Bagaimana Meningkatkan Penjualan Memanfaatkan Facebook Pixel?

Images by WordSuccor
Images by WordSuccor

Zingga Nusantara – Sebelumnya Saya menulis artikel ini, telah dibahas tentang Manfaat Facebook Pixel untuk bisnis yang Kamu buat, dimana salah satu elemen dari Facebook Pixel yakni Lookalike Audiences. Kali ini kita akan memahami lebih dalam tentang pengertian dari lookalike audiences dan bagaimana cara ini dapat meningkatkan penjualan produk atau layanan Kamu.

Facebook lookalike audiences adalah opsi penargetan lanjutan untuk penjualan yang melampaui fungsi penargetan interest dan demografis dasar. Saat ini, cara tersebut merupakan alat penargetan Facebook paling efektif untuk menemukan pelanggan ideal Kamu. Facebook lookalike audiences adalah jenis custom audience yang memungkinkan Kamu membuat penargetan spesifik untuk iklan Kamu.

Inti dari semua lookalike audiences adalah sumber audiens yang menjadi sasaran audiens Kamu. Facebook mengambil semua titik data dari sumber audiens Kamu dan menemukan orang baru dan serupa yang menggunakan sample persentase yang ditetapkan dari populasi di setiap negara pilihan Kamu.

Tidak seperti interest-based targeting, lookalike audiences memungkinkan Kamu membuat sumber audiens, dan dapat memberikan Kamu kontrol lebih. Hasil akhirnya yakni Kamu mendapatkan audiens yang berkualitas lebih baik karena Kamu dapat menemukan audiens baru yang hampir sama dengan yang ada sekarang. Facebook Lookalike Audiences memungkinkan Kamu untuk mengambil custom audience Kamu dan kemudian menayangkan iklan kepada orang-orang yang serupa dengan custom audience Kamu. Kamu dapat membuat lookalike audiences berdasarkan orang-orang yang menyukai Facebook page atau halaman Facebook Kamu saat ini atau Kamu dapat membuat Facebook Lookalike Audiences berdasarkan custom audience Kamu.

Dan langsung saja Saya bahas soal cara memakai Facebook Lookalike Audiences untuk meningkatkan penjualan brand kita.

1. Terus pantau halaman facebook Kamu

Kamu dapat dengan mudah mengembangkan Halaman Facebook Kamu dengan menargetkan salah satu lookalike audiences Kamu. Cara ini memiliki kelebihan dibandingkan pilihan penargetan tradisional karena Kamu dapat menghemat waktu saat menyiapkan opsi penargetan.

2. Bermain di ranah e-commerce (jualan online)

Jika Kamu menjalankan bisnis e-commerce, Kamu dapat dengan mudah mengatur iklan Facebook yang mengirimkan lookalike audiences Kamu langsung ke situs web Kamu untuk melakukan pembelian. It may sound obvious, namun asalkan Kamu mengunggah custom audience Kamu berdasarkan segmen, Kamu dapat mengirim lookalike audiences Kamu ke area yang tepat di situs Kamu. Misalnya, jika Kamu memiliki custom audiences hanya audiens laki-laki yang Kamu buat dari lookalike audiences, maka Kamu dapat menghubungkan audiens tersebut ke bagian mens ware di situs Kamu.

3. Tingkatkan calon pembeli kamu dengan menggunakan campaign strategy

Dalam hal ini, Kamu berfokus untuk meningkatkan jumlah dari leads Kamu, free trial sign up, atau email subscribers. Kamu akan melakukan hal serupa dengan cara pemilik bisnis e-commerce saat mereka menyiapkan ad campaigns mereka. Caranya yakni dengan mengunggah custom audience, lalu buatlah lookalike audiences Kamu dan kemudian kirim orang secara langsung ke laman di situs Kamu, tempat mereka dapat mengirimkan informasi mereka untuk menerima sesuatu dari Kamu. Begitu Kamu memilikinya di sales funnel Kamu, Kamu bisa memeliharanya atau nurturing them menjadi pelanggan Kamu.