Alternatif Dapatkan Pundi-pundi Uang Dari YouTube

Affiliate Marketing adalah salah satu teknik yang sering digunakan oleh Content Marketer
Affiliate Marketing adalah salah satu teknik yang sering digunakan oleh Content Marketer

Zingga Nusantara – YouTube memang tidak dipungkiri menjadi salah satu platform database video nomer satu di dunia. Hal itu dibuktikan dengan jumlah pengakses YouTube yang luar biasa banyaknya. Per tahun 2010, YouTube sudah diakses lebih dari 2M per harinya (Sumber: BBC Indonesia). YouTube juga dijadikan sebagai ladang pundi-pundi uang untuk sebagian kalangan.

Tidak dapat dipungkiri banyaknya YouTubers (Sebutan untuk seseorang yang menggunakan YouTube sebagai media publikasi dirinya sendiri) juga amerupakan efek dari jumlah pengakses platform YouTube itu sendiri. YouTube sendiri menjadi maju seperti sekarang ini juga karena langkah perusahaan raksasa GOOGLE yang mengambil alih saham YouTube pada tahun 2016 dengan harga $1.65 Milyar(atau sekitar 22 triliun rupiah).

Dengan bergabungnya YouTube menjadi keluarga besar Google, maka pengembangan yang dilakukan Google, juga berdampak ke YouTube. Salah satu yang paling berdampak adalah platform Google Adsense yang terintegrasi dengan YouTube (sekarang disebut dengan YouTube ads).

Melalui Adsense tersebut, para YouTuber bisa mendapatkan pundi-pundi uang yang tak sedikit jumlahnya. Bahkan beberapa artis yang sebelumnya tidak aktif di YouTube, sekarang ikut turun menjadi seorang YouTuber. Dikutip dari Kapanlagi.com beberapa YouTubers di Indonesia mendapatkan penghasilan uang yang tidak sedikit, angkanya bahkan ada di titik puluhan juta, bahkan ratusan juta untuk yang sudah sekelas Raditya Dika.

Sebenarnya cara mencari uang di YouTube nyaris sama dengan ketika menggunakan website, berpatok pada menggunakan Adsense. Adsense merupakan iklan yang biasa muncul di bagian bawah video atau ketika video pertama kali diputar di YouTube. Kamu tentu saja sering sekali melihat video yang menggunakan Adsense ini bukan?

Selain menggunakan Adsense, cara lain untuk mendapatkan uang melalui YouTube bisa ada beberapa cara berbeda. Di bawah ini, paling tidak kami akan menghadirkan cara berbeda untuk mendapatkan uang melalui YouTube. Cara di bawah ini sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang dengan channel YouTube. Hanya saja, kamu tentunya wajib memastikan jumlah view pada setiap video yang kamu buat untuk YouTube.

1. Beralih Menjadi Video Consultant dan Dapatkan Uang Pribadi

Jangan berpikir YouTube hanya berguna untuk membuat video mengenai apa yang kamu lakukan atau bahkan karya yang lain. Kamu bahkan juga bisa menjadi seorang konsultan melalui YouTube.

Ada beberapa pilihan dan hal lain yang bisa dilakukan. Mulai dari membuat video yang berisi konsuling private, yang mana untuk melihatnya para penonton wajib mendaftarkan biaya subscribing lebih dulu. Namun selain itu, video konsultan juga bisa dilakukan dengan menggunakan live video channel yang saat ini sering sekali dilakukan. Nantinya bila penonton merasa konsulting yang diberikan berguna atau bahkan sangat bermanfaat untuk pengguna.

Mereka bisa mengirimkan biaya sendiri dengan tombol yang disediakan oleh YouTube. Memang belum banyak yang belum mencoba cara ini, terutama di Indonesia. Sedangkan di negara lain pada YouTubernya justru sudah banyak yang bergantung pada komisi dari live video ini sebagai pendapatan mereka.

2. Melakukan Affiliate Marketing

Apa itu Affiliate Marketing? Dari namanya saja sudah jelas bahwa ini adalah teknik yang bisa didapatkan dengan cara marketing. Cara kerjanya hampir sama dengan yang digunakan pada website, bila kamu memiliki YouTube pun bisa menggunakan media Affiliate Marketing dan bisa meraih pendapatan tambahan. Atau bahkan pendapatan tetap bila market dan penonton channel YouTube kamu sudah sangat banyak.

Konsep dari Affiliate Marketing ini sebenarnya juga sangat mudah. Serta ada banyak sekali situs berbeda yang memberikan layanan untuk bergabung menjadi bagian dari Affiliate Marketing mereka. Katakan saja seperti situs Lazada, Blibli, Bhineka, hingga Amazon Associates. Ya, jangan heran bila Affiliate Marketing ini berfokus pada situs jual beli, karena disitulah kamu akan mendapatkan persentase keuntungan.

Cara kerja dari Affiliate Marketing ini pun sebenarnya mudah. Kamu hanya perlu mendapatkan link pada produk atau jasa yang disediakan pada website yang memang menyediakan kerja sama Affiliate Marketing. Nah nantinya, kamu akan menggunakan link tersebut pada video atau pada link di deskripsi. Nantinya bila ada yang menggunakan link tersebut untuk membeli produk, maka kamu akan mendapatkan beberapa persen persentase keuntungan. Menarik dan mudah bukan?

3. Memasarkan Produk Jualan Sendiri

Bila dengan cara di atas kamu akan memasarkan produk atau jasa orang lain (atau website lain) melalui Affiliate Marketing, maka cara kedua untuk mendapatkan uang melalui YouTube bisa dengan memasarkan produk kamu sendiri.

Kamu bisa menjual sebuah produk buatan atau produksi kamu sendiri dan membuat video pemasaran mengenai hal tersebut. Entah itu video proses pembuatan hingga video ala lookbook bila yang kamu pasarkan adalah produk fashion atau juga aksesoris.

Cara lain, tentunya dengan membuat video review mengenai produk yang membuat orang lain tertarik. Sebenarnya mengenai video yang dibuat akan bergantung pada kreatifitas kamu sendiri. Ingat ya, semakin kreatif maka semakin menarik pula video kamu dan akan membuat orang lain semakin ingin memiliki produk yang kamu jual.

Selain produk, kamu juga bisa memasarkan jasa melalui video YouTube atau bahkan sederet hal lain. Bahkan juga program pelatihan yang dipasarkan melalui Video. Beberapa juga memasarkan e-book mereka dengan YouTube video tersebut.

Dengan begitu, maka kita tidak perlu pusing lagi dan tergantung hanya dengan adsense, tapi kita bisa memperluas jaringan bisnis yang kita buat sendiri. Hal seperti ini sebetulnya bisa melatih kreatifitas kita, dan bukan tidak mungkin jika kita bisa membuat produk yang bagus, kita bisa dikenal dunia dan mengharumkan bangsa Indonesia.

————

*) Tulisan diatas pertama kali dipublikasikan di Situs Opini Indonesia Seword.com dengan Penulis yang sama (oleh Antonius Putu Satria) dengan yang ditulis di Zingga Nusantara.