Lezatnya Bakmi Daging Kepiting Ayau di Serpong

Foto by Indonesia Food

Zingga Nusantara – Bakmi Daging Kepiting Ayau, bertempat di Pasar Modern BSD Blok R No. 58, Jalan Letjen Soetopo, Tangerang Selatan Banten. Jam buka dari pukul 06.00 – 21.00. Untuk Nomor Telfon yang bisa dihubungi bisa ke (021)531-58528

Racikan bakmi khas Pontianak di sini terkenal dengan topping daging kepiting. Tapi ada juga topping seafood dan daging sapi. Penggemar bakmi sekaligus kepiting pasti puas menyantap bakmi kepiting. Racikan bakmi ini khas Pontianak. Biasanya disajikan dengan bakso ikan dan kaldu bening serta taburan daun bawang. Begitu sederhana sehingga yang terasa hanya kepiting dan bakmi saja.

Saat mendung gerimis dan kangen bakmi yang lembut hangat kamipun teringat Bakmi Kepiting Ayau yang ada di Pasar Modern BSD. Kalau membaca banner di tembok, rumah makan ini cabang Mangga Besar dengan nama sama. Sejak pasar modern dibuka bakmi kepiting ini sudah ada. Jikalau tak doyan mie dan kepiting, ada bihun, kwetiau dan beragam nasi goreng.

Menu lainnya seperti restoran China populer. Bakso, capcay, gurame asam manis dan aneka makanan lain. Karena sudah terbayang daging kepiting tentu seporsi mie kepiting (Rp.31.000) jadi pesanan pertama. Selain kepiting ada pilihan topping seafood dan daging sapi. Juga bisa pilih bihun atau kwetiau.

Menu Makanan dan Minuman di Bakmi Ayau Bumi Serpong Damai

Mie seperti lidi halus atau angel hair disajikan melingkar dalam mangkuk sedang. Beragam topping, sepotong kulit pangsit goreng dan irisan daun bawang memenuhi mangkuk. Semangkuk kecil panas mengepul mengiringi mie ini. Tanpa disiram kuah, tekstur mie terasa lentur lembut. Agaknya mie telur ini dibuat segar. Rasanya sudah gurih. Kami berharap melihat cingkong kepiting gendut tapi rupanya hanya ada 4 sobekan daging kepiting yang menyembul di atas mie.

Pelengkap lainnya berupa irisan tipis fish cake goreng, fish cake rebus dan daging ayam  serta sepotong kulit pangsit goreng. Tak ketinggalan taburan daun bawang iris.

Yang unik justru daging ayam rebus yang dipotong kecil. Rasanya sedikit manis gurih karena ada irisan kulit ayamnya. Kaldu yang panas, sedikit sambal rawit menyempurnakan rasa gurih mie ini. Kwetiau biasanya dipadukan dengan irisan daging sapi. Tapi kali ini kami mencoba yang lain, Mie Daging Sapi (Rp. 33.000). Sebenarnya karena kami ingin tahu bagaimana rasa perpaduan keduanya.

Mie yang disajikan di mangkuk sedang, sama dengan mie kepiting. Toppingnya berupa irisan tipis daging sapi yang berukuran sedang, tauge dan irisan daun bawang serat sepotong kulot pangsit goreng. Memaran bawang putih yang ditaburkan memberi aroma wangi sedap. Rupanya irisan daging sapi hanya diblansir dalam kaldu sehingga teksturnya sedikit liat tetapi masih terasa gurih juicy daging. Disuap dengan tauge yang masih renyah terasa sangat segar. Kali ini kaldu panasnya kami nikmati terpisah.

Bawang putih goreng yang renyah wangi dan kulit pangsit goreng membuat suapan mie jadi meriah. Kelembutan mie masi saja terasa enak di mulut apalagi dikunyah perlahan. Rasa gurihnya kami bilas dengan segelas air jeruk murni (Rp. 16.000) yang asam segar. Kalau sedang melintas atau berbelanja di Pasmo BSD City ini, Anda bisa rehat sejenak di sini. Selain tempatnya luas dan bersih, mie yang enak bakal jadi pengisi perut yang mantap.

(zna)