Alternatif Wisata Pendakian Dieng yang Ditutup

Tempat wisata Puncak Gunung Prau di Dieng Wonosobo Jawa Tengah
Tempat wisata Puncak Gunung Prau di Dieng Wonosobo Jawa Tengah

Zingga Nusantara – Kejadian para pendaki yang tersambar petir di kawasan wisata Gunung Prau pekan lalu mengagetkan kita semua. Bagaimana tidak, sebelum kejadian tersebut, sudah banyak kejadian serupa. Yang lebih parahnya ini adalah kesalahan para pendaki tersebut yang bermain gadget pada saat cuaca buruk dan di atas gunung.

Baca Juga : Jangan Bermain Gadget Di Atas Gunung, Ini Akibatnya

Kegiatan pendakian di Gunung Prau di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah pun ditutup sementara untuk umum. Penutupan ini berdampak pada membludaknya para pendaki yang terlanjur berdatangan dari berbagai daerah. Cuaca buruk  yang akhir-akhir ini melKamu Gunung Prau disinyalir menjadi alasan utama ditutupnya gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl ini. Para pendatang yang sudah terlanjur ke pos basecamp pendakian pun dialihkan ke berbagai destinasi wisata di Dieng lainnya.

Berikut ini Kami akan memberikan referensi mengenai tempat pengalihan destinasi akibat kawasan pendakian Gunung Prau Dieng ditutup, smoga kalian suka dan bisa mampir ke sini ya.

1. Tempat Wisata Bukit Sikunir

Profil Tempat Wisata Bukit Sikunir Dieng Jawa Tengah
Profil Tempat Wisata Bukit Sikunir Dieng Jawa Tengah

Keeksotisan Bukit Sikunir sudah dikenal banyak wisatawan yang datang ke Dieng. Wisatawan biasa memburu pesona matahari terbit dari puncak Bukit Sikunir. Saking indahnya, fenomena matahari terbit di Bukit Sikunir sering disebut dengan nama golden sunrise.

Profil Tempat Wisata Bukit Sikunir Dieng Jawa Tengah
Profil Tempat Wisata Bukit Sikunir Dieng Jawa Tengah

Untuk mengunjungi Bukit Sikunir, Kamu harus menuju ke Desa Sembungan terlebih dahulu. Desa Sembungan disebut-sebut sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa, jadi akan banyak petunjuk untuk menuju ke desa tersebut.

2. Tempat Wisata Telaga Pengilon dan Telaga Warna Dieng

Profil Tempat Wisata Telaga Warna Dieng Jawa Tengah
Profil Tempat Wisata Telaga Warna Dieng Jawa Tengah

Salah satu destinasi favorit di Dataran Tinggi Dieng adalah Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Telaga Warna merupakan telaga yang dapat berganti warna. Pergantian warna tersebut diakibatkan oleh kandungan sulfur yang cukup tinggi pada Telaga Warna.

Telaga Pengilon yang letaknya berdekatan dengan Telaga Warna pun mempunyai keindahan tersendiri. Meskipun letaknya berdekatan tetapi karakteristik dari kedua telaga ini sangat berbeda. Telaga Pengilon memiliki air yang jernih  dan tidak berwarna seperti Telaga Warna.

Profil Tempat Wisata Telaga Pengilon Dieng Jawa Tengah
Profil Tempat Wisata Telaga Pengilon Dieng Jawa Tengah

Harga tiket masuk untuk mengunjungi kedua telaga ini adalah Rp 6.000 pada hari biasa dan Rp 8.500 pada akhir pekan dan hari libur. Tiket dapat dibeli di loket resmi yang terdapat di pintu masuk.

3. Tempat Wisata Batu Ratapan Angin

Profil Tempat Wisata Batu Ratapan Angin Dieng Jawa Tengah
Profil Tempat Wisata Batu Ratapan Angin Dieng Jawa Tengah

Kamu suka melihat pemandangan dari ketinggian? Maka Kamu harus berkunjung ke Batu Ratapan Angin. Apa itu batu ratapan angin dan kenapa namanya seperti itu? Batu ratapan angin sebuah bukit yang terletak tepat di atas Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Kalau di Bukit Sikunir, Kamu disuguhkan pemandangan sunrise yang menakjubkan. Sedangkan Batu Ratapan Angin akan membuat Kamu terpesona dengan pemandangan indah kedua telaga.

Untuk menuju Batu Ratapan Angin, Kamu bisa mulai berjalan dari Dieng Plateau Theater atau bisa juga dari Telaga Warna. Meskipun dibutuhkan tenaga ekstra karena medan yang menanjak, usaha Kamu akan terbayarkan ketika sudah sampai di atas bukit.

4. Tempat Wisata Kawah Sikidang Dieng

Profil Tempat Wisata Kawah Sikidang Dieng Jawa Tengah
Profil Tempat Wisata Kawah Sikidang Dieng Jawa Tengah

Kawasan Dataran Tinggi Dieng dahulunya merupakan sebuah gunung api raksasa yang masih terdapat aktivitas vulkanik di dalamnya. Salah satu tKamu dari aktivitas vulkanik yang dapat ditemui di Dieng adalah adanya banyak kawah. Salah satu kawah yang masih aktif mengeluarkan gas adalah Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang ini menjadi kawah yang paling favorit dikunjungi wisatawan di Dieng. Meskipun luasnya hanya 200 meter persegi tetapi kawah ini selalu menghasilkan gumpalan asap yang cukup lebat. Bila berkunjung ke sini, wisatawan sebaiknya berhati-hati dan gunakan masker.

Untuk memasuki kawasan Kawah Sikidang, Kamu cukup membayar tiket seharga Rp 7.500 saja.

5. Tempat Wisata Candi Arjuna Dieng

Profil Tempat Wisata Candi Arjuna Dieng Jawa Tengah
Profil Tempat Wisata Candi Arjuna Dieng Jawa Tengah

Selain dikenal dengan wisata alamnya, Dieng juga menyuguhkan budaya dan sejarah lewat peninggalan para leluhurnya. Salah satu wisata budaya dan sejarah yang bisa Kamu kunjungi adalah Kompleks Candi Arjuna yang letaknya tak jauh dari Kawah Sikidang.

Tak hanya satu candi, tetapi Kamu bisa menemui beberapa candi, misalnya Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembrada. Dengan banyaknya candi yang bisa Kamu kunjungi ditambah panorama alam Dieng yang memesona, akan membuat liburan Kamu di Dieng menjadi istimewa. Wisatawan hanya dikenai Rp 7.500 saja untuk masuk ke Kompleks Candi Arjuna ini. Bila Kamu beruntung, Kamu akan melihat pertunjukkan seni di sekitar candi.

6. Tempat Wisata Dieng Plateau Theater

Profil Tempat Wisata Dieng Pleatau Area Dieng Jawa Tengah
Profil Tempat Wisata Dieng Pleatau Area Dieng Jawa Tengah

Kamu penasaran dengan sejarah awal dari Dataran Tinggi Dieng? Silakan datang ke Dieng Plateau Theater. Sebuah teater yang menayangkan film dokumenter berdurasi 20 menit tentang Dieng. Bila Kamu ingin berkunjung ke theater dengan kapasitas 60 tempat duduk ini, Kamu harus membeli tiket masuk dengan harga hanya Rp 10.000 per orangnya.(zna)