Apa yang dimaksud Perilaku Sarkasme ?

Perilaku Sarkasme Tidak Selalu Negatif
Perilaku Sarkasme Tidak Selalu Negatif

Zingga Nusantara – Banyak masyarakat yang tidak menyukai sesorang yang memiliki perilaku sarkasme. Sebenarnya apa itu Sarkasme? Sarkasme merupakan sebuah ungkapan yang bermaksud menghina orang lain secara tidak langsung dengan pembubuhan Majas, majas yang dominan digunakan disini adalah Ironi.

Walaupun banyak yang mengatakan Sarkasme (Sarcasm) itu sama dengan Ironi atau sinisme, tidak semuanya benar dan tidak semuanya salah juga. Majas Ironi lebih menjurus kepada penyampaian maksud yang berlainan, sementara ungkapan Sarkasme/Sarkastik/Sarcasm lebih kepada Hina-an tidak langsung.

Sebenarnya pengertian asli Sarkasme (Sarcasm) berdasarkan
tafsiran luar negris adalah sindiran kritikan secara Pintar.

Namun pengertian lainnya adalah : ungkapan pedas secara langsung entah mengapa juga merupakan pengertian dari Sarkasme dalam bahasa Indonesia, oleh kerana itu Zingga Nusantara akan menggolongkan Sarkasm menjadi dua, yaitu Sarkasme Kasar dan Sarkasme Pintar. Apa sajakah itu?

Dirty Sarcasm (Sarkasme Kasar)

Sarkasme Kasar ini merupakan jenis Sarkasme yang banyak ditafsirkan oleh orang-orang Indonesia, jenis Sarkasme ini yang banyak diketahui hampir menyerupai umpatan kasar secara langsung, berbanding terbalik dengan Sarkasme pintar, bahasa yang digunakan untuk mengumpat yaitu secara langsung dan to the point, sehingga orang yang menjadi objek sarkasme-nya akan langsung mengetahui dan tersinggung.

Contohnya :
– Dasar Bodoh! Itu Kan Mudah Sekali Dikerjakan!
– Dasar Lelaki Buaya Darat!
– Dasar manusia yang Tidak Tahu Diuntung !

Kita semua bisa melihat sendiri dari kalimat tersebut, Sarkasme (Sarcasm) ala Bahasa Indonesia ini yang dirasa tidak mengandung majas Ironi sama sekali, oleh karena itu mari kita lihat ungkapan Sarkasm Pintar sebagai pembandingnya.

Sarkasme Terlihat Tidak baik, Namun Mereka Memiliki Pikiran yang Lebih Kritis
Sarkasme Terlihat Tidak baik, Namun Mereka Memiliki Pikiran yang Lebih Kritis

Smart Sarcasm (Sarkasme Jenius)

Sarkasme Pintar ini jenis Sarkasme yang digunakan secara
global, yaitu sindiran secara tidak langsung, tetapi tajam dengan maksud mengolok-olok. Sarkasme (Sarcasm) di luar sana sendiri identik dengan ungkapan umpatan yang cerdas, karena kenapa? Umpatan Sarkasme bagi orang yang ditujukan bagi orang yang kurang cerdas tidak akan tersampaikan. Saat di umpat dengan Sarkasme, orang yang menjadi bahan umpatan itu akan berfikir, jika ia cerdas maka ia akan tahu umpatan tersebut, jika ia tidak cerdas, maka maksud asli dari Sarkasme itu tidak tersampaikan.

Contohnya :
– Cantik sekali kamu? Pake bedak berapa sendok sist ?
– Kamu terlalu jenius ya? Soal semudah ini saja tidak bisa !
– Aku bekerja 24 jam sehari untuk menjadi miskin !

Jika kita lihat jelas sangat beda ungkapan Sarkasme pintar
dengan sebelumnya bukan? Struktur kalimatnya lebih banyak memutar balikan tafsiran sebenarnya, dengan menyembunyikan maksud sebenarnya justru yang membuat Sarkasme (Sarcasm) lebih menyakitkan dan tergolong dengan umpatan tingkat tinggi untuk dan bagi orang-orang cerdas saja, karena banyak pepatah
luar sana mengatakan : Stupid People Swear, Smart People Sarcasm atau Sarcasm is a body’s natural defense against stupid Oleh karena itu Sarkasme cerdas lebih elit daripada Sarkasme Kasar.

Walaupun berbeda jika ditafsirkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Global, namun kedua-duanya mempunyai kesamaan, yaitu digunakan untuk mencela, jadi sangatlah tidak dianjurkan menjadi orang yang menggunakan bahasa Sarkasme Kasar. Jika ingin mengumpat, mengumpatlah dengan berkelas. Mungkin sekian artikel mengenai Pengertian Lengkap Sarkasme (Sarcasm) semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca.

(zna)