Kecepatan Akses Halaman Mobile Memang Penting, Tetapi Tidak Untuk SEO

Google terus berinovasi, salah satunya proyek AMP yang memungkinkan SEO menjadi baik
Google terus berinovasi, salah satunya proyek AMP yang memungkinkan SEO menjadi baik

Zingga Nusantara – Ada banyak alasan yang baik untuk membuat load situs mobile Anda cepat dan membuat SEO (Search Engine Optimalization) menjadi lebih baik. Google hanya mengingatkan kita dengan standar industri baru mereka untuk kecepatan halaman mobile, diantaranya adalah :

1. Meningkatkan tingkat konversi dan meningkatkan keuntungan, 40 persen konsumen akan meninggalkan halaman yang memakan waktu lebih lama dari tiga detik untuk memuat konten.

2. Kepuasan pembaca, sebagai catatatn, 79 persen dari pembaca yang tidak puas dengan kinerja situs mengatakan bahwa mereka cenderung untuk tidak membuka situs yang sama lagi.

Sumber: Google/SOASTA Research, 2017
Sumber: Google/SOASTA Research, 2017

Lalu akan muncul pertanyaan seperti ini :

1. Apakah SEO (Search Engine Optimalization) menjadi salah satu alasan mereka?
2. Apakah bisnis yang mengoptimalkan kecepatan halaman Google pada ponsel dapat peringkat lebih tinggi atau tidak?

Jawaban untuk pertanyaan pertama adalah “ya,” dalam arti bahwa Google telah mengatakan bahwa kecepatan adalah faktor peringkat (sejak 2010), dan bahwa tahun ini mereka akan menggunakan kecepatan laman seluler bukan desktop (mobilesite) ketika menentukan peringkat ponsel Anda.

Jawaban untuk pertanyaan kedua untuk saat ini memang benar bahwa bisnis yang mengoptimalkan kecepatan skor halaman Google mereka di ponsel akan memiliki peringkat lebih tinggi jika dibandingkan bisnis yang tidak menggunakan teknologi dari Google ini.

Jika ini terjadi, situs dengan lalu lintas pencarian organik juga akan menjadi yang tercepat. Jika kita mencari 1.000 situs dari daftar SEMRush, dimana situs dengan lalu lintas paling organik melalui kecepatan Halaman Google dan alat Ponsel ramah, hasilnya adalah 800 dari mereka berhasil menemukan targetnya.

Sumber: SEMrush top-ranked sites by mobile page speed score
Sumber: SEMrush top-ranked sites by mobile page speed score

Kabar baiknya adalah bahwa 93 persen dari situs-situs top setidaknya mobile-friendly. Ini naik dari 40 persen dari situs top sebelum pembaruan mobile-friendly Google pada tahun 2015. Tapi hanya 2 persen dari situs-situs teratas yang mencetak skor antara 90 dan 100 pada tes kecepatan halaman mobile Google, dan skor kecepatan halaman rata-rata adalah 55/100. Situs Desktop lebih cepat, tetapi tidak banyak. Hanya 4 persen dari situs-situs top mencetak di atas 90, dengan skor rata-rata adalah 67.

Rata-rata situs dalam penelitian Google mengambil antara tujuh dan 11 detik untuk memuat konten. Ketika Anda menganggap bahwa situs yang memuat sembilan detik di ponsel mendapat skor kecepatan halaman sekitar 60, terlihat bahwa situs dengan peringkat teratas yang sangat mirip dengan situs lain yang tidak memiliki peringkat yang baik ketika sama-sama menggunakan mobilesite.

Sumber: SEMrush top-ranked sites by mobile page speed score
Sumber: SEMrush top-ranked sites by mobile page speed score

Apakah ini berarti bahwa pada saat ini, kecepatan halaman di ponsel jauh lebih penting daripada sejumlah sinyal lain yang menentukan peringkat di halaman Google? Anda mungkin ingin membuat halaman Anda lebih cepat untuk meningkatkan tingkat konversi dan kepuasan pelanggan, tetapi kemungkinan besar tidak akan membantu SEO Anda.

Apakah ini berarti Anda tidak harus peduli tentang kecepatan halaman mobile?

Dengan indeks yang muncul paling pertama, Google akan mulai menggunakan kecepatan halaman mobile Anda untuk menentukan peringkat. Kecepatan sangat penting bagi mereka. Mereka juga menggunakan teknologi dengan proyek AMP, memberikan cara untuk menampilkan konten mereka dengan cepat di ponsel. Sebagian besar lalu lintas pencarian dilakukan di Google mobile (Browser Gadget).

Meningkatkan kecepatan halaman untuk pencarian seluler mengunjungi situs Anda seharusnya tidak menjadi prioritas utama bagi SEO saat ini. Ada banyak bukti bahwa meningkatkan kecepatan halaman yang dapat meningkatkan kualitas lalu lintas SEO yang Anda terima, tetapi tidak ada bukti bahwa kecepatan halaman mobile adalah faktor utama yang signifikan pada saat ini. Membuat situs Anda secepat Anda bisa, tapi jangan melupakan prioritas taktik SEO yang terbukti untuk mendapatkan nilai sempurna pada tes kecepatan akses halaman mobilesite.

Kecepatan loading halaman bisa menjadi faktor peringkat yang lebih signifikan di masa depan, mengingat peluncuran Google yang akan datang dari indeks pencarian di mobilesite. Jika tidak, kemungkinan bahwa Google akan membuat pengumuman, seperti yang mereka lakukan dengan update untuk akses di seluler, dimana Anda harus membuat kecepatan akses website Anda menjadi lebih cepat dari saat ini.

(zna)