Jatuh Cinta: Alasan Cinta itu Buta

Jatuh Cinta bisa datang kapan saja, tidak ada yang bisa menebaknya.

Zingga Nusantara – Jatuh cinta itu berjuta rasanya, akan tetapi kita tak pernah tahu alasannya. Secara tiba-tiba saja dia tampak begitu menarik dan setiap kali berada di dekatnya terasa mendebarkan.

Seringkali jatuh cinta dapat membuat Kita menjadi buta. Kenapa cinta bisa disebut buta? Apakah Cinta itu sifat? Ataukah Sikap? Mungkin Cinta itu buta bisa dikarenakan alasan berikut ini :

1. Kita tidak melihat sisi negatif dari orang yang kita suka.

Semuanya tampak sempurna dan tidak bercacat. Semua yang ada padanya seolah-olah pas untuk kita, tidak lebih dan tidak kurang.

2. Kita menggambarkan sosok ideal kita padanya.

Setiap orang punya sosok pasangan ideal yang ada di pikirannya. Kalau kita jatuh cinta sosok pasangan ideal itu segera kita lekatkan padanya.

3. Semua ibu sudah mencintai anak-anaknya meskipun belum melihat wajah mereka.

Cinta ibu juga buta, meski belum pernah melihat wajah anak dalam kandungannya, mereka sudah mencintainya. Mereka mencintai anak-anaknya hanya dengan merasakan gerakan janin dalam perutnya.

4. Jika kita jatuh cinta kita tidak melihat dengan mata tapi melihat dengan perasaan.

Orang yang jatuh cinta melihat dengan perasaannya. Perasaannyalah yang menentukan sesuatu itu baik atau buruk.

5. Jika kita jatuh cinta maka hasrat dan perasaan jauh lebih kuat dibandingkan akal sehat.

Orang yang jatuh cinta mengesampingkan akal sehatnya. Ia berpikir dan berpendapat menggunakan perasaannya. Jika perasaannya menyatakan itu indah, maka indahlah dia terlihat.

6. Tidak bisa melihat dunia yang sebenarnya karena mata tertutup dengan tirai cinta.

Orang yang jatuh cinta melihat dengan perasaan, matanya tertutup oleh tirai cinta yang dirasakan menggelora di dalam dadanya.

7. Saat jatuh cinta kita tidak memandang orang itu sebagaimana adanya tetapi tiba-tiba saja kita jatuh cinta padanya tanpa tahu apa alasannya.

Inilah yang paling banyak dirasakan oleh orang-orang yang tidak bisa memberikan alasan tentang sebab tumbuhnya perasaan cinta.

Berbagai tafsiran memang muncul di masyarakat mengenai apa arti dari cinta buta. Tetapi sesungguhnya diri kita sendiri yang tahu dan merasakan apa yang dimaksud dengan cinta buta.

Banyak istilah cinta yang sering kita dengar. Banyak juga tafsiran mengenai bebrbagai hal yang bersentuhan dengan hati dan perasaan. Tetapi kembali lagi ke indivisu bagaimana kita menyikapinya dengan cara yang dewasa.

(zna)