Manfaat Bawang Bombay Bagi Tubuh Kita

manfaat bawang bombay
Manfaat Bawang Bombay dibalik baunya yang menyengat

Zingga Nusantara – Saat memotong bawang dapat menyebabkan keluarnya air mata. Hal tersebut merupakan penyebab sebagian ibu enggan berurusan dengan bawang bombai. Padahal bumbu ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Lalu, apa sajakah manfaat bawang bombay bagi tubuh manusia ?

Dilansir HuffingtonPost, para peneliti dari Amerika, Inggris, Prancis, Italia menyatakan bahwa bawang bombai mampu mengeliminasi racun tubuh. Berikut manfaat lain bawang bombai:

1. Menjaga kardiovaskular

Senyawa pada bawang mampu mencegah pengumpalan darah pada pembuluh. Tak hanya itu, ditemukan juga bahwa senyawa sulfur-nya dapat menurunkan kadar kloestrol dalam darah dan meningkatkan fungsi sel membran pada darah merah.

2. Cegah tulang keropos

Manfaat lainnya: memperkuat tulang, sehingga terhindar dari bahaya osteoporosis. Hal ini disebabkan karena senyawa sulfur dalam bawang mampu meningkatkan dan menjaga ketebalan tulang.

3. Anti iritasi dan pembengkakan

Zat pada bawang mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, dan bekerja secara spesifik mencegah iritasi dan pembengkakan pada luka. Tak hanya itu, dengan bawang, risiko infeksi bakteri pada luka dapat dicegah.

4. Cegah kanker

Melalui studi, ditemukan bahwa mereka yang banyak mengonsumsi bawang memiliki risiko lebih kecil terkena kanker. Beberapa jenis kanker yang dikaitkan dengan bawang antara lain kanker kolorektal, kanker laring dan kanker ovarium.

5. Stabilkan gula darah

Konsumsi bawang bombai mampu menjaga kadar gula darah pada tubuh, sehingga bahaya diabetes dapat terhindarkan.

Banyak sekali sebenarnya manfaat bawang bombay walaupun memang memilki bau yang sangat menyengat. Mungkin apabila kamu datang ke negara India, terutama ke kota bombay, maka kamu akan mencium bau yang sangat menyengat dan khas seperti yang kalian cium pada aroma bawang bombay.

(zna)