Pergerakan Media Lifestyle di 2018, Termasuk Perubahan Male Magazine ke Male Indonesia

Rating Dong

Tidak dapat dipungkiri sekarang media merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk menggiring opini publik. Banyak juga media baru baik itu news ataupun lifestyle yang muncul ke permukaan, baik itu media yang memiliki induk perusahaan besar, atau yang benar – benar masih fresh di dunia permediaan Indonesia.

Media Lifestyle di Indonesia 2018
Gambar oleh antoniuspsk

Di tahun 2018 ini merupakan tahun yang bisa dibilang “Tahun Politik” dan akan berjalan terus sampai nanti pemilihan presiden (pilpres) di 2019. Media mainstream terutama news portal sudah pasti akan kebanjiran traffic dari semua hasil pemberitaan yang mereka buat.

Selain news portal yang menjadi target pembaca di tahun politik seperti sekarang ini, ada juga media lain yang juga memang bergerak vertical atau berlawanan dengan genre new itu sendiri. Ya. Mereka adalah media lifestyle yang memberikan berita lebih dari sekedar informasi yang hangat, tapi juga bermanfaat bagi orang banyak.

Media lifestyle itu sendiri sebenarnya bisa dibagi lagi menjadi beberapa jenis pemberitaan, diantaranya relationships, traveling, kuliner, dan lain sebagainya. Poros media lifestyle ini adalah pleasure dan leisure yang memang menjadi titik balik orang – orang atau pembaca yang sudah jenuh dengan panasnya pemberitaan di media mainstream.

Berikut ini adalah beberapa media lifestyle yang bisa menjadi referensi Kamu ditengah banyaknya pemberitaan panas dari dunia politik.

1. Male Indonesia

Male Indonesia atau Male.co.id adalah sebuah media lifestyle yang membahas berbagai hal dari sudut pandang pria. Male Indonesia sendiri adalah reborn dari Male Magazine yang dulu sempat bernaung di bawah Transmedia Corporation.

Saat ini Male Indonesia dikemas dengan lebih berbeda dan mengupas banyak hal tentang aktifitas, cara berpenampilan, tips dan trick soal berbagai hal yang kembali lagi memang dibahas dari sudut pandang pria.

Male Indonesia juga mengupas dan menampilkan sisi lain dari model yang biasa mereke beritakan dua kali dalam sebulan. Profil lengkap sampai sisi lain dari model akan dikupas detail dengan beberapa hasil dari sesifoto yang mereka lakukan.

2. Popular Magazine

Popular adalah salah satu media yang mengedepankan keseksian semua model – model yang ada di dalamnya. Popular Magazine ini selalu rutin membuat audisi untuk mempopulernya model yang masih baru dan ingin menjadi model dengan membuka castin secara online maupun offline.

Popular Magazine juga menjual berbagai macam product seperti majalah, baju, topi, dan lain sebagainya untuk semua membernya yang memiliki akun di Popular itu sendiri.

Popular Magazine juga rutin melakukan event fotografi dengan beragam tema dan hadiah. Selain itu, demi memancing semua membacanya, Popular juga membuat channel di YouTube dengan beragam tema. Yang paling terpopuler adalah “Inem Pelayan Seksi” yang diperankan oleh Grace Iskandar dan juga “Tips Malam Jumat” yang dibawakan oleh Sassha Carissa.

3. Yomamen

Yomamen merupakan salah satu website yang menyasar pria masa kini dan milenials yang punya kekuatan konten di tatanan bahasa yang mereka buat.

Yomamen merupakan plesetan dari kata “Yo My Men” yang memang dibuat dengan bahasa yang mudah diingat di dalam pikiran kita para pria milenial.

Yomamen jarang sekali mengambil kutipan dari luar karena memang Yomamen mengusung gaya hidup pria yang ada di Indonesia yang memang belum tentu cocok dengan budaya dan gaya hidup kebarat-baratan.

4. Sooperboy

Sooperboy adalah media online pria yang juga membahas berbagai hal yang berhubungan dengan sensualitas wanita. Sooperboy juga merupakan salah satu bagian dari Kapanlagi Network (KLN) yang merupakan basis nomer satu media lifestyle di Indonesia.

Sooperboy membahas berbagai hal yang berhubungan tentang dating dan juga seks serta grooming yang cocok untuk pria dan juga wanita.

Sooperboy juga memiliki channel tersendiri di YouTube dan juga memiliki Sooperboy TV yang bisa diakses di www.sooperboy.com.

Sooperboy bahkan tidak hanya membahasa soal sex melulu, tapi juga berbagai hal lain seperti teknologi, gadget, dan berbagai hal lainnya yang bisa masuk dikalangan pria dewasa.

5. Esquire

Esquire dibuat untuk pembaca pria kelas menengah ke atas, maka dari itu gaya bahasa Esquire Indonesia terasa lebih elegan. Uniknya sekalipun memiliki konten yang tidak jauh berbeda dengan portal online khusus pria yang saya bahas sebelumnya, hanya Esquire satu-satunya yang memiliki rubrik fiksi berupa “Cerpen”.

Dahulu sebelum menjajaki dunia digital, Esquire ini merupakan media cetak, sama seperti media pria lainnya seperti Male Magazine, Popular Magazine, Gress Magazine dan lain sebagainya.

Seiring berjalannya waktu dan berubahnya arah bisnis dari offine ke onine, Esquire ikut merubah haluannya ke arah online seperti media lainnya.

6. Lanang Indonesia

Lanang Indonesia adalah salah satu media pria yang menyatakan bahwa web ini merupakan media online pria berbudaya di Indonesia. LI sendiri memiliki beberapa sub channel yang pantas dan menarik juga untuk dibaca seperti tekno, gaya lanang, sukses, dan sosok, serta komunitas.

“Tujuan kami adalah memberikan berbagai informasi lengkap untuk pria-pria Indonesia agar menjadi pria yang modern tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya Indonesia, juga melahirkan lebih banyak intelektual muda yang akan berkontribusi untuk kemajuan bangsa. Kami juga secara khusus akan menyediakan insights mengenai perilaku pria modern Indonesia dengan menggunakan data riset sebagai basisnya”. Begitu kurang lebih kutipan yang dipajang di laman ABOUT dari Lanang Indonesia.

7. FHM Indonesia

FHM Indonesia atau FHM.co.id adalah salah satu media yang sudah punya nama di luar atau dunia internasional. Karena memang bisnis franchise ini menjanjikan, maka dari itu MRA Media Group mengambil brand FHM ini di Indonesia.

Banyak sekali konten yang disuguhkan oleh FHM Indonesia yang memang tergolong ditujukan dan ditargetkan oleh pembaca berumur 21 tahun ke atas.

Namun sayangnya, FHM saat ini sudah berhenti beroperasi entah karena suatu hal yang tidak dijelaskan oleh pihak FHM itu sendiri. Dapat dilihat dari postingan terakhir di webnya yang menyampaikan nada pamit, yaitu dengan judul “The Last Goodbye with Pauline So”.

“Kalau Anda ingat-ingat lagi, Paulene adalah cover girl edisi Agustus 2016 lalu sebagai hadiah terseksi di ulang tahun kami yang ke-13. Kini, si Pinay berwajah seksi dan bertubuh sintal ini hadir lagi (dan yang terakhir kalinya) di FHM Indonesia, khusus untuk memberikan ucapan perpisahan paling manis sekaligus foto-foto hot-nya kepada kita semua”. Begitulah kira kira kutipan artikel terakhir yang diupdate pada 19 Desember 2017 lalu.

*) Artikel ini telah Saya publikasikan sendiri di beberapa media komunitas seperti hipwee, seword, blog saya sendiri, serta beberapa lainnya.