Kecenya Pemandangan Gunung Parang Purwakarta

Rating Dong

Wisata Gunung Parang Purwakarta tampaknya tengah menjadi obyek wisata yang sedang hits terutama di kalangan pecinta alam dan pendaki gunung. Gunung yang didominasi oleh medan tebing vertikal ini menjadi spot rock climbing favorit baik oleh pemanjat tebing lokal maupun dari luar negeri.

Indahnya Pemandangan Gunung Parah Purwakarta
Duduk duduk di Gunung Parang, Purwakarta

Lokasi Gunung Parang Purwakarta

Wisata Gunung Parang terletak di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru atau sekitar 28 km dari kota Purwakarta dan 79 km dari Bandung. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa memilih salah satu dari dua jalur alternatif.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 930 meter dari permukaan laut ini menjadi lokasi Parang Via Ferrata atau wisata petualangan terbaru yang menegangkan. Parang Via Ferrata sangat populer di luar negeri bahkan dijuluki sebagai via ferrata tertinggi ke-2 di Asia dengan jalur pendakian hingga ketinggian 700 meter.

Pada pendakian di Parang Via Ferrata, para pendaki memanjat gunung dengan meniti jalur besi yang dipasang di pinggiran tebing yang benar-benar vertikal. Pendakian seperti ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan climbing pada umumnya karena sama-sama bergelayutan di tebing tinggi dengan mengandalkan body harness.

Hanya saja pada via ferrata pendaki bisa berpijak pada pijakan besi (pasak) yang sudah dipasang di jalur pendakian sebelumnya sehingga proses pendakian lebih mudah. Uniknya, pada ketinggian 500 meter Anda akan menemukan fasilitas hotel gantung berukuran 2.5 x 6 meter.

Indahnya Pemandangan Gunung Parah Purwakarta
Hotel gantung di Gunung Parang Purwakarta

Hotel gantung ini merupakan hotel gantung kedua di dunia setelah hotel gantung di Peru dan merupakan hotel gantung pertama di Asia. Fasilitas hotel gantung dan wisata Parang Via Ferrata ini dikelola oleh perusahaan yang ahli dalam bidangnya, jadi jangan khawatir akan permasalahan keamanan pendakian.

Rute Menuju Gunung Parang Purwakarta

Jalur pertama yakni melalui gerbang tol Jatiluhur, kemudian masuk ke jalur arteri Sulatani. Kemudian masuk ke kawasan Cilalawi, lalu mengarah ke Desa Tajur Sindang. Jalur kedua yakni melewati Kecamatan Plered. Sayangnya di jalur kedua ini Anda akan melewati jalan rusak di kawasan Cisalada namun pemandangan alamnya sangat indah.

Indahnya Pemandangan Gunung Parah Purwakarta
Pintu Masuk Gunung Parang

Meski menegangkan, semua lelah dan rasa takut akan sirna setelah Anda mencapai puncak. Dari atas Gunung Parang, Anda bisa menyaksikan pemandangan waduk Jatiluhur, pemukiman penduduk dan gunung-gunung batu andesit yang indah.

Wisata Gunung Parang tak hanya menawarkan pendakian via ferrata saja. Anda juga bisa menikmati keindahan Gunung Parang dari kaki gunung sambil bersantai di beberapa restoran yang ada di sekitar kawasan Gunung Parang.

Harga Tiket Masuk Gunung Parang

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Gunung Parang Purwakarta pengunjung tak dikenai tarif masuk alias gratis. Tapi, jika hendak memanjat dan menggunakan fasilitas di jalur pendakian maka pengunjung harus membayar tarif yang berbeda-beda mulai dari Rp. 150 ribu hingga Rp. 750 ribuan tergantung pada pilihan fasilitas yang hendak digunakan.

Indahnya Pemandangan Gunung Parah Purwakarta