Lucunya Fransisca Paisal yang Berhutang Demi Gaya Hidup Mewah

Fransisca Paisal alias Sisspai
Fransisca Paisal alias Sisspai

Zingga Nusantara – Hash tag #BacotSispai akhir pekan lalu di Twitter tepatnya pada Jumat malam tanggal 07 April 2017 sempat menjadi topik panas bagi netizen Indonesia hingga masih terus berlanjut. Awalnya akun @takdos dan @carimichan kultwit tentang keresahan mereka tentang seseorang bernama Fransisca Paisal alias Sispai. Sispai disebut-sebut sebagai cewek yang suka berutang duit sana sini buat jalan-jalan. Namun ketika ditagih pun ngilang

Fransisca Paisal alias Sispai adalah seorang wanita traveler-sebutan bagi orang yang suka melakukan perjalanan dan berpindah-pindah tempat- yang sering jalan-jalan, baik di dalam maupun luar negeri. Namun sayangnya, ia menggunakan uang hasil ngutang sana-sini untuk membiayai perjalanannya.

Mita M. Supardi yang merupakan seorang travel blogger, melalui akun twitternya @carimichan memublikasikan kasus pembohongan atau juga penipuan yang ia alami. Mita mengaku merasa dibohongi atau ditipu oleh seorang wanita yang ia kenal dalam perjalanannya ke Korea Selatan.

Kasus utang-piutang ini ramai diperbicangkan setelah Mita. M Supardi merasa dirugikan karena Sispai yang tidak kunjung membayar utangnya. Kekesalan Mita ini kemudian berujung pada publikasi yang ia lakukan bersama seorang teman yang juga merasa menjadi korban Fransisca.

Hal ini terungkap setelah @carimichan dan @takdos mulai bersuara di sosial media seperti twitter, facebook, dan juga instagram. Sebuah keresahan yang wajar mengingat sulitnya si Sispai ini ditagih.

Kasus ini sepertinya akan terus berlanjut dengan proses pertanggung jawaban Sispai untuk membayar seluruh utang piutang yang membelitnya. Pihak Mita menyebut dirinya sudah mengantongi nomor KTP Fransisca, namun ada juga yang menyebut sang kekasih, Leo sudah membayar utang Sispai.

Tweet @carimichan dan @takdos yang menceritakan awal mula Fransiska Paisal alias Sispai menipu mereka ternyata viral hingga banyak sekali lagi korban-korban lain dari Sispai ini, dengan modus yang kurang lebih sama. Total utang kepada @carimichan dan @takdos sebesar 29,5 juta, sementara setelah kasus ini menyeruak, total ada 17 orang yang mengaku juga dibohongi atau ditipu Sispai, total nilainya lebih dari 156 juta rupiah.

Buat menunjang gaya hidupnya ia pun pamer pakai sopir sewaan dan ngenesnya ada si sopir juga kena #BacotSispai sampai 6 Juta. Ada lagi satu orang dari flores yang diutangin sampai 70 Juta.

“Selain ga bisa nonton coldplay, gue juga lagi sedih. Duit @whatravel dibawa kabur orang ini. Orangnya lg asik2an nntn coldplay pake duit itu” curhat Adis melalui akun @takdos.

Adis merasa heran, banyak sekali orang yang jadi korban mau meminjami dia uang untuk senang-senang. Padahal dari sekian banyak sekali korbanya ada juga yang kesusahan.

Sampai buat jaminan, Sispai berbohong dengan membuat akun WA palsu yang diakui sebagai ayahnya yang akan membayar utangnya. Namun saat waktunya berangkat ke Bangkok, nomor tersebut tidak bisa dihubungi.

Adis pun yang merasa dirugikan hingga 12 Juta Rupiah, ragu untuk memperkarakan hal itu ke pihak berwajib. Akun Risna Zakia Febriana mengatakan “12 juta diperkarakan lebih gede biaya urus perkara + capek ngurus perkaranya”.

@Risnazakia melanjutkan, namun bila hal itu dilaporkan pada pihak berwajib maka akan menjadi peringatan buat pelaku meskipun uang Adis tak kembali.

Mita M. Supardi melalui akun twitternya mengatakan tak bisa mengatakan apa-apa. Karena benar-benar jauh dari bayanganya tentang rumah seorang wanita sosialita.

Namun Mita tak kuasa untuk membagikan foto rumah Sispai yang ia kunjungi. Jalan masuk menuju rumahnya saja begitu sempit sehingga mobil tak bisa mengakses jalan tersebut. Sungguh jauh dari cerita yang ia dengar.

Kondisi rumah tersebut membuat perasaan Mita campur aduk dan akhirnya tak tega memposting foto rumah Sispai meski netizen sudah menunggu perkembangan kasus tersebut.

Berikut permintaan maafnya yang terangkum di chirpstory.com.
Kpd teman2 @takdos @UdaRichie @carimichan dan lainnya. Dengan ini Saya Fransisca Paisal menyampaikan permohonan maaf yang sedalam2nya. Dan ada sebagian yang sudah dibayar utangnya. Namun begitu Adis melalui akun twitternya masih ragu akan sumber uang yang dibayarkan kepadanya.

“Gais, si sispai udah bayar ke gue. Tapi gue punya group WA korban2nya dia, dan total kerugian dari 8 orang yg kedata aja udah 100juta lebih.” ujar Adis melalui akunnya @takdos

“Jadi buat yang namanya Ricky Mulyadi, dan dibohongi atau ditipu sispai buat beli iphone. Contact gue yah, gue balikin duitnya. Duit haram, tak mau aku~” lanjut Adis.

Sementara akun @PratiwiHAM mengatakan heran ada orang yang bisa hidup tenang dengan utang disana-sini dan menipu banyak sekali orang.
“gila yaaak, aku baru baca smua, ada ya org yg bisa hidup dan ngerasa tenang2 aja dgn kayak gini.. sakit ih” ujar Pratiwi Hamdhana AM.(zna)