Kamu Masih Jomblo? Mungkin Ini Penyebabnya

Meme Jomblo yang Sering Digunakan untuk Ngecengin Temen
Meme Jomblo yang Sering Digunakan untuk Ngecengin Temen

Zingga Nusantara Jomblo memang bukan hal yang menyedihkan. Namun bagi beberapa kalangan, melihat rekan yang memiliki pasangan dan menghabiskan waktu berdua adalah hal menyakitkan. Berbagai alasan Kamu utarakan untuk mencari alasan kenapa sampai sekarang Kamu masih jomblo atau single, mulai dari “gue jomblo berkualitas”, “gue sekali pacaran maunya langsung merit”, atau “gue masih belum bisa move on” dan lain sebagainya.

Bagi Kamu yang sudah pernah merasakan indahnya punya pasangan, namun masih jomblo, mungkin bisa menjadikan masa lalu sebagai guru untuk kehidupan yang layak. Lalu apabila sampai sekarang ini belum pernah merasakan rasanya pacaran, atau bahkan selama ini hanya memiliki rasa suka namun tak bisa diungkapkan, Kamu harus coba instrospeksi diri.

Punya pacara memang bisa menimbulkan efek positif bagi kehidupan sosial Kamu, namun tak menutup kemungkinan juga bahwa ada efek negatif yang bisa ditimbulkan dari pacaran itu sendiri, namun sesungguhnya itu kembali ke personal masing-masing bagaimana menjalani hubungannya.

Contoh hal positif yang bisa Kamu ambil misalnya saja, Kamu bisa menjadikan pasangan Kamu sebagai inspirasi, atau teman nonton film, ngobrol, sharing, dan lain sebagainya. Hal tersebut memang terlihat menyenangkan jika dilakukan dengan baik. Namun, namanya manusia, tak bisa luput dari dosa dan tak ada yang namanya sempurna, dan akan ada masanya Kamu menemukan titik jenuh menjalani hubungan. Hal tersebut yang harusnya Kamu bumbui dengan hal yang baru, namun jika pasangan sudah terlanjur jenuh, apa ada jaminan keduanya bisa menjalani hal itu dengan baik dan stabil?

Nah Kali ini, akan kami bahas sedikit mengenai “apa sih sesungguhnya penyebab Kamu masih single ataupun jomblo?”. Hal ini seharusnya tidak ada di dalam diri Kamu tentunya, tapi Kamu wajib tau ya.

1. Kamu Terlalu Banyak Milih

Sifat ini paling banyak dimiliki oleh orang-orang yang merasa dirinya berada di level yang tinggi, jadi Ia juga harus memiliki pasangan yang high juga. Namun jika tak kunjung memiliki pasangan, suatu saat pemikira seperti ini akan hilang begitu saja. Pada intinya seharusnya kita memiliki dasar pemikiran yang umum, intinya yang penting pasangan kita harus mau menerima kita apa adanya, yang nyambung diajak ngobrol, itu sebenarnya sudah menjadi standar mencari pasangan. Soal kecantikan atau ketampanan, itu hanyalah bonus tentunya.

2. Kamu Sibuk Dengan Duniamu Sendiri

Hal ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di dunia bisnis, ataupun industri kreatif. Memiliki dunia sendiri memang bisa membuat kita menjadi lupa akan segala hal, terutama pasangan. Waktu tidak akan terasa, lambat laun umur semakin bertambah, dan apabila kita masih terus sibuk dengan dunia kita sendiri, maka problematika semacam ini tak akan pernah berhenti menghampiri diri Kamu.

3. Terjebak di Zona Nyaman Para Jomblo

Banyak sebagian pria dan wanita lebih nyaman sendiri. Alasannya bermacam-macam. Ada yang mengatakan sendiri lebih baik dari segi perasaan, ekonomi, dan sosial. Perasaan biasanya adalah orang-orang yang belum bisa move on ataupun masih belum bisa move on dari masa lalu yang sangat kejam. Dari ekonomi, biasanya sendiri menjadi hal yang biasa, dan tentunya uang akan menjadi pemeran utama di kasus ini.

Dengan single atau jomblo, uang akan tersimpan lebih dan kita bisa pergunakan untuk hal yang lainnya, misalkan bisnis. hal seperti ini akan kembali ke poin nomer 2, yaitu sibuk dengan dunia Kamu sendiri. Dari segi sosial, dengan sendiri Kamu tidak perlu ijin ke pasangan untuk pergi dengan teman-teman dekat Kamu. Atau untuk Kamu yang hobi Traveling, kalian tidak akan diribetkan oleh pasangan kalian yang biasanya menceramahi Kamu.

4. Banyaknya Kebiasaan Buruk di Diri Kamu

Setiap orang memang mempunyai sifat baik dan buruk, Tapi, kalau cowok setelah kenal denganmu, Kamu lebih sering menunjukkan sisi negatif Kamu, nggak dipungkiri cowok akan ‘kabur’ duluan sebelum menjalin hubungan dengamu. Sebenarnya, saat sedang jomblo adalah saat yang tepat bagi Kamu untuk mengembangkan diri dan memperbaiki diri, agar saat Kamu menjalin hubungan dengan cowok Kamu nanti, Kamu menjadi pribadi yang menyenangkan dan mengagumkan.

5. Kamu Mungkin Kurang Bergaul

Ini paling jarang ditemui dibanding dengan kasus yang lainnya. Namun memang ada beberapa tipe personal yang kurang bergaul, atau bergaul, namun hanya berada di sekitar kesukaannya. Contohnya “si kutu buku” atau si “gamers”. Person atau orang-orang yang sudah lekat dengan dunia itu, pergaulannya tidak akan kemana-mana. Mostly seperti itu, walaupun tak semua orang memiliki sifat itu.

6. Lemahnya Rasa Percaya Diri

Rasa kurang percaya diri bisa membuat seseorang vakum dalam dunia percintaan. Kecantikan fisik bukan menjadi hal utama untuk membuat seorak cowok jatuh cinta, lho! Kebanyakan cowok lebih menyukai cewek yang pintar, menyenangkan dan memiliki hal-hal positif lainnya. PD aja dan tunjukkan inner beauty Kamu!

7. Kamu Tak Perhatikan Penampilan

Memang nggak dipungkiri sosok pertama yang dilihat adalah penampilan. Memang sih ada pepatah yang bilang “don’t judge the book by the cover“.Di sisi lain, ada menyebutkan penampilan Kamu mencerminkan kepribadianmu. So, kalau Kamu kurang memperhatikan penampilan, nggak ada salahnya lho Kamu mulai memperhatikan penampilan Kamu sekarang. Selain untuk enak dilihat orang lain dan nyaman berada di dekat Kamu, toh hal itu juga bisa menambah percaya diri Kamu.

Shinta Zevanya

Shinta Zevanya

Freelance Writter at SZO Corporate
Kemang, Jakarta Selatan, alumni FISIP Universitas Tarumanegara
Shinta Zevanya