Begini Cara Agar Sayuran Tetap Segar Bersinar

Salad sudah mulai digandrungi warga Indonesia
Salad sudah mulai digandrungi warga Indonesia

Zingga Nusantara – Terkadang kita sering membeli sayuran dengan jumlah banyak untuk jaga-jaga jika ketersediaan di rumah untuk memasak menipis. Sayuran adalah salah satu makanan yang paling banyak variasi nya. Kali ini kita akan bahas mengenai bagaimana cara agar sayuran tetap segar.

Sayuran bisa dibuat menjadi makanan segar berkuah, menjadi masakan oseng rempah khas Indonesia, ataupun salad khas orang Eropa.

Menjaga salad tetap segar dan berwarna hijau bukan hal yang mudah. Namun, beberapa cara sederhana ini, mampu membuat daun dalam semangkuk salad terlihat hijau meski disimpan dalam waktu lama.

Banyak orang yang hanya menaruh bahan-bahan untuk salad di dalam plastik, ke lemari pendingin. Padahal, beberapa cara lain dan mudah, mampu membuat salad segar dalam waktu lama.

Berikut beberapa cara sederhana buat salad tahan lama, dikutip dari laman Prevention.

1. Pakailah Handuk Ukuran Mini

Letakkan sayuran hijau di atas handuk kecil, kemudian dijejerkan masing-masing daunnya. Kemudian tutup dan sedikit memerasnya agar air yang terkandung, bisa terserap oleh handuk. Cara ini mampu membuat sayuran hijau bertahan dalam waktu dua hari tanpa dimasukkan ke dalam lemari es.

2. Gunakan Kertas Tissue untuk Alas Sayuran

Letakkan sayuran hijau yang telah dicuci di atas kertas tissue, kemudian gulung dan gunakan kantung Ziplock untuk menyimpannya. Hal ini biasanya mampu mencegah datangnya udara untuk hinggap di sayuran hijau seperti kale. Cara ini ampuh membuat sayuran hijau bertahan hingga empat hari di dalam lemari es.

3. Gunakan Tissue dan Wadah yang Tertutup

Kelebihan kertas tissue adalah mampu menyerap kelebihan cairan dari sayuran hijau, hal itu membuat kesegarannya tetap terjaga. Jadi, Anda bisa mencoba kertas tissue yang ditaruh di dalam wadah tertutup. Letakkan sayuran hijau terlebih dahulu di atas kertas tissue, kemudian tutup wadahnya dan masukkan ke dalam lemari es.

Biasanya, setelah enam hari, sayuran hijau akan semakin layu. Namun, jika mencoba mengganti kertas tissue secara rutin, mungkin saja bisa membuat sayuran hijau tetap segar dalam waktu lama.

(zna)