Kamu Seorang Leader atau Boss?

Zingga Nusantara – Menjadi seorang pimpinan perusahaan bukanlah berarti sebagai seorang leader. Seorang pemimpin atau leader adalah yang menjadi inspirasi untuk bawahan. Perbedaan manager dan leader bisa Kamu simak disini.

Apakah Kamu seorang Boss, atau seorang Leader?

Seorang Leader atau Manager kah Kamu?

Setiap divisi diperusahaan- perusahaan, ada satu orang yang mengatur dan bertanggung jawab atas divisi tersebut yaitu Manager. Namun tahukah Kamu dalam satu tim tertentu dalam suatu proyek ada satu pengatur dan bertanggung jawab dalam proyek tersebut yaitu Leader.

Sekarang pertanyaannya, apakah Kamu mengetahui apa perbedaan antara Manager dan Leader? Ternyata ada perbedaan antara keduanya. Selain dari yang kita sudah jelaskan diatas ternyata ada perbedaan lainnya.

Kita akan jelaskan dari Manager. Apa sebenarnya arti manager?

Manager adalah seseorang yang diangkat menjadi manager mengunakan surat resmi dari perusahaan melalui atasan. Manager berhubungan dengan sistem dan struktur dan mereka fokus kepada peraturan dan disiplin sehingga menjadikan motivasi untuk bawahannya.

Sedangkan, Leader adalah seseorang yang diangkat menjadi leader karena kesepakatan atas dukungan dari bawahan, karena seorang leader mampu menjadi inspirasi untuk bawahannya. Leader berhubungan dengan orang dan mereka fokus kepada mengatur resiko sehingga resikonya lebih kecil.

Selain leader dan manager, ada lagi yang paling tinggi yaitu boss. Lalu, apa yang membedakan boss dengan seorang leader?

1. Boss hanya ‘menggunakan’ orang lain, Leader selalu membangun orang lain untuk maju.

Dengan berbagai pekerjaan dan tanggung jawab masing-masing, seluruh lapisan yang bekerja semestinya diberdayakan dengan baik agar merasa nyaman. Seorang leader akan selalu mengajak rekan dan bawahannya untuk berkembang dan bertumbuh melalui tantangan pekerjaan. Bukan menjadi atasan yang asal menyuruh dan terima beres dengan masing-masing pekerjaan yang diberikan.

2. Boss mambuat rasa takut pada bawahannya, leader adalah dia yang saling menghargai

Perbedaan jabatan terkadang akan menimbulkan kesenjangan antara satu dengan lainnya. Bahkan, tak jarang antara atasan dan bawahan tidak saling mengenal. Nah, seorang boss biasanya menciptakan rasa takut kepada karyawannya. Konon, hal ini agar membuat karyawan lebih menghargai dia sebagai boss. Sedangkan, leader yang baik adalah mereka yang saling tahu dan mengerti posisi serta saling menghargai agar tercipta suasana kerja yang kondusif.

3. Boss selalu bilang untuk ‘Saya’, leader selalu berjuang untuk ‘Kita’

Tak jarang atasan kita memberi sebuah tugas atau tanggung jawab. Seorang leader adalah dia yang selalu mengerjakan dari titik nol bersama-sama dan menghasilkan sebuah hasil bersama-sama pula. Sedangkan, tindakan boss ialah dia yang memberi tugas hanya untuk kepentingan sendiri yang terkadang bisa dilakukannya sendiri.

4. Boss said ‘Go’, Leader said ‘Let’s Go’

Bagi dia yang suka memerintah, mereka akan suka berkata ‘GO’ atau ‘Pergi sekarang’. Sangat berbeda maknanya ketika sang atasan berkata ‘Ayo pergi’. Kembali pada poin di atas bahwa seorang leader akan selalu mengajak duka bersama dan suka bersama. Sedangkan, seorang boss biasanya akan hanya menyuruh dan terima asal jadi.

5. Boss berfokus pada proses, leader berfokus pada tim

Karena boss yang selalu mementingkan hasil akhir dari pekerjaan yang dikerjakan bawahannya, maka konon si boss akan selalu berfokus pada proses yang berjalan. Mereka akan terus memantau proses pengerjaan yang dilakukan, sudah benar atau belum. Berbeda dengan seorang leader yang senantiasa berfokus untuk memberdayakan karyawannya. Bagaimana cara menyelesaikan sebuah pekerjaan secara bersama-sama dan saling bantu membantu.

Shinta Zevanya

Shinta Zevanya

Freelance Writter at SZO Corporate
Kemang, Jakarta Selatan, alumni FISIP Universitas Tarumanegara
Shinta Zevanya

Latest posts by Shinta Zevanya (see all)