Menarik ! Soto Dicampur dengan Taucho

Soto Tauto(taucho) Pekalongan dari ibu Bawon yang sudah terkenal di kalangan kulineresia
Soto Tauto(taucho) Pekalongan dari ibu Bawon yang sudah terkenal di kalangan kulineresia

Zingga Nusantara – Ketika soto sudah mainstream, ada tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) yakni soto dengan kuah yang dimasak dengan campuran tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho). tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) adalah makanan khas daerah Pekalongan, Jawa Tengah. Tak sulit mendapatkan tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) di sentra batik ini.

Salah satu rumah makan di Daerah Pekalongan yang terkenal akan hidangan tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) adalah tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) PPIP Bu Bawon. Lokasinya terletak di Jalan KH Wahid Hasyim Nomor 21-23, Noyontaan, Pekalongan.

Letak Soto Tauto di Pekalongan
Letak Soto Tauto di Pekalongan

Letaknya berada di pusat kota Pekalongan, tepatnya di ujung toko suvenir. Jika berkunjung ke tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) PPIP Bu Bawon, Kamu akan mendapati rumah makan sederhana yang bangunannya hanya ditutupi tenda. Akan Tetapi demikian, rasa tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) di rumah makan ini jangan diragukan.

“Ini yang pertama jual bapak saya, dari tahun 70an. Dulu pakai daging kerbau, tapi sekarang sudah pakai daging sapi. Susah cari kerbaunya,” ungkap Soleha, generasi kedua penerus tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) PPIB Bu Bawon.

Tanpa ragu, saya langsung memesan tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) daging sapi meski ada pilihan lainnya yakni tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) daging ayam. Kuah tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) berwarna coklat. Sekali seruput, menyeruak rasa asam yang segar di mulut.

Rasa asam ini timbul dari tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) atau kacang kedelai yang telah difermentasikan. Sensasi makan tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) memberi pengalaman rasa yang unik. Sebab selama ini tak ada makanan yang memiliki rasa mirip tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) yang manis, asam, dan gurih.

Daging sapi tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) PPIB Bu Bawon ini juga sangat empuk. “Ini dimasaknya pakai kayu bakar, tiga jam lamanya,” kata Soleha. Tak heran jika daging begitu empuk dan menyerap bumbu kuah tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho).

tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) mantap disantap selagi panas dengan nasi putih hangat sebagai penyeimbang rasanya yang kuat. Satu mangkuk tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) di rumah makan tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) PPIP Bu Bawon, dibanderol harga Rp 20.000.

Rumah makan ini buka dari pukul sembilan pagi sampai setengah lima sore, sampai tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) habis. Jangan lewatkan tauto(orang sering menyebutnya dengan taucho) saat Kamu mampir ke Pekalongan, rasanya begitu lezat dan patut untuk dicoba.(zna)