Mengoptimalkan Bisnis dengan Menggunakan Desktop

Pengguna internet di Indonesia lebih banyak dari mobilesite, tapi untuk optimasi bisnis lebih mudah menggunakan desktop.

Zingga Nusantara – Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi saat ini jauh berkembang dibanding dulu. Walaupun perkembangan teknologi sekarang sudah mengarah ke mobile site (gadget) namun tidak ada salahnya mengoptimalkan bisnis menggunakan desktop.

Meskipun produk bisnis telah anda buat dan website sudah siap pakai, tetapi semua itu tidak akan ada gunanya dan tidak akan menghasilkan profit tanpa anda melakukan marketing atau pemasaran produk.

Kali ini kami akan bahas sedikit mengenai pengoptimalan bisnis dengan menggunakan desktop, diantaranya :

1. Sering Mengupdate Website
Dalam strategi pemasaran anda perlu memahami kebutuhan calon pengunjung. Pahami apa saja yang mereka inginkan. Ikutilah trend atau jadilah trend setter agar apa yang Anda tawarkan selalu segar.

Begitu pula dalam mengelola website pemasaran. Update website Anda dengan beragam content yang bermanfaat bagi pengunjung.

Usahakan selalu memposting secara teratur. Anggaplah kegiatan itu seperti mempercantik atau mendandani rumah Anda setiap harinya. Pasti kalau rumah Anda bersih dan rapi, banyak yang mau berkunjung ke rumah Anda.

2. Bergabung dengan forum dan newsgroup
Apabila anda merupakan pemain bisni online pemula. Anda perlu aktif menunjukkan keberadaan anda serta website anda kepada orang lain.

Disana anda bisa memasang iklan atau menulis artikel tertentu yang berkenaan dengan tema yang anda jadikan produk. Salah satunya anda bisa gabung di forum atau newsgroup

3. Kirim Email Promosi
Ajaklah orang-orang mengunjungi situs kita melalui pesan pesan e-mail. Jangan melakukan spam. Artinya, tidak mengirim bulk email yang mengajak tanpa permisi ke orang-orang yang tidak memiliki hubungan dengan kita. Kirim pesan hanya ke user atau member kita, atau orang yang kita kenal. Sediakan layanan newsletter atau mailing list sehingga orang dapat dengan mudah.

4. Menggunakan Jasa Iklan Mini Atau Iklan Baris
Sarana yang paling sering digunakan oleh para pebisnis online adalah iklan mini. Di internet Indonesia, jasa iklan mini menduduki posisi nomor satu dalam dunia marketing. Iklan mini mampu mempermudah promosi dan pemasaran produk anda.

5. Tampilkan Identitas dan Bisnis Kita
Jangan bergerilya. Jadilah pejantan sejati. Agar orang-orang dapat terbantu mengetahui siapa, di mana, dan bagaimana mengontak kita:

Pastikan untuk menulis alamat e-mail, alamat kantor, kode pos, dan nomor telepon dari perusahaan kita. Umumnya dimuat pada halaman Contact Us. Jika mungkin, masukkan identitas kita pada tag title. Cantumkan juga alamat email pada seksi footer dari setiap halaman.

6. Gunakan “Signature” di Program E-mail
Untuk membantu pelanggan/user potensial tetap berhubungan dengan kita, kebanyakan program e-mail Outlook menyediakan fasilitas untuk membuat tanda tangan digital (digital signature) yang akan muncul di akhir setiap pesan yang kita kirim.

Batasi sampai 6 atau 8 baris yang memuat nama perusahaan, alamat, nomor telepon,URL, alamat e-mail, dan kata-kata yang menggambarkan penawaran bisnis kita.

7. Membangun Komunitas Mailing List
Mailing list merupakan sarana bagi sebuah komunitas untuk saling berkirim pesan email secara massal.

Sebuah pesan email dikirim seorang anggota ke banyak anggota lainnya sekaligus. Biasanya membicarakan topik-topik dalam satu ketertarikan. Mailing list bisa berjalan satu arah atau dua arah, bisa juga keanggotaannya tertutup atau terbuka/publik.

Sebuah grup mailing list yang besar bisa memiliki ribuan anggota(subscriber). Ikatan mahasiswa/alumni kampus-kampus biasanya memiliki jaringanmailing list yang terbuka.

Karena kemampuannya yang dapat mem-publish pesan ke banyak orang, kita bisamemanfaatkan mailing list sebagai sarana mempublikasikan alamat website. Oleh karena itu,

Pastikan kita bergabung dengan beberapa komunitas mailing list populer dan selalu cantumkan alamat website pada setiap catatan akhir pesan kita.

Selalu aktif berkirim pesan dan berusaha melemparkan topik lebih lanjut ke artikel/produk dalam website kita.

8. Berpromosi via Online Chat & Messenger
Satu teknik lainnya untuk memperkenalkan website kita secara online adalah melalui aplikasi-aplikasi online chat dan messenger. Social media sekarang sudah menyediakan fitur khusus yang bisa mendeteksi orang-orang yang ada disekitar kita tanpa kita mnegenalnya terlebih dahulu.

Khusus yang sudah punya toko online, Line sudah menyiapkan platform Line@ untuk memaksimalkan penjualan dan fokus dengan brand yang kita jual.

(zna)