan. Ada makanan berkalori tinggi tetapi kolesterol rendah & sebaliknya.

Dalam gram yang sama, ayam kolesterol lebih rendah dibanding kambing/sapi tetapi kalorinya jauh lebih besar. Oleh karena itu upayakan makan yang kalori dan kolesterol rendah, contoh sayuran dan ikan-ikanan.

Sebuah telur ayam putihnya sangat sehat tdk mengandung kolesterol, tetapi kuningnya kolesterol tinggi. Satu telur ayam puyuh itu setara dengan 6-8 telor ayam . Pada umumnya yang berkolestol tinggi juga berkalori tinggi.

Tips 4. Kurangi Cemilan dan Ganti Cemilan Sehat
Tanpa kita sadar banyak cemilan yang berkalori tinggi. Satu kacang itu mengandung 5 kalori.

Bayangkan saja jika kita ngemil satu bungkus. Sekarang ada juga cemilan yang untuk diet, dia rendah kalori biasanya terbuat dari kedelai.

Kalau mulut susah diatur coba deh cemilan nya buah-buahan. Sediain buah2an seperti apel, belimbing, dll atau yang disukai. Hindari buah-buahan berlemak seperti Durian.

Tips 5. Disempatkan Olahraga Teratur
Usahakan setiap hari bisa melakukan aktifitas olahraga, mengeluarkan keringat. Minimal 15 menit, ideal 30 menit. Karena setelah 30 menit tubuh akan membakar lemak di bawah kulit dan dalam tubuh. J

ogging dan sepeda 30 menit setara 300-400 kalori. Jika kita lakukan 1 jam cukup lumayan bisa 600-800 kalori setara membakar kalori sekali kita makan. Olahraga lain untuk membantu pengecilan perut misal sit up.

Jika mau ekstrim, mungkin bisa 50%. Tetapi dengan kesibukan kita paling tidak luangkan 15-30 menit di pagi/malam hari.

Apabila kamu rutin sepeda meski tidak tiap hari, minimal tiga kali dalam seminggu 30-40 menit selama 4 bulan, Anda bisa menjaga stamina dan daya tahan tubuh lebih oke. Tidak pernah terkena flu padahal biasanya mudah kena sakit. Olahraga selain membakar lemak bikin kita bugar dan daya tahan tubuh meningkat,

Tips 6. Perbanyak Minum air putih
Kalau dalam program diet konsumsi air putih harus terjaga. Usahakan 8-10 gelas per hari. Air putih berfungsi untuk meluruhkan lemak didalam usus2 kita. Selain itu baik untuk kesehatan ginjal dan keseimbangan tubuh.

Tips 7. Jika Berat Sudah ideal maka Pertahankan.
Jika kita udah mencapai target berat ideal. Pertahankan, caranya mudah. Jika menguruskan itu sekali makan besar. Kalau mempertahankan cukup dua kali makan besar, dan satu kali diganti dengan makanan rendah kalori, misalkan shake atau sayur dan buah.

Tips 8. Lakukan dengan Cara Sehat / Perhatikan Nutrisi.
Menurunkan berat badan merupakan proses jangka panjang bukan jangka pendek beberapa hari saja.

Jadi selama kita turun harus tetap sehat. Oleh karena itu perhatiin nutrisi yang kita makan. Jangan asal mengurangi jumlah makan pdhl asupan penggantinya nutrisinya kurang. Kalori boleh berkurang, akan tetapi nutrisi dan gizi harus tetap terjaga.

Tips 9. Upayakan Lingkungan Mendukung
Jika berkeluarga ya minta bantuan istri untuk menyiapkan makanan yang sehat, rendah kalori.

Jangan malah diberikan makanan berlemak atau ditraktir terus, karena Anda sedang program penurunan berat badan. Harus tahan godaan juga jika disekitar banyak godaan mulut.

Tips 10. Niat hidup sehat & disiplin menjalankan pola hidup sehat.
Semua ini harus berawal dari niat. Berat ideal adalah efek dari hidup sehat. Awas bahaya obesitas karena menjadi faktor utama : Stroke, diabetes, kolesterol, jantung, impoten dan penyakit bahaya lainnya.

Untuk yang badan gemuk, segera kembalikan tubuh Anda ke berat ideal. Kasihan tubuh kita. Mau turun 10kg, 20kg, 30kg, 50kg itu mungkin dan bukan hal yang sulit sebenernya.

Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu Anda dalam mencapai target penurunan berat badan dan tetap menjaga kebugaran tubuh kita.
(zna)