Kunci Penting Untuk Menjadi Pengusaha Berhasil

Menjadi pengusaha sukses? Mengapa Tidak.
Menjadi pengusaha sukses? Mengapa Tidak.

Zingga Nusantara – Kata orang jaman sekarang, kalau ingin kaya, jangan mau bekerja kepada orang lain. Tapi buatlah lapangan pekerjaan dengan membuat usaha dengan menjadi pengusaha, jadi bonus yang kamu dapatkan adalah dua, selain penghasilan, juga bisa menolong orang lain yang bekerjasama dengan kita. Tapi, bukankah itu sama saja membalikan kalimat pertama di atas?

Ungkapan di atas adalah salah satu yang sering dibicarakan orang banyak ketika ingin membuat usaha. Lalu bagaimana sesungguhnya yang harus Kamu lakukan agar bisa menjadi pengusaha yang sukses? Tentunya banyak yang membagikan artikel soal tips tentang menjadi pengusaha sukses. Sebenarnya tidak ada yang salah dari semua artikel tersebut. Intinya jika Kamu ingin menjadi pengusaha yang sukses, harusnya Kamu bisa lakukan semua hal ini dengan tekun.

1. Jangan Pernah Takut Salah dalam Berusaha

Bersiaplah membuat banyak kesalahan. Namun jangan lupa, kesalahan tersebut adalah suatu hal yang harus dijadikan pelajaran. Jadi jika Kamu tidak pernah salah, maka Kamu tidak akan mendapatkan pelajaran apa apa. Dengan adanya kesalahan, maka itu bisa menjadikan Kamu lebih dewasa dalam mengambil tindakan, dan tentunya jika Kamu mau memperbaiki kesalahan tersebut, bukan tidak mungkin Kamu akan bisa menjadi pengusaha yang sukses.

2. Detail Oriented

Sebagai seorang pengusaha, Kamu harus menjadi orang pertama yang paling memperhatikan segala sesutunya sampai sedetil detilnya. Kenapa? Karena jika Kamu tidak detil dalam segala hal, maka akan banyak sekali kesalahan yang akan merugikan diri Kamu sendiri dan tentunya usaha Kamu tadi.

Jika Kamu detil dalam berbagai hal, terutama soal keuangan, kualitas produk Kamu, wahh, bukan tidak mungkin Kamu bisa menjadi penjual yang sangat dikenal masyarakat banyak, apalagi Kamu berjualan di negara yang mayoritas sangat royal dalam membelanjakan uangnya. Ya. Indonesia, terbukti dari beberapa sumber yang menyatakan Indonesia berkembang dalam sekotor ini.

3. Punya Passion

Tahu mengapa menjadi kunci bagi para pengusaha untuk mencemplungkan diri pada bisnis. Mengetahui seberapa penting usaha tersebut agar membuat Anda serius dalam menjalaninya, termasuk mengetahui apakah itu sejalan dengan hasrat (passion) Anda. Salah satu pengusaha pendiri Horatio Printing Polly Payne-Willoughby mengatakan, tanpa passion, impian menjadi pengusaha justru menjadi beban dan akan terbengkalai.

4. Berbagi Pengetahuan Soal Bisnis

Tidak ada salahnya berbagi pengetahuan dengan orang lain. Begitu juga sebaliknya, sebagai seorang yang ingin memiliki usaha mandiri penting untuk mengisi dirinya dengan berbagai informasi dan pengetahuan. Dengan berbagi pengetahuan, bukan tidak mungkin orang lain juga akan berbagi pengetahuan dan trik dalam berbisnis dan itu akan membantu Kamu dalam mengembangkan bisnis Kamu itu.

5. Join di Komunitas Pengusaha Besar dan Kecil

Berteman dengan sesama pemilik usaha kecil dan besar adalah salah satu cara mendapat dukungan dan keuntungan saling menolong. Tidak hanya bisnis, berbagai hal lain juga penting untuk mengembangkan suatu brand dengan bergabung dengan komunitas.

Contoh jika Kamu punya hobi mancing, tentunya Kamu harus masuk ke komunitas mancing bukan? Entah itu dari komunitas yang besar, sampai dengan komunitas kampung yang kecil sekalipun. Itu akan mengembangkan diri Kamu agar terus berkembang dalam dunia sosialisasi, jadi jika Kamu sudah punya banyak komunitas, suatu saat Kamu ingin membangun bisnis, Kamu bisa manfaatkan komunitas tersebut untuk membantu mem ‘boost’ brand Kamu tersebut.

6. Jangan Berjalan Sendirian

Anda butuh pegawai, terutama jika ada banyak hal yang harus dikerjakan. Bayangkan jika Anda adalah pengusaha rumah makan, apa bisa Anda memasak, melayani dan bertindak sebagai kasir pada saat bersamaan?

Dengan adanya pekerja, produktivitas bahkan bisa lebih melejit sementara Anda memiliki keseimbangan dalam menjalankan bagian pekerjaan yang lain.

7. Totalitas Tanpa Batas

Untuk poin yang satu ini memang benar adanya dan fakta. Banyak juga pengusaha yang justru gagal karena mereka tidak fokus mengurus bisnisnya. Banyak juga pengusaha yang berhasil karena mereka sangat fokus dalam mengurusi usahanya. Maka dari itu jika Kamu ingin menjadi pengusaha, berusahalah fokus di jalan yang benar, jalani semuanya perlahan tapi pasti, dan percayalah, tidak akan ada usaha yang membohongi hasil, kata pepatah sih begitu, hehe.

So, intinya apabila Kamu ingin menjadi pengusaha, maka percayalah, berdoalah, dan berusaha tanpa henti. Jiak semua itu Kamu lakukan dengan berbarengan, sudah pasti akan ada hasil yang Kamu dapatkan, jangan mengeluh dan teruslah berusaha.

Shinta Zevanya

Shinta Zevanya

Freelance Writter at SZO Corporate
Kemang, Jakarta Selatan, alumni FISIP Universitas Tarumanegara
Shinta Zevanya