Inikah Alasan Kamu Dulu Pernah Membenci Guru?

Kita harus berterimaksih kepada guru karena walaupun Ia suka memarahi kita, namun itu merupakan cara untuk mendidik kita sebagai muridnya
Kita harus berterimaksih kepada guru karena walaupun Ia suka memarahi kita, namun itu merupakan cara untuk mendidik kita sebagai muridnya

Zingga Nusantara – Orang tua sering berkata bahwa kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya masa muda kita karena itu tak akan bisa terulang lagi. Setelah dipikir-pikir, ya memang benar apa yang orang tua katakan tersebut. Masa muda memang paling indah, apalagi masa-masa sekolah, dimana awal kita memiliki teman baru, guru baru, atau teman lama yang menjadi pacar baru. Tapi pernahkan kamu membenci teman atau bahkan seorang guru yang menjadi orang tua kedua kita disekolahan. Bahkan Guru juga dijuluki pahlawan tanpa tanda jasa.

Guru yang tak disukai atau dibenci tersebut memiliki beberapa hal yang dulu sering sekali Kita anggap sebagai sesuatu yang negatif. Mari kita bahsa satu persatu tipe atau sifat guru yang mungkin kalian pernah temui dari salah satu sifatnya di bawah ini :

1. Suka pilih kasih sama anak murid tertentu

Kamu sudah berusaha menjadi murid yang baik. Tapi seperti dijadikan anak tiri. Teman lain selalu mendapatkan perlakuan istimewa dan mendapatkan sikap yang baik. Kalau melakukan kesalahan tak dimarahi. Tapi Kamu justru sering dimarahi dengan kesalahan yang sama. Dan kalau masalah pekerjaan rumah atau tunjuk menunjuk, Kamu diberikan pekerjaan rumah yang lebih sulit. Apalagi pelajaran itu juga Kamu benci.

2. Suka merendahkan anak muridnya

Untuk yang merasa pernah punya pengalaman direndahkan Gurunya, tentu bisa merasakan sakitnya direndahkan. tak selalu karena masalah prestasi, kadang masalah pribadi dan latar belakang dibawa-bawa. Hingga tak jarang ada yang mendapatkan hinaan atas keadaan dirinya. Perlakuan yang seperti ini bisa menciptakan rasa benci jika Kamu pernah mengalami, kalau penulis sendiri sih belum pernah. Tapi bisa merasakan sakitnya murid lain yang pernah menjadi korban.

3. Suka memberi hukuman yang kejam semaunya sendiri

Kadang kesalahan tak sebanding dengan hukuman darinya yang diberikan kepada kita. Kalau jaman dahulu, hukuman mereka sangat kejam, sehingga tak sedikit murid yang membenci Gurunya. Kalau sekarang sangat berbeda, Guru seperti kehilangan taringnya. Sedikit-sedikit bisa dibawa ke meja hijau kalau keterlaluan.

4. Suka memberikan pekerjaan rumah banyak

Ada pengumuman liburan senangnya bukan main. Tapi saat itu, Guru Kamu justru memberikan pekerjaan rumah yang banyak dan terkesan memberatkan. Seolah Guru itu tak suka kalau Kamu senang-senang menikmati liburan. Dan setiap ada libur, mereka pasti memberikan pekerjaan rumah yang banyak dan merepotkan. Gagal deh rencana senang-senang saat liburan karena pekerjaan rumah yang menumpuk.

5. Mudah emosi dan galak sama anak muridnya (atau sering disebut guru killer)

Guru keras dan galak biasanya dibenci oleh Kamu yang dianggap lelet, nakal, dan malas sama sebuah mata pelajaran. Biasanya mereka punya murid kesayangan yang tak akan dimarahi meskipun pernah melakukan kesalahan. Bahkan untuk murid yang sering menjadi sasaran amarah guru killer seperti ini, melihat gurunya masuk kelas sudah bisa membayangkan kengerian yang akan terjadi.

6. Tidak bisa menjelaskan dengan baik ke anak muridnya

Ketika Kamu mempelajari sendiri sebuah pelajaran, Kamu sedikit mengerti dan sepertinya merasa hampir mengerti. Kamu malah semakin bingung dan pemahaman sebelumnya ketika mempelajari sendiri justru hilang. Entah kenapa bisa seperti ini, yang jelas untuk yang mengalami bisa jengkel sendiri. Sudah susah-susah belajar memahami, harapannya bisa mengerti setelah dijelaskan tapi akhirnya justru malah jadi bingung.

Setelah Kamu menjadi dewasa seperti sekarang ini, mungkin Kamu baru mengerti dan memahami mengapa bisa ada guru yang seperti itu. Bahkan ada teman atau rekan dekat kita yang berprofesi menjadi seorang guru. Mereka sesungguhnya yang membuat kita menjadi seperti sekarang ini. Menjadi lebih dewasa, menjadi lebih kuat dalam membaca situasi yang ada di sekitar kita.(zna)