Ini Dia Manfaat Facebook Pixel Bagi Bisnis Kamu

Manfaat penting Facebook Pixel untuk Kamu
Manfaat penting Facebook Pixel untuk Kamu

Zingga Nusantara – Kamu pasti memiliki akun media sosial setidaknya satu, apakah Kamu telah memanfaatkannya dengan baik? Misalnya, sosial media Facebook dengan teknologi terbarunya yaitu Facebook Pixel untuk memasang ads atau iklan bisnis Kamu. Ads atau iklan pada media sosial bukanlah hal yang baru, hampir semua orang melakukannya. Hal ini merupakan salah satu cara yang mudah untuk menarik perhatian, karena Kamu dapat mengarahkan mereka untuk klik link yang langsung menuju website Kamu.

Facebook memang menjadi tempat utama kita berbagi, baik itu konten politik, lucu, menyeramkan, bahkan bisa dibuat untuk berbisnis, tapi apa Kamu telah memanfaatkannya dengan maksimal untuk membantu bisnis Kamu itu tadi? Kamu sudah memiliki website, tapi apa hubungannya dengan Facebook? Mungkin banyak yang belum tahu, akan tetapi Facebook memiliki fitur yang disebut Facebook Pixel. Artikel ini akan memberitahu Kamu apa hal dasar seputar Facebook Pixel dan mengapa penting untuk menggunakan fitur ini.

Apa sih sebenarnya Facebook Pixel itu?

Ada bagian kecil code yang menempel disetiap halaman website Kamu, ini disebut “universal pixel” karena muncul pada setiap halaman. Facebook menggunakan satu buah bagian code yang ditempatkan pada halaman yang Kamu inginkan yang paling banyak menghasilkan conversion.

Apa yang fitur ini lakukan? Sederhananya, fitur ini melacak user, melihat halaman apa yang mereka kunjungi pada website Kamu. Kamu memiliki berbagai jenis audiens, dan Facebook Pixel mengijinkan Kamu untuk melacak orang-orang yang telah mengunjungi website Kamu sesuai dengan kemiripan mereka, jadi Kamu dapat menargetkan ulang promosi sesuai dengan apa yang audiens Kamu inginkan.

Mungkin saat ini Kamu sudah mulai jenuh membaca penjelasan yang teoritis dan justru membuat bingung, maka dari itu langsung saja ke pertanyaan selanjutnya. Bagaimana Kamu dapat menggunakannya? Lalu apa alasan Kamu harus mulai memanfaatkan Facebook Pixel?

1. Retargeting (Menargetkan ulang pengunjung website)

Karena pixel tahu halaman mana saja yang dikunjungi user, Kamu dapat menargetkan ulang audiens Kamu berdasarkan kebiasaan ini. Sehingga, ketika seseorang mengunjungi halaman Kamu mengenai satu topik tertentu, Kamu dapat membuat grup audiens dari orang-orang tersebut dan hanya menunjukkan ads atau iklan tentang topik tersebut lain waktu saat mereka sedang online di Facebook.

2. Look a likes (Kemiripan)

Social Media Facebook tahu siapa saja yang mengunjungi website Kamu, melihat apa yang mereka lakukan, apa yang mereka sukai, dan lainya. Dan karena Facebook memiliki lebih dari dari 1 milyar user setiap harinya, Facebook dapat menyaring kebiasaan-kebiasaan tersebut dan menamukan user lain yang memiliki kesamaan. Memperbolehkan Facebook untuk melihat traffic adalah salah satu cara yang akan sangat membantu Kamu.

3. Tracking conversions (Berorientasi Hasil)

Jika Kamu menjual sesuatu di website Kamu, atau Kamu memiliki sesuatu yang Kamu ingin agar orang-orang mendownloadnya, ini adalah conversion yang Kamu inginkan. Karena pixel berada dalam seluruh website Kamu, Kamu akan tahu saat seseorang menekan tombol “terima kasih telah membeli/ mendownload/ apapun” di halaman tertentu Jadi, jelas bahwa Facebook Pixel sangat penting

Ada dua tipe pixel, satu optimasi conversion dan satu lagi adalah website custom audience.

Cara kerja Facebook conversion pixels sangat mudah, yaitu dengan menempatkan potongan code pada halaman tertentu dalam website. Ketika user mengunjungi halaman, pixel akan terpicu dan terhitung sebagai “conversion”. Dapat digunakan untuk melacak berapa banyak orang melihat bahkan klik ads atau iklan Kamu, berapa banyak yang melakukan registrasi, leads, key page views, dan masih banyak lagi.

Kamu dapat menggunakan Facebook Pixel untuk memberi tahu Facebook apa yang Kamu inginkan dari campaign Kamu, meningkatkan conversion, mendapatkan lebih banyak like di halaman, meningkatkan engagement dari aplikasi Kamu.

Sedangkan cara kerja custom audience pixels adalah dengan menempatkan code pada head template dari website Kamu jadi dapat teraplikasikan pada semua halaman. Website custom audience diciptakan untuk menargetkan ulang. Pixel ini akan membuat grup audiens tertentu dari orang-orang yang mengunjungi website Kamu dari sumber apapun dan akan mengijinkan Kamu untuk menyelam lebih dalam pada periklanan.