Podcast Hydrant

Lifestyle Media

Media Gaya Hidup Orang Indonesia | Panduan Untuk Millenials

Tips dan Langkah Mudah Memulai Usaha Dari Nol

Rating Dong
Memulai usaha dari nol, bagaimana caranya ?
Memulai usaha dari nol, bagaimana caranya ?

Zingga Nusantara Sebagai orang yang awam di dunia bisnis, memang agak sulit jika kita ingin memulai usaha dari nol. Yang ada di dalam pikiran banyak orang, tentunya jika ingin membuat usaha, maka harus memiliki banyak modal untuk membuat usaha tersebut. Untuk beberapa pengusaha yang sudah berpengalaman lama di dunia bisnis, namun pernah jatuh bangkrut, mungkin bisa menjadikan hal tersebut pelajaran untuk bisa kembali merintis usaha dengan cara yang lain. Akan tetapi, untuk pengusaha yang baru memulai karirnya di dunia bisnis, harusnya Kamu bisa melakukan tips yang ada di bawah ini.

1. Tentukan Tujuan Utama dalam Memulai Usaha

Sebuah usaha harus mempunyai tujuan ataupun visi dan misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun. Dengan membuat tujuan, maka kita akan bisa mengarahkan arah bisnis kita. Tentunya hal tersebut juga akan membuat kita lebih tau cara apa yang akan kita gunakan untuk mengembangkan bisnis kita itu.

2. Lakukan Riset dan Pengamatan Cara Berbisnis

Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama, bila usaha kita tergolong baru amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif. Dengan melakukan riset, kita tentu bisa belajar dan mengeksplorasi diri untuk mengembangkan produk yang kita buat.

3. Buat Ide Usaha yang Menarik dan Berpotensi Sukses

Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat atau bakat yang kita miliki, namun tanpa meninggalkan faktor peluang pasar yang ada pada masyarakat. Banyaknya pengusaha sukses, karena mereka memilih bidang usaha yang mereka sukai. Sehingga kita akan selalu berusaha mengembangkan bisnis yang kita miliki, dengan perasaan senang hati tanpa ada kejenuhan ataupun rasa bosan yang sering muncul. Selain itu dapat juga memulai usaha baru yang belum pernah ada di pasaran sehingga terkesan unik dan menarik, atau membuka usaha yang telah banyak dipasaran namun memiliki peluang pasar yang masih besar.

4. Eksekusi Ide Dengan Baik

Sebaik apapun ide usaha yang kita punya, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika kita tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang kita rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan. Dengan mengeksekusi ide yang kita miliki, tentunya kita bisa memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain, semisalnya Kamu adalah seorang pengusaha baru yang sudah memiliki banyak usaha, lalu Anda tentunya bisa membantu memberdayakan masyarakat yang butuh pekerjaan. Contoh nyata adalah peruasahaan startup seperti Go-Jek dan Bukalapak. Dua perusahaan startup tersebut benar-benar memiliki eksekusi yang luar biasa sampai bisa besar seperti sekarang ini.

5. Gunakan Kegagalan dan Hambatan Sebagai Guru

Membangun sebuah usaha hingga sukses tidaklah mudah, adanya hambatan serta resiko kegagalan hampir selalu membayangi setiap usaha. Untuk itu sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan serta kegagalan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras. Tanpa kita sadari, dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Oleh karena itu, hadapi serta nikmati hambatan usaha karena akan menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha.

Kunci kesuksesan memulai usaha adalah berani menjadikan mimpi kita menjadi ide bisnis yang nyata. Jangan pernah takut gagal dalam memulai bisnis, karena setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga bagi langkah bisnis Anda. Salam sukses.

Jojoe Saputra