Soal Viral di Medsos, Fransisca Paisal Akan Lunasi Hutang

Salah satu foto Sisspai atau Fransisca Paisal yang viral di sosmed
Salah satu foto Sisspai atau Fransisca Paisal yang viral di sosmed

Zingga Nusantara – Hash tag #BacotSispai yang akhir pekan lalu sempat menjadi topik panas di netizen Indonesia masih terus berlanjut. Kali ini, Fransisca Paisal atau yang dipanggil Sispai memberikan klarifikasi. Melalui sebuah akun Twitter yang baru dibuatnya pada 9 April kemarin, Fransisca menyampaikan permohonan maaf sekaligus berjanji akan melunasi hutang-hutangnya.

Mita M. Supardi, selaku orang pertama yang mempublikasikan kasus utang piutang ini pun membenarkan pihaknya sudah bertemu dengan Fransisca. Melalui akun Twitternya, Mita menceritakan pertemuannya dengan Fransisca di bandara internasional Soekarno-Hatta.

Mita mengatakan, ia dan beberapa korban sengaja ‘menjemput’ Fransisca yang baru tiba dari Bangkok, Thailand, untuk meminta pertanggung jawabannya. Hash tag #BacotSispai makin ramai kala Mita memposting pertemuannya dengan Sispai.

Fransisca Paisal alias Sisspai
Fransisca Paisal alias Sisspai

Kasus yang jadi hot topik di sosial media seperti twitter, facebook, dan juga instagram ini pun rupanya memberikan efek pada Fransisca yang mengaku tidak bisa lagi melamar pekerjaan.

Tidak hanya itu, kasus utang piutang ini juga menyeret kekasih Fransisca, Leo Firdaus. Ia pun memberikan pernyataan bahwa ia tidak tahu menahu perihal utang piutang yang dilakukan oleh Fransisca.

Baca Juga : Fransisca Paisal Berhutang Banyak Sekali Namun Masih Keliling Dunia

Sayangnya Leo sendiri merasa nama baiknya sudah tercemar, karena korban yang menuduhnya sebagai komplotan Sispai.

Kasus utang piutang ini ramai diperbicangkan setelah Mita.M Supardi merasa dirugikan karena Fransisca yang tidak kunjung membayar hutangnya. Kekesalan Mita ini kemudian berujung pada publikasi yang ia lakukan bersama seorang teman yang juga merasa menjadi korban Fransisca.

Salah satu Foto Sisspai di pantai
Salah satu Foto Sisspai di pantai

Kasus ini sepertinya akan terus berlanjut dengan proses pertanggung jawaban Sispai untuk membayar seluruh utang piutang yang membelitnya. Pihak Mita menyebut dirinya sudah mengantongi nomor KTP Fransisca, namun ada juga yang menyebut sang kekasih, Leo sudah membayar hutang Sispai.

Drama utang piutang di sosial media seperti twitter, facebook, dan juga instagram ini berawal dari cuitan Mita M. Supardi yang mengaku merasa tertipu oleh aksi Fransisca. Mita mengatakan Fransisca sering meminjam uang dengan banyak sekali alasan. Meski uang yang dipinjam dalam jumlah kecil namun Mita menyebut Fransisca  terlalu sering meminjam uang.

Mita yang kesal akhirnya mempublikasikan aksi Fransisca dengan maksud memberi efek jera.

Gaya hidup yang tinggi namun tidak dibarengi dengan penghasilan yang memadai disinyalir jadi satu alasan terbentuknya perilaku tipu menipu yang dilakukan oleh Fransisca. Psikolog Dr. Endang Widyorini, MS pun memberikan tanggapan terkait psikologis mereka yang gemar melakukan tipu menipu dengan dasar gaya hidup.

“Pembohongan dengan hutang atau juga penipuan bisa jadi didasari oleh gaya hidup yang tinggi, ingin dianggap sebagai orang kaya, namun malah besar pasak daripada tiang. Jadi mereka nekat melakukan berbagai cara untuk mencapai hal tersebut,” ujar psikolog Dr. Endang Widyorini.

Ia pun sudah meminta maaf, isinya seperti ini :

Benar memang Saya meminjam sejumlah uang kepada teman2 untuk beberapa keperluan, cara Saya SALAH dan tidak sesuai JANJI pengembalian. Saya menggunakan pinjaman tsb, untuk usaha tetapi ditengah jalan ada masalah sehingga mengalami kerugian. Cara Saya disini TIDAK BAIK, sehingga ada anggapan Saya tidak mau bayar. Saat ini Saya sedang berusaha untuk mengembalikan. Saya sudah berkomunikasi dengan seluruh teman yang Saya pinjami uang, untuk bertemu malam ini dibandara CENGKARENG. Saya akan segera membayar perihal pinjaman tsb (bertanggungjawab) kepada semuanya yang merasa dirugikan akibat pinjaman tsb #bacotsispai. Mohon dimengerti juga hal ini tidak perlu diumbar ke medsos manapun. Karena Saya sdh beritikad untuk membayar semua dgn cara kekeluargaan. Dan sebagian sudah Saya kembalikan dan sisanya kami sdh ada komunikasi untuk bertemu. Jujur Saya sdh hancur persoalan ini masuk sosmed. Jujur, Saya sudah hancur krn persoalan ini. Nama baik, harga diri dan masa depan Saya tidak akan ada lagi. Satu Indonesia sudah tau SisPai berbohong dan dianggap penipu. Saya tidak akan bs melamar pekerjaan dimanapun lagi krn Sayaburuk dan jahat. tidak mungkin jg orang sprti Saya bs menikah, tidak ada satupun keluarga atau pasangan yg bs menerima wanita jahat spt saya. Saya hanya ingin memperbaiki semuanya melunasi pinjaman2 ke teman2 yg menjadi korban entah menyicil atau langsung semuanya. Setelah hutang2 ini selesai, Saya akan membenahi hidup Saya dan tidak akan lagi menganggu teman2. Terima kasih buat teman2 dan sahabat semua yg pnh hadir dlm hdp saya, Sayasdh merusak kepercayaan kalian dan tidak pantas menjadi manusia. Ini menjadi pembelajaran plg berharga dlm perjalanan hdp Saya. Dan Sayapastikan semua pinjaman akan Saya kembalikam tanpa gali lubang tutup lubang. Leo pasangan terbaik yg pnh Saya kenal. Dia tidak ada sangkut pautnya atas masalah ini. Leo sama sekali tidak tau apa2. Krn kasus ini, nama Leo terseret, tercemar, dan seluruh keluarga besar tau. Saya wanita paling tidak beradab krn merugikan pasangan saya. Dengan kemurahan dan kebesaran hati Leo, dia masih mau mendampingi Sayamenghadapi ini sampai selesai. Yg seharusnya dia tinggalin Sayaskr. Saya tidak pantas menjadi pasangan Leo, laki2 terbaik yg sdh Saya bohongi. Dia pantas mendapatkan perempuan baik dan benar. Demikian pernyataan ini Sayabuat, tidak ada istilah mangkir, Saya akan hadapi dan bertanggung jawab semua. Terima kasi.