Jangan Bermain Gadget Di Atas Gunung, Ini Akibatnya

Hindari Bermain Gadget atau Hadnphone di atas gunung karena efeknya sangat berbahaya bagi nyawa kalian.
Hindari Bermain Gadget atau Hadnphone di atas gunung karena efeknya sangat berbahaya bagi nyawa kalian.

Zingga Nusantara – Belakangan ini ada berita yang menggemparkan bagi dunia pecinta alam, yaitu pendaki yang tersambar peti di gunung Prau, Dieng, jawa Tengah. Pasca kejadian tersambarnya 11 pendaki saat mendaki Gunung Prau pada Minggu 23 April 2017, saat ini kegiatan pendakian di Gunung Prau di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ditutup sementara.

Penutupan pendakian sementara ini disinyalir karena cuaca di atas Gunung Prau yang belum kondusif untuk pendakian. Seringkali cuaca di atas gunung memang sulit untuk ditebak. Kemungkinan paling buruk yang pendaki temui saat mendaki adalah hujan badai atau hujan disertai petir.

Dalam kasus tersebut, beberapa pendaki melakukan hal yang sangat diharamkan dalam pendakian gunung dan cuaca buruk, yaitu bermain ponsel saat berteduh. Mereka tersambar petir. Petir bisa menyambar melalui benda-benda yang bersifat konduktif. Maka dari itulah, dihimbau agar pendaki menghindari berteduh di tempat yang dekat dengan aliran pipa listrik, gas, kawat logam, dan obyek lainnya yang berpotensi menyalurkan aliran listrik.

Sebenarnya kejadian seperti ini sudah banyak sekali terjadi. Namun entah kenapa masih ada saja kasus seperti ini. Memang mereka pasti menggunakan gadget untuk melakukan komunikasi atau hanya sekedar bermain sosial media.

Efek buruknya dan taruhannya adalah nyawa sendiri. Kita tidak bisa melawan atau mencegah petir atau cuaca buruk yang kapan dan entah dimana datang kepada kita. Namun kita bisa mencegah dan menanggulangi atau mengurangi agar kita tidak mendapatkan resiko buruk seperti yang didapatkan para pendaki gunung Prau tersebut.

Biasanya para pendaki lebih mengamankan dirinya dengan mematikan telfonnya, atau bisa juga menggunakan mode penerbangan atau fligh mode pada gadgetnya masing masing agar petir atau hal lainnya yang bisa saja membahayakan diri kita sendiri berkurang.

Kita boleh saja memainkan gadget tapi apabila cuaca baik dan aman. Para pendaki tersebut membuktikan sekali lagi bahwa mereka seperti baru pertama kali mendaki. Mereka tidak memperhatikan aturan yang ada di dalam proses pendakian. Biasanya para penjaga pos pendakian pada saat awal kita sebelum melakukan perjalanan, selalu memberitahukan apa hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama proses pendakian yang bisa membahayakan diri kita dan tim kita tentunya.

Dari hal ini kita bisa mengambil hikmahnya agar kita bisa terus berhati-hati dengan apa yang kita lakukan didalam proses pendakian. Kita tetap harus mengutamakan keselamatan diri kita. Bagaimanapun kita harus menjaga diri dan kepercayaan keluarga kita yang telah memberikan ijin melakukan kegiatan ini.(zna)