Investasi Apa yang Cocok Selagi Kamu Muda? Ini Jawabannya

Investasi penting untuk Kamu yang masih muda, Ingat nanti, bukan sekarang.
Investasi penting untuk Kamu yang masih muda, Ingat nanti, bukan sekarang.

Zingganusantara.com – Terkadang kita yang masih muda tidak terlalu memikirkan soal investasi. Bagi para fresh graduate yang baru masuk dunia kerja, biasanya mereka belum mau berinvestasi. Mereka masih memikirkan untuk bersenang-senang dengan rekan atau teman sebayanya. Kebanyakan dari mereka justru memulainya menjelang usia yang sudah ‘rawan’. Rawan disini maksudnya adalah mulai memulai disaat kita sudah mulai untuk menggunakan banyak uang untuk keperluan, misalkan saja ingin menikah, atau ingin membeli sesuatu dengan harga yang mahal seperti mobil atau bahkan rumah. Hal tersebut memang belum terlambat, namun akan lebih baik lagi jika Kamu mulai dari usia sedini mungkin. Namun banyak sekali jenis investasi, dan mungkin kita bingung mau berinvestasi apa.

Berikut ini adalah beberapa referensi yang mungkin cocok buat Kamu yang masih berusia muda, dan investasi ini jenisnya jangka panjang dan aman tentunya, karena tidak semua penyedia bisa menjamin keamanannya.

1. Investasi Dana Reksa

Bukalapak membuat kerjasama dengan Bareksa untuk memudahkan customer berinvestasi
Bukalapak membuat kerjasama dengan Bareksa untuk memudahkan customer berinvestasi

Dana Reksa atau Reksa Dana adalah salah satu investasi yang lumayan rendah dan memiliki jangka waktu yang fleksibel tergantung Anda sendiri. Investasi ini punya minimal pembelian yang relatif murah dibanding yang lainnya.

Salah satu e-commerce yang baru berkembang yaitu bukalapak bahkan membuat product baru yaitu bukareksa, dengan kerjasama dengan bareksa.com untuk para customer mereka. Mereka membuat kerjasama tersebut untuk semua member mereka yang ingin dengan mudah berinvestasi di bareksa.

Walaupun baru diluncurkan bualn February lalu, namun produk dari bukalapak ini sudah cukup menuai banyak respons dari para customer bukalapak itu sendiri. Jadi tidak heran jika mereka membuat kerjasama untuk meningkatkan produktivitas anak muda Indonesia tentunya.

2. Investasi Emas

Investasi emas memiliki reesiko yang rendah karena kita bisa menyimpan emas itu sendiri, ataupun dititipkan ke penyedia jasa investasi emas seperti pegadaian.
Emas memiliki reesiko yang rendah karena kita bisa menyimpan emas itu sendiri, ataupun dititipkan ke penyedia jasa investasi emas seperti pegadaian.

Sudah sejak lama orang menggunakan emas sebagai lahan investasinya. Banyak juga penyedia jasa yang menjual jasa simpan atau beli emas itu sendiri. Emas sendiri merupakan barang yang paling mudah dilakukan karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan Kamu.

Emas dapat berupa batangan atau bisa juga dalam bentuk perhiasan. Mengapa mudah dan simpel? Karena jika sewaktu-waktu Kamu membutuhkan uang, Kamu bisa menjual kembali emas yang Kamu miliki tersebut. Emas juga memiliki resiko yang tidak tinggi karena Kamu bisa menyimpan emas itu sendiri maupun dititipkan ke salah satu penyedia jasa, contohnya seperti pegadaian, jadi emas tersebut aman.

3. Investasi Berupa Asuransi

Asuransi juga bisa menjadi alternatif Kamu untuk investasi karena Kamu tidak tahu apa yang terjadi pada diri Kamu di waktu yang akan datang.

Asuransi memang tidak asing lagi ditelinga kamu pastinya. Bagi Kamu yang sudah bekerja pasti sering mendapatkan penawaran asuransi dari berbagai macam penyedia jasa. Biasanya kantor tempat Kamu bekerja pasti juga menyediakan asuransi untuk Kamu dan juga keluargamu. Kecuali untuk perusahaan yang tidak menyediakan asuransi, Kamu bisa menggunakan jasa swasta diluar.

Investasi selagi saat Anda muda dan sehat sangat berguna karena kita tidak tahu suatu saat apa yang terjadi dengan diri Kamu. Intinya asuransi ini sangat berguna sekali bila Kamu mendapatkan musibah secara tiba-tiba. Memang Kamu pastinya tidak mengharapkan hal tersebut terjadi, namun tidak ada salahnya bukan bila sedia payung sebelum hujan?.

4. Investasi berupa Deposito

Bagi kamu yang masih muda, investasi deposito juga lumayan karena bisa menghasilkan 7% - 8% dibanding menabung di bank seperti biasa.
Bagi kamu yang masih muda, investasi deposito juga lumayan karena bisa menghasilkan 7% – 8% dibanding menabung di bank seperti biasa.

Ingin deposito yang mudah dan nyaman? Kamu harus pintar memilih bank yang cocok dengan Kamu dan pelayanannya yang baik. Biasanya bank menawarkan deposito uang minimal sejumlah satu juta rupiah. Namun bisa disesuaikan dengan kemampuan Kamu sendiri.

Hasil deposito juga lumayan karena bisa mencapai tujuh sampai delapan persen dari invest value atau nilai investasi Kamu dan tentunya angka itu jauh lebih baik dari bunga bank yang biasa Kamu dapatkan dari menabung biasa.

5. Investasi Berupa Properti

Property memang menjadi salah satu favorit, sayangnya butuh usaha yang berlebih seperti memeriksa penyedia, lokasi dan lain sebagainya. Tidak direkomendasikan untuk Kamu yang memiliki penghasilan pas-pasan.
Property memang menjadi salah satu favorit, sayangnya butuh usaha yang berlebih seperti memeriksa penyedia, lokasi dan lain sebagainya. Tidak direkomendasikan untuk Kamu yang memiliki penghasilan pas-pasan.

Investasi properti memang berbeda dari yang lain. Yang seperti ini biasanya dipakai hanya untuk orang-orang yang mampu dan memiliki dana yang berlebih. Jika Kamu hanya memiliki gaji yang pas-pasan, investasi yang seperti ini tidak terlalu dianjurkan karena sayang dan resikonya tinggi. Selain Kamu harus cek lokasi, Kamu juga harus cek penyedia property itu sendiri. Cukup ribet memang, tapi memang itulah properti.(psa)